Pengertian Dual BIOS: Tujuan, Cara Kerja dan Contoh Dual BIOS

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Dual Bios Tujuan Dual Bios Dan Cara Kerjanya Pada Motherboard
Ilustrasi Gambar Pengertian Dual Bios Tujuan Dual Bios Dan Cara Kerjanya Pada Motherboard

Pengertian Dual BIOS

Sebenarnya, apa itu Dual BIOS? Secara umum, Dual BIOS adalah setiap motherboard komputer yang berisi BIOS utama dan BIOS cadangan. Jenis pengaturan ini dapat membantu motherboard pulih dari masalah yang dihadapi selama pembaruan BIOS. Ini juga membantu melindungi BIOS dari potensi virus, atau kerusakan data lainnya yang mungkin terjadi.

Apa itu BIOS?

BIOS (Basic Input/Output System) adalah chip yang memiliki kode perangkat lunak untuk mengoperasikan komputer Anda ketika sistem dihidupkan pertama kali. Salah satu fungsi utama BIOS adalah mengarahkan komputer untuk melakukan berbagai tugas sebelum sistem operasi dimulai.

BIOS juga mengontrol fungsi-fungsi tertentu pada sistem Anda seperti fitur manajemen daya, pengaturan overclocking yang memungkinkan Anda mengubah frekuensi CPU untuk menyesuaikan kinerja yang diinginkan. BIOS merupakan sebuah sistem dan kumpulan sejumlah fungsi lainnya.

Tujuan Dual BIOS

Dual BIOS dapat membantu fungsi Motherboard dalam beberapa cara. Jika pembaruan BIOS terganggu atau rusak, entah bagaimana, seperti kehilangan daya, itu akan benar-benar membunuh motherboard Anda. Juga kadang-kadang ketika melakukan overclocking versi BIOS tertentu mungkin lebih stabil daripada yang lain.

Kami sebenarnya memiliki Motherboard yang tidak stabil dengan versi BIOS yang lebih baru ketika overclocking dan akan memulai loop reboot. Dual BIOS Gigabyte memungkinkannya untuk kembali ke versi yang lebih lama dan lebih stabil. Menurut Kami itu adalah fitur yang harus diperlukan pada setiap Motherboard.

Cara Kerja Dual BIOS

Gambar Pengertian Dual Bios Tujuan Dual Bios Dan Cara Kerjanya Pada Motherboard
Gambar Pengertian Dual Bios Tujuan Dual Bios Dan Cara Kerjanya Pada Motherboard

Mengacu pada pengertian Dual BIOS di atas secara sederhana cara kerjanya adalah jika flash BIOS yang “normal” pertama rusak, maka fungsi yang ada di papan memeriksa untuk melihat apakah BIOS mulai dengan benar atau tidak. Jika BIOS tidak memulai dengan benar, maka motherboard secara otomatis beralih ke BIOS cadangan. Ini memberi Anda kemungkinan untuk menimpa flash BIOS yang rusak dan memulai proses startup baru.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen File: Manfaat, Fungsi, Tipe dan Caranya Lengkap

Fitur bios ganda dan dua ROM BIOS fisik dipasang ke motherboard. Satu chip berfungsi sebagai BIOS “Utama” Anda, atau BIOS yang digunakan sistem Anda saat boot up. Chip kedua bertindak sebagai BIOS “Cadangan” atau Backup dan memiliki versi BIOS default pabrik.

Jika BIOS “Utama” Anda gagal atau berhenti berfungsi, “Cadangan” akan secara otomatis mengambil alih boot sistem Anda berikutnya dengan sedikit atau tanpa waktu henti. Secara otomatis dipanggil untuk memulihkan BIOS Utama.

Contoh Dual BIOS

Dalam membahas pengertian Dual BIOS, tentu kita juga harus mengetahui beberapa contoh Dual BIOS. Adapun beberapa contoh Dual BIOS adalah sebagai berikut:

  • Dual BIOS Gygabyte
  • Dual BIOS Asus
  • Dual BIOS B450
  • Dual BIOS Vega 56
  • Dan lain sebagainya

GIGABYTE Dual BIOS

10 tahun yang lalu, para insinyur GIGABYTE mengembangkan solusi GIGABYTE DualBIOS™ yang unik untuk secara otomatis membuat sistem Anda berjalan kembali tanpa Anda harus melakukan apa pun.

Gigabyte memutuskan untuk membuat standar fitur DualBIOS untuk semua motherboardnya. Fitur ini melibatkan penggunaan dua chip BIOS EEPROM untuk menyimpan dua salinan BIOS. Jika terjadi kegagalan salinan pertama, sistem akan memulai dengan salinan kedua BIOS, dan berupaya mengganti salinan pertama. Fitur ini sangat berguna ketika BIOS rusak dalam proses memperbaruinya, atau kerusakan fisik pada chip ROM. Gigabyte awalnya menjadikan fitur ini eksklusif untuk motherboard kelas atas, dan memperbanyaknya di sepanjang jajaran.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian Dual BIOS di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian Dual BIOS adalah dua buah BIOS yang digunakan pada Motherboard yang terdiri dari BIOS Utama dan BIOS Cadangan. Tidak ada salahnya memiliki dual BIOS. Juga tidaklah benar-benar membutuhkan biaya lebih atau apa pun karena umumnya apa yang ada pada Motherboard yang bagus pasti akan dibeli oleh seorang Smart Buyer.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Dual BIOS, Tujuan Dual BIOS, Cara Kerja Dual BIOS dan Contoh Dual BIOS beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya
Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar