Optoelectronics

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras

Berikut ini adalah postingan artikel literasi kategori Hardware yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata optoelectronics berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Optoelectronics

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan optoelectronics ini?

Optoelectronics adalah bidang teknologi yang berkaitan dengan aplikasi perangkat elektronik untuk sumber, deteksi dan kontrol cahaya.

Ini mencakup desain, pembuatan, dan mempelajari perangkat perangkat keras elektronik yang, sebagai hasilnya, mengubah listrik menjadi sinyal foton untuk berbagai keperluan seperti peralatan medis, telekomunikasi dan ilmu umum.

Contoh yang baik adalah mesin sinar-X yang digunakan di rumah sakit dan teknologi serat optik untuk telekomunikasi.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Maksud, dan Istilah Teknis Kata Optoelectronics

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Optoelectronics
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Optoelectronics

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata optoelectronics di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Optoelectronics, dalam konteks sains, berkaitan dengan cahaya, deteksi, penciptaan, dan manipulasi untuk berbagai tujuan.

Ini termasuk sinar-X, sinar gamma, inframerah, ultraviolet dan tentu saja cahaya tampak.

Perangkat ini pada dasarnya adalah transduser, perangkat yang mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk energi lain, dan dapat berupa listrik-ke-optik, yang biasanya berarti bahwa mesin menghasilkan cahaya dengan mengeluarkan atau menggunakan energi listrik, atau mereka dapat optik- to-elektronik, yang berarti bahwa perangkat adalah detektor cahaya dan mengubah sinyal cahaya yang terdeteksi menjadi sinyal listrik yang setara untuk pemrosesan komputer.

Optoelektronika menggunakan efek mekanik kuantum cahaya pada bahan yang digunakan dalam perangkat elektronik seperti semikonduktor.

Efek ini adalah:

Fotovoltaik atau fotolektrik – Ini adalah konversi langsung cahaya menjadi listrik, yang merupakan efek yang dimanfaatkan oleh sel surya.
Fotokonduktivitas – Ini adalah fenomena listrik di mana bahan menjadi lebih konduktif terhadap listrik melalui penyerapan radiasi elektromagnetik seperti inframerah, ultraviolet dan cahaya yang terlihat.

Ini digunakan dalam sensor pencitraan perangkat-coupled device (CCD).
Emisi yang distimulasi – Ini adalah proses di mana foton cahaya berinteraksi dengan molekul tereksitasi yang menyebabkannya turun ke tingkat energi yang lebih rendah, menghasilkan emisi atau ″pembebasan″ foton identik yang ditransfer ke medan elektromagnetik.

Proses ini digunakan dalam dioda laser dan laser kaskade kuantum.
Rekombinasi Radiatif – Elektron dialihkan dari valensi ke pita konduktor di semikonduktor, menghasilkan generasi pembawa dan efek rekombinasi yang menghasilkan cahaya.

Proses ini adalah bagaimana LED menghasilkan cahaya.

Optoelektronika tidak boleh disamakan dengan elektro-optik, karena bidang ini adalah cabang fisika yang lebih luas yang berkaitan dengan interaksi medan listrik dan cahaya, tanpa khawatir apakah perangkat elektronik terlibat atau tidak.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan O, serta merupakan terms yang terkait dengan Hardware.

Arti Optoelectronics dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata optoelectronics dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = optoelectronics, Kategori: hardware.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = optoelectronics, Kategori: perangkat keras.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = optoelectronics, Kategori: perkakasan.

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari optoelectronics.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Optoelectronics ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Hardware” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan O. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2024.