Histogram

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Data Management Atau Manajemen Data
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Data Management Atau Manajemen Data

Berikut ini yaitu postingan artikel literasi kategori Data Management yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata histogram berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Histogram

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan histogram ini?

Histogram yaitu jenis grafik yang banyak digunakan dalam matematika, terutama dalam statistik.

Histogram mewakili frekuensi terjadinya fenomena spesifik yang terletak dalam kisaran nilai tertentu, yang disusun dalam interval berturut -turut dan tetap.

Frekuensi kejadian data diwakili oleh batang, karenanya sangat mirip dengan grafik batang.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Makna, serta Contoh dari Istilah Histogram

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Histogram
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Histogram

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata histogram di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Histogram yaitu representasi grafis dari distribusi data, yang merupakan perkiraan distribusi probabilitas variabel kontinu, biasanya dalam bentuk grafik batang, dan pertama kali diperkenalkan oleh Karl Pearson pada tahun 1891.

Langkah pertama dalam menciptakan histogram yaitu membagi seluruh rentang nilai menjadi serangkaian interval yang disebut ″nampan″ dan kemudian untuk ″menjatuhkan″ nilai -nilai individu ke dalam tempat sampah yang dimiliki oleh mereka.

Lebar nampan ditentukan oleh kisaran dan mungkin atau mungkin tidak sama dengan tempat sampah lainnya.

Jika nampan memiliki lebar yang sama, maka tinggi atau sumbu vertikal batang menentukan frekuensi kejadian untuk set itu, tetapi jika nampan tidak memiliki lebar yang sama, maka luas batang atau persegi panjang mewakili frekuensi kejadian sedangkan sumbu vertikal mewakili kepadatan.

Dalam kedua kasus, semua batang dalam sentuhan histogram untuk menunjukkan bahwa variabel atau data kontinu.

Ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan data atau fenomena dengan faktor yang berdekatan dan faktor kejadian.

Sebagai contoh, histogram dapat digunakan untuk memvisualisasikan waktu perjalanan orang yang akan bekerja dengan sumbu horizontal yang mewakili waktu, sehingga tempat sampah dibagi sesuai waktu, sedangkan sumbu vertikal mewakili jumlah orang yang termasuk dalam waktu perjalanan tertentu tersebut .

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan H, serta merupakan terms yang terkait dengan Data Management.

Arti Histogram dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata histogram dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = histogram, Kategori: data management.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = histogram, Kategori: manajemen data.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = histogram, Kategori: pengurusan data.

Penutup

Baiklah, di atas yaitu pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari histogram.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Histogram ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Data Management” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan H. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.