Virtual Infrastructure

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Containers Dan Virtualization Atau Wadah Dan Virtualisasi
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Containers Dan Virtualization Atau Wadah Dan Virtualisasi

Berikut ini yakni postingan artikel literasi kategori Emerging Technology yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata virtual infrastructure berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Virtual Infrastructure

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan virtual infrastructure ini?

Infrastruktur virtual yakni infrastruktur TI berbasis perangkat lunak yang di-host pada infrastruktur fisik lain dan dimaksudkan untuk didistribusikan sebagai layanan seperti dalam infrastruktur Cloud Computing sebagai model pengiriman layanan (IAAS).

Ini menyediakan organisasi, terutama yang lebih kecil yang tidak mampu membangun infrastruktur fisik mereka sendiri, akses ke teknologi kelas perusahaan seperti server dan aplikasi.

Distribusi sering dilakukan melalui cloud, yang berarti di jaringan besar seperti Internet.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Arti, dan Istilah Teknis Kata Virtual Infrastructure

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Infrastructure
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Infrastructure

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata virtual infrastructure di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan dari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Tujuan utama dari infrastruktur virtual yakni untuk membawa teknologi tingkat perusahaan ke organisasi yang tidak mampu membayar modal besar yang diperlukan untuk membayar perangkat keras, lisensi perangkat lunak, pengaturan dan pemeliharaan terus-menerus dari infrastruktur pusat data aktual.

Teknologi ini melibatkan virtualisasi, yang merupakan pemanfaatan sumber daya server fisik untuk meng -host server logis atau virtual dan perangkat keras jaringan untuk mengoptimalkan sumber daya dan menurunkan biaya dengan hosting beberapa server virtual di server host tunggal.

Idenya yakni bahwa tidak ada server tunggal yang benar -benar dikenakan pajak hingga batasnya bahwa batasannya tercapai sehingga akan lebih bijaksana untuk memanfaatkan sumber daya ini dengan menjalankan beberapa server logis yang, bersama -sama, dapat memanfaatkan kapasitas aktual dari yang sebenarnya tuan rumah.

Pendekatan lean ini memungkinkan untuk berbagi dan mendistribusikan sumber daya, yang, pada gilirannya, mempromosikan fleksibilitas, skalabilitas, dan total biaya kepemilikan yang lebih rendah.

Manfaat infrastruktur virtual:

Scalable – Memungkinkan penyediaan sebanyak atau sesedikit server logis seperti yang diperlukan, dan pengguna hanya membayar untuk apa yang mereka gunakan.

Fleksibel – memungkinkan untuk beberapa konfigurasi server dan jaringan dibandingkan dengan infrastruktur fisik yang hardwired, yang membutuhkan lebih banyak modal dan upaya untuk berubah.

Aman – Memungkinkan lebih banyak keamanan dilapisi di atas keamanan apa pun yang sudah ada dalam infrastruktur virtual karena semua lalu lintas ke infrastruktur virtual melewati infrastruktur fisik yang sebenarnya.

Load Balancing-Memungkinkan server berbasis perangkat lunak untuk berbagi beban kerja dengan mudah dan mendistribusikannya dengan benar sehingga tidak ada server logis tunggal yang dikenakan pajak lebih dari yang lain.

Cadangan dan Pemulihan – Mempromosikan cadangan yang lebih mudah karena semuanya dapat disimpan di suatu tempat, memungkinkan pemulihan cepat di host lain jika beberapa host sedang turun.

Ini hampir tidak mungkin dengan server fisik, yang harus dihidupkan kembali sebelum layanan dapat dilanjutkan.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan V, serta merupakan terms yang terkait dengan Emerging Technology dengan subkategori Containers dan Virtualization.

Arti Virtual Infrastructure dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata virtual infrastructure dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = virtual infrastructure, Kategori: emerging technology.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = infrastruktur virtual, Kategori: teknologi yang muncul.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = infrastruktur virtual, Kategori: teknologi yang muncul.

Penutup

Baiklah, di atas yakni pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari virtual infrastructure.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan dari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Virtual Infrastructure ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Emerging Technology dengan subkategori Containers dan Virtualization” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan V. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.