T-Test

T-test paling sering digunakan dalam ilmu data.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan dari apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi T-Test berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti T-Test Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum T-Test

T-Test adalah salah satu metode statistik yang digunakan untuk menguji perbedaan antara dua sampel. Metode ini digunakan untuk menentukan apakah perbedaan antara dua sampel tersebut signifikan secara statistik atau hanya terjadi secara kebetulan. T-Test juga dapat digunakan untuk menguji hipotesis nol, yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara dua sampel.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Trianto (2011) dalam bukunya yang berjudul “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”, T-Test adalah metode statistik yang digunakan untuk menguji perbedaan antara dua sampel. Metode ini sering digunakan dalam penelitian sosial, ekonomi, dan kesehatan untuk menguji perbedaan antara dua kelompok atau populasi. T-Test juga dapat digunakan untuk menguji hipotesis nol, yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan antara dua sampel.

Fungsi T-Test

T-Test adalah salah satu metode statistik yang digunakan untuk menguji perbedaan antara dua sampel. Fungsi utama dari T-Test adalah untuk menentukan apakah perbedaan antara dua sampel tersebut signifikan secara statistik atau hanya terjadi secara kebetulan.

Contoh T-Test

Contoh penerapan T-Test adalah ketika seorang peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata nilai ujian antara dua kelompok siswa yang berbeda. Kelompok pertama terdiri dari siswa yang mengikuti program belajar mandiri, sedangkan kelompok kedua terdiri dari siswa yang mengikuti program belajar kelompok.

Dalam hal ini, peneliti dapat menggunakan T-Test untuk menguji apakah perbedaan rata-rata nilai ujian antara kedua kelompok tersebut signifikan secara statistik atau tidak.

Rumus atau Formula T-Test

T-Test adalah sebuah metode statistik yang digunakan untuk membandingkan dua sampel yang berbeda. Terdapat dua jenis T-Test, yaitu T-Test satu sampel dan T-Test dua sampel. Berikut adalah rumus atau formula T-Test:

T-Test Satu Sampel

t = (x – μ) / (s / √n)

Simbol yang digunakan:

  • t = nilai t-statistik
  • x = rata-rata sampel
  • μ = rata-rata populasi
  • s = simpangan baku sampel
  • n = ukuran sampel

T-Test Dua Sampel

t = (x1 – x2) / (s√(1/n1 + 1/n2))

Simbol yang digunakan:

  • t = nilai t-statistik
  • x1 = rata-rata sampel 1
  • x2 = rata-rata sampel 2
  • s = simpangan baku gabungan
  • n1 = ukuran sampel 1
  • n2 = ukuran sampel 2

Jenis Macam Arti Uji-T dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris T-Test
Bahasa Indonesia Uji-T
Bahasa Jawa T-Test
Bahasa Sunda Tés
Bahasa Malaysia Ujian T

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah T-Test serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah T-Test:

  1. Deep Residual Learning for Image Recognition – https://arxiv.org/abs/1512.03385
  2. Generative Adversarial Networks – https://arxiv.org/abs/1406.2661
  3. Attention Is All You Need – https://arxiv.org/abs/1706.03762
  4. BERT: Pre-training of Deep Bidirectional Transformers for Language Understanding – https://arxiv.org/abs/1810.04805
  5. ImageNet Classification with Deep Convolutional Neural Networks – https://papers.nips.cc/paper/4824-imagenet-classification-with-deep-convolutional-neural-networks.pdf

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata T-Test.

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), T-Test adalah salah satu metode statistik yang penting untuk menguji hipotesis dan membandingkan dua kelompok data. T-Test digunakan untuk menentukan apakah perbedaan antara dua kelompok data itu signifikan atau hanya terjadi secara kebetulan. Dalam pengembangan AI, T-Test dapat digunakan untuk membandingkan performa model AI yang berbeda atau untuk mengevaluasi efektivitas suatu teknik atau algoritma AI. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang T-Test sangat penting bagi para ahli AI untuk memastikan keakuratan dan efektivitas model AI yang dikembangkan.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi T-Test.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata T-Test ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf T. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar