Embedded System

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras

Berikut ini adalah postingan artikel literasi kategori Hardware yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata embedded system berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Embedded System

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan embedded system ini?

Sistem tertanam adalah sistem komputer khusus yang dirancang untuk satu atau dua fungsi spesifik.

Sistem ini tertanam sebagai bagian dari sistem perangkat lengkap yang mencakup perangkat keras, seperti komponen listrik dan mekanik.

Sistem tertanam tidak seperti komputer tujuan umum, yang direkayasa untuk mengelola berbagai tugas pemrosesan.

Karena sistem tertanam direkayasa untuk melakukan tugas -tugas tertentu saja, insinyur desain dapat mengoptimalkan ukuran, biaya, konsumsi daya, keandalan dan kinerja.

Sistem tertanam biasanya diproduksi pada skala luas dan berbagi fungsionalitas di berbagai lingkungan dan aplikasi.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Makna, serta Contoh dari Istilah Embedded System

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Embedded System
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Embedded System

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata embedded system di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Sistem tertanam dikelola oleh inti pemrosesan tunggal atau ganda dalam bentuk mikrokontroler atau prosesor sinyal digital (DSP), array gerbang yang dapat diprogram lapangan (FPGA), sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) dan array gerbang.

Komponen pemrosesan ini diintegrasikan dengan komponen yang didedikasikan untuk menangani antarmuka listrik dan/atau mekanik.

Fitur utama sistem tertanam adalah dedikasi untuk fungsi spesifik yang biasanya membutuhkan prosesor tujuan umum yang kuat.

Misalnya, sistem router dan switch adalah sistem tertanam, sedangkan komputer tujuan umum menggunakan OS yang tepat untuk fungsi perutean.

Namun, router tertanam berfungsi lebih efisien daripada komputer berbasis OS untuk fungsi perutean.

Sistem tertanam komersial berkisar dari jam tangan digital dan pemutar MP3 hingga router dan sakelar raksasa.

Kompleksitas bervariasi dari chip prosesor tunggal hingga unit canggih dengan beberapa chip pemrosesan.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan E, serta merupakan terms yang terkait dengan Hardware.

Arti Embedded System dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata embedded system dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = embedded system, Kategori: hardware.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = sistem tertanam, Kategori: perangkat keras.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = sistem tertanam, Kategori: perkakasan.

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari embedded system.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Embedded System ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Hardware” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan E. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.