Descriptive Statistics

Statistik deskriptif paling umum digunakan dalam ilmu data. Ini digunakan untuk meringkas dan menggambarkan fitur utama dari dataset, seperti rata -rata, median, mode, standar deviasi, dan jangkauan. Informasi ini kemudian digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang data dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Statistik deskriptif adalah alat penting dalam analisis data dan digunakan di berbagai bidang, termasuk bisnis, perawatan kesehatan, ilmu sosial, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan dari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Descriptive Statistics berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Descriptive Statistics Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Descriptive Statistics

Descriptive Statistics adalah metode statistik yang digunakan untuk menggambarkan dan meringkas data yang telah dikumpulkan. Metode ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan mudah dipahami tentang data yang ada, seperti ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, dan bentuk distribusi data.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Trianto (2011) dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Statistika Pendidikan”, Descriptive Statistics adalah metode statistik yang digunakan untuk menggambarkan data secara numerik atau grafis. Sedangkan menurut Babbie (2016) dalam bukunya yang berjudul “The Practice of Social Research”, Descriptive Statistics adalah teknik statistik yang digunakan untuk menggambarkan data dalam bentuk tabel, grafik, atau ukuran statistik seperti mean, median, dan modus.

Fungsi Descriptive Statistics

Descriptive Statistics adalah metode statistik yang digunakan untuk menggambarkan dan meringkas data. Fungsi utama dari Descriptive Statistics adalah untuk memberikan gambaran umum tentang data yang dianalisis. Dengan menggunakan Descriptive Statistics, kita dapat mengidentifikasi pola, kecenderungan, dan variasi dalam data. Selain itu, Descriptive Statistics juga dapat membantu kita dalam membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang ada.

Contoh Descriptive Statistics

Contoh Descriptive Statistics adalah sebagai berikut:

  • Rata-rata (mean): nilai rata-rata dari suatu data
  • Median: nilai tengah dari suatu data
  • Modus: nilai yang paling sering muncul dalam suatu data
  • Deviasi standar (standard deviation): ukuran seberapa jauh data dari nilai rata-rata
  • Range: selisih antara nilai tertinggi dan terendah dalam suatu data
  • Percentile: nilai yang membagi data menjadi persentase tertentu

Contoh penggunaan Descriptive Statistics adalah ketika kita ingin mengetahui rata-rata gaji karyawan di suatu perusahaan. Dengan menggunakan metode statistik ini, kita dapat menghitung nilai rata-rata gaji, median, dan deviasi standar dari data gaji karyawan. Dengan demikian, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang gaji karyawan di perusahaan tersebut dan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam hal penggajian karyawan.

Rumus atau Formula terkait Descriptive Statistics dalam AI

Descriptive statistics adalah salah satu teknik yang paling umum digunakan dalam Data Science. Teknik ini digunakan untuk merangkum dan menggambarkan fitur utama dari sebuah dataset, seperti mean, median, mode, standard deviation, dan range. Informasi ini kemudian digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang data dan membuat keputusan yang terinformasi. Descriptive statistics adalah alat penting dalam analisis data dan digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, kesehatan, ilmu sosial, dan lain-lain.

Simbol yang digunakan dalam rumus atau formula terkait descriptive statistics antara lain:

  • x̄ = mean
  • Me = median
  • Mo = mode
  • s = standard deviation
  • R = range

Dalam penggunaannya, rumus atau formula descriptive statistics dapat dituliskan dalam bahasa pemrograman seperti Python atau R. Contohnya:

import numpy as np

data = np.array([1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10])

mean = np.mean(data)
median = np.median(data)
mode = np.mode(data)
std_dev = np.std(data)
range = np.max(data) - np.min(data)

print("Mean:", mean)
print("Median:", median)
print("Mode:", mode)
print("Standard Deviation:", std_dev)
print("Range:", range)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan library NumPy untuk menghitung mean, median, mode, standard deviation, dan range dari sebuah dataset. Hasilnya kemudian dicetak menggunakan fungsi print().

Jenis Macam Arti Statistik Deskriptif dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Descriptive Statistics
Bahasa Indonesia Statistik Deskriptif
Bahasa Jawa Statistik Deskriptif
Bahasa Sunda Statistik Déskriptif
Bahasa Malaysia Statistik Deskriptif

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Descriptive Statistics serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Descriptive Statistics:

  1. “Descriptive Statistics: The Power to Communicate” oleh David J. Hand (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3894403/)
  2. “Descriptive Statistics: An Overview” oleh M. A. Mohammed (https://www.researchgate.net/publication/332947238_Descriptive_Statistics_An_Overview)
  3. “Descriptive Statistics: A Guide for Social Scientists” oleh John Pezzullo (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1447696/)
  4. “Descriptive Statistics: The Basics” oleh Kristin Sainani (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6107966/)
  5. “Descriptive Statistics: A Conceptual Overview” oleh Michael J. A. Berry (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1364815216300455)

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Descriptive Statistics.

Kesimpulan dari istilah Descriptive Statistics di dunia AI adalah bahwa hal ini sangat penting dalam pengolahan data dan analisis data. Dalam dunia AI, Descriptive Statistics digunakan untuk menggambarkan data secara numerik dan grafis, sehingga memudahkan dalam memahami karakteristik data yang sedang dianalisis. Dengan menggunakan Descriptive Statistics, kita dapat mengetahui nilai rata-rata, median, modus, dan variasi data yang sedang dianalisis. Hal ini sangat penting dalam pengambilan keputusan dan perencanaan strategi di bidang AI. Selain itu, Descriptive Statistics juga dapat membantu dalam mengidentifikasi outlier atau data yang tidak biasa, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, penggunaan Descriptive Statistics dalam dunia AI sangatlah penting untuk memastikan keakuratan dan keandalan data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Descriptive Statistics.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Descriptive Statistics ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf D. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar