ReLu

ReLU (Rectified Linear Unit) adalah salah satu jenis fungsi aktivasi yang digunakan dalam jaringan saraf tiruan (neural networks) pada bidang Deep Learning, yang merupakan salah satu cabang dari Machine Learning. Oleh karena itu, istilah ReLU lebih sering digunakan dalam konteks Deep Learning dan Machine Learning, meskipun juga dapat digunakan dalam bidang Artificial Intelligence secara umum.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi ReLu berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti ReLu Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum ReLU

ReLU (Rectified Linear Unit) adalah salah satu jenis fungsi aktivasi yang digunakan dalam jaringan saraf tiruan (artificial neural network). Fungsi ini pertama kali diperkenalkan oleh Hahnloser pada tahun 2000 dan kemudian diadopsi oleh jaringan saraf tiruan pada tahun 2010-an. ReLU merupakan fungsi non-linear yang sederhana dan efektif dalam mempercepat proses pelatihan jaringan saraf tiruan.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Goodfellow et al. (2016) dalam bukunya “Deep Learning”, ReLU didefinisikan sebagai fungsi matematika yang menghasilkan nilai 0 jika inputnya negatif dan menghasilkan nilai inputnya sendiri jika inputnya positif. Fungsi ini dinyatakan sebagai:

f(x) = max(0, x)

Di sisi lain, menurut Agarap (2018) dalam paper “Deep Learning using Rectified Linear Units (ReLU)”, ReLU didefinisikan sebagai fungsi aktivasi yang paling umum digunakan dalam jaringan saraf tiruan. Fungsi ini memiliki keunggulan dalam mempercepat proses pelatihan jaringan dan mengurangi risiko terjadinya overfitting.

Fungsi ReLU

ReLU (Rectified Linear Unit) adalah fungsi aktivasi yang digunakan dalam jaringan saraf tiruan (neural network) untuk mengaktifkan neuron. Fungsi ini sangat populer karena sederhana dan efektif dalam mempercepat proses pelatihan model.

Contoh ReLU

Contoh penerapan ReLU dalam sebuah jaringan saraf tiruan adalah sebagai berikut:

model = Sequential()
model.add(Dense(64, input_dim=100))
model.add(Activation('relu'))
model.add(Dense(10))
model.add(Activation('softmax'))

Pada contoh di atas, ReLU digunakan sebagai fungsi aktivasi pada layer pertama dari model. Fungsi ini akan mengaktifkan neuron yang memiliki nilai input lebih besar dari nol, sedangkan neuron dengan nilai input negatif akan diabaikan.

Rumus atau Formula terkait ReLU

Rumus atau Formula terkait ReLU adalah:

f(x) = max(0, x)

di mana:

  • f(x): fungsi aktivasi ReLU
  • x: input ke neuron dalam jaringan saraf

Simbol yang digunakan dalam rumus ini adalah:

  • f(x): simbol untuk fungsi aktivasi ReLU
  • x: simbol untuk input ke neuron dalam jaringan saraf

Jenis Macam Arti Relu dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris ReLu
Bahasa Indonesia Relu
Bahasa Jawa Delu
Bahasa Sunda Serangga
Bahasa Malaysia Relu

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah ReLu serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah ReLu:

  1. Delving Deep into Rectifiers: Surpassing Human-Level Performance on ImageNet Classification oleh K. He, X. Zhang, S. Ren, dan J. Sun (2016)
  2. Understanding the Difficulty of Training Deep Feedforward Neural Networks oleh X. Glorot dan Y. Bengio (2010)
  3. Empirical Evaluation of Rectified Activations in Convolutional Network oleh B. Xu, N. Wang, T. Chen, dan M. Li (2015)
  4. Dropout: A Simple Way to Prevent Neural Networks from Overfitting oleh N. Srivastava, G. Hinton, A. Krizhevsky, I. Sutskever, dan R. Salakhutdinov (2014)
  5. Very Deep Convolutional Networks for Large-Scale Image Recognition oleh K. Simonyan dan A. Zisserman (2015)

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata ReLu.

ReLU (Rectified Linear Unit) adalah salah satu jenis fungsi aktivasi yang digunakan dalam jaringan saraf tiruan (neural networks) pada bidang Artificial Intelligence. Fungsi aktivasi ReLU berperan dalam menentukan apakah neuron dalam jaringan saraf akan menghasilkan output atau tidak. ReLU memiliki keunggulan dalam mengatasi masalah vanishing gradient pada jaringan saraf yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan performa model menurun. ReLU juga relatif sederhana dan cepat dalam komputasi, sehingga sering digunakan dalam berbagai arsitektur jaringan saraf. Meskipun demikian, ReLU juga memiliki kelemahan, seperti kecenderungan menghasilkan output nol pada sebagian besar neuron dan dapat menyebabkan masalah dying ReLU. Oleh karena itu, penggunaan ReLU dalam jaringan saraf perlu dipertimbangkan secara cermat dan disesuaikan dengan karakteristik data dan tujuan model yang ingin dicapai.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi ReLu.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata ReLu ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Deep Learning dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf R. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Apr tahun 2024.

Tinggalkan Komentar