Virtual Memory (VM)

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Storage Atau Penyimpanan
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Storage Atau Penyimpanan

Berikut ini adalah postingan artikel literasi kategori Storage yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata virtual memory (vm) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Virtual Memory (VM)

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan virtual memory (vm) ini?

Virtual Memory (VM) adalah fitur yang dikembangkan untuk kernel sistem operasi (OS) yang mensimulasikan memori utama tambahan seperti RAM (memori akses acak) atau penyimpanan disk.

Teknik ini melibatkan manipulasi dan manajemen memori dengan memungkinkan pemuatan dan pelaksanaan program yang lebih besar atau beberapa program secara bersamaan.

Ini juga memungkinkan setiap program untuk beroperasi seolah -olah memiliki memori yang tak terbatas, dan sering dianggap lebih efektif daripada membeli RAM tambahan.

Memori virtual memungkinkan perangkat lunak untuk menggunakan memori tambahan dengan menggunakan hard disc drive (HDD) sebagai penyimpanan sementara.

Sebagian besar unit pemrosesan pusat (CPU) menyediakan unit manajemen memori (MMU) yang mendukung memori virtual.

MMU mendukung ″tabel halaman″ yang digunakan untuk mengubah alamat ″nyata″ dan ″virtual″ yang terletak di memori dan di HDD.

OS yang menggunakan memori virtual membebaskan ruang dengan mentransfer data dari HDD yang tidak segera diperlukan.

Ketika data diperlukan, itu disalin kembali ke HDD.

Saat semua RAM digunakan, VM bertukar data ke HDD dan kemudian kembali lagi.

Dengan demikian, VM memungkinkan memori sistem total yang lebih besar; Namun, penulisan kode yang rumit diperlukan.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Makna, dan Istilah Teknis Kata Virtual Memory (VM)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Memory (VM)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Memory (VM)

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata virtual memory (vm) di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Pada 1940 -an dan 1950 -an, sebelum VM, program besar menerapkan logika untuk mengelola penyimpanan primer dan sekunder.

Proses itu disebut overlay.

Ketika suatu program lebih besar dari penyimpanan memori, prosedur memungkinkan bagian -bagian dari program yang tidak terus digunakan untuk diperlakukan sebagai overlay.

Setiap overlay individu akan menimpa overlay arus dalam memori.

Pemrograman untuk overlay sangat luas.

Salah satu alasan utama untuk membuat VM bukan untuk memori primer tambahan tetapi untuk kemudahan pemrograman.

Pada 1969, efektivitas memori virtual direalisasikan; dan itu menjadi banyak diimplementasikan.

VM secara harfiah mencoba menggunakan lebih banyak RAM, atau memori penyimpanan disk, daripada yang sebenarnya ada.

Proses ini memungkinkan CPU untuk menangani program yang lebih besar dan banyak secara bersamaan.

VM adalah sistem operasi biasa (OS) dan program perangkat keras yang memanfaatkan HDD dengan menyimpan dan mengendalikan memori sementara.

Proses memanipulasi dan mengelola memori memungkinkan setiap aplikasi berfungsi seolah -olah memiliki memori yang hampir tak terbatas.

Penyimpanan memori sementara dikelola oleh unit manajemen memori (MMU), juga dikenal sebagai ″unit manajemen memori paged″ (PMMU).

Memori ″nyata″ dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang disebut ″halaman.″ Halaman umumnya berukuran 4 kilobytes.

Ketika semua memori RAM atau DISC digunakan, halaman apa pun yang tidak digunakan ditulis untuk memori virtual dalam apa yang disebut file swap.

Ketika file swap diperlukan, kemudian diterjemahkan kembali ke memori ″nyata″, proses yang disebut swapping halaman.

Salah satu dari sedikit kelemahan menggunakan VM adalah bahwa mungkin ada pertukaran halaman yang berlebihan, terutama jika pengguna memiliki banyak aplikasi terbuka.

Hal ini dapat menyebabkan program melambat secara drastis karena CPU menghabiskan banyak waktu untuk menulis ke HDD.

Pengurangan kinerja yang signifikan disebut meronta -ronta.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan V, serta merupakan terms yang terkait dengan Storage.

Arti Virtual Memory (VM) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata virtual memory (vm) dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = virtual memory (vm), Kategori: storage.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = memori virtual (vm), Kategori: penyimpanan.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = memori maya (vm), Kategori: penyimpanan.

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari virtual memory (vm).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Virtual Memory (VM) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Storage” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan V. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.