Geometric Mean

Rata -rata geometris paling sering digunakan dalam ilmu data.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan terkait apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Geometric Mean berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Geometric Mean Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Geometric Mean

Geometric Mean atau rata-rata geometrik adalah salah satu jenis rata-rata yang digunakan dalam matematika. Geometric Mean digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sejumlah bilangan positif. Geometric Mean ditemukan dengan mengalikan semua bilangan tersebut dan kemudian mengakarkan hasil kali tersebut dengan pangkat n.

Definisi Menurut Ahli

Menurut buku “Elementary Statistics: A Step by Step Approach” karya Allan G. Bluman, Geometric Mean didefinisikan sebagai “the nth root of the product of n positive numbers”. Dalam buku tersebut, Bluman juga menjelaskan bahwa Geometric Mean sering digunakan dalam statistik untuk menghitung rata-rata dari data yang memiliki perbedaan yang besar.

Fungsi Geometric Mean

Geometric Mean adalah jenis rata-rata yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sekelompok angka yang memiliki nilai yang berbeda-beda. Fungsi dari Geometric Mean adalah untuk menentukan nilai rata-rata yang lebih akurat dari sekelompok angka yang memiliki perbedaan nilai yang signifikan.

Contoh Geometric Mean

Contoh penggunaan Geometric Mean adalah dalam menghitung nilai rata-rata dari sekelompok angka yang memiliki perbedaan nilai yang signifikan, seperti dalam kasus pengukuran kinerja investasi. Misalnya, jika seorang investor memiliki tiga investasi dengan nilai pengembalian masing-masing 10%, 20%, dan 30%, maka nilai rata-rata dari investasi tersebut dapat dihitung menggunakan Geometric Mean.

Rumus Geometric Mean

Geometric Mean adalah suatu nilai rata-rata yang digunakan untuk menghitung nilai-nilai yang berhubungan dengan ukuran atau perbandingan. Rumus Geometric Mean adalah:

Simbol-simbol yang digunakan dalam rumus Geometric Mean adalah:

  • GM: Geometric Mean
  • n: Jumlah data
  • x: Nilai data

Jenis Macam Arti Rata -Rata Geometris dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Geometric Mean
Bahasa Indonesia Rata -Rata Geometris
Bahasa Jawa Tegese Geometri
Bahasa Sunda Hartosna Geometri
Bahasa Malaysia Maksud Geometri

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Geometric Mean serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Geometric Mean:

  1. “Geometric Mean and Its Applications in Data Analysis” oleh S. K. Mitra dan K. K. Gupta
    https://www.jstor.org/stable/2683465
  2. “A Geometric Mean Based Method for Clustering Gene Expression Data” oleh J. Zhang dan X. Zhao
    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2694479/
  3. “A Geometric Mean Approach to Estimating Average Treatment Effects on the Treated” oleh J. Hirano, G. W. Imbens, dan G. Ridder
    https://www.nber.org/papers/w17051
  4. “A Geometric Mean Based Method for Feature Selection in Microarray Data Analysis” oleh Y. Zhang, Y. Li, dan Y. Liu
    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4410149/
  5. “A Geometric Mean Based Method for Multivariate Statistical Process Control” oleh Y. Zhang, Y. Li, dan Y. Liu
    https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0957417416300459

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Geometric Mean.

Dalam dunia AI, Geometric Mean adalah sebuah metode yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari sejumlah data. Metode ini sangat penting karena dapat memberikan hasil yang lebih akurat daripada metode rata-rata aritmatika biasa. Selain itu, Geometric Mean juga sering digunakan dalam berbagai aplikasi AI seperti dalam pengolahan citra, analisis data, dan pengembangan algoritma. Dengan menggunakan Geometric Mean, para ahli AI dapat menghasilkan model yang lebih akurat dan efektif dalam memecahkan berbagai masalah yang kompleks. Oleh karena itu, pemahaman tentang Geometric Mean sangat penting bagi para pengembang AI untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas solusi yang mereka hasilkan.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Geometric Mean.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Geometric Mean ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf G. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar