Polymorphism

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Programming Languages Atau Bahasa Pemrograman
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Programming Languages Atau Bahasa Pemrograman

Berikut ini yakni postingan artikel literasi kategori Software Development yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata polymorphism berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Polymorphism

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan polymorphism ini?

Polimorfisme yakni konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) yang mengacu pada kemampuan variabel, fungsi atau objek untuk mengambil berbagai bentuk.

Bahasa yang fitur polimorfisme memungkinkan pengembang untuk mengakses objek dari berbagai jenis melalui antarmuka yang sama.

Penggunaan umum polimorfisme dalam OOP yakni ketika referensi kelas induk digunakan untuk merujuk pada objek kelas anak.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Makna, serta Contoh dari Istilah Polymorphism

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Polymorphism
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Polymorphism

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata polymorphism di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan terkait apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Dalam bahasa pemrograman yang menunjukkan polimorfisme, objek kelas milik pohon hierarkis yang sama (diwarisi dari kelas dasar umum) dapat memiliki fungsi yang memiliki nama yang sama, tetapi masing -masing mungkin memiliki perilaku yang berbeda.

Sebagai contoh, asumsikan ada kelas dasar bernama hewan dari mana subkelas kuda, ikan dan burung diturunkan.

Juga berasumsi bahwa kelas hewan memiliki fungsi bernama MOVE, yang diwarisi oleh semua subkelas yang disebutkan.

Dengan polimorfisme, setiap subkelas mungkin memiliki cara sendiri untuk menerapkan fungsi tersebut.

Jadi, misalnya, ketika fungsi MOVE dipanggil dalam objek kelas kuda, fungsi mungkin merespons dengan menampilkan berlari di layar.

Di sisi lain, ketika fungsi yang sama dipanggil dalam objek kelas ikan, berenang mungkin ditampilkan di layar.

Dalam kasus objek burung, itu mungkin terbang.

Akibatnya, polimorfisme mengurangi pekerjaan pengembang karena mereka dapat membuat kelas umum dengan semua atribut dan perilaku yang mereka bayangkan untuk itu.

Ketika tiba saatnya bagi pengembang untuk membuat subkelas yang lebih spesifik dengan atribut dan perilaku unik tertentu, mereka dapat dengan mudah mengubah kode di bagian spesifik di mana perilaku berbeda.

Semua bagian lain dari kode dapat dibiarkan seperti apa adanya.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan P, serta merupakan terms yang terkait dengan Software Development dengan subkategori Programming Languages.

Arti Polymorphism dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata polymorphism dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = polymorphism, Kategori: software development.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = polimorfisme, Kategori: pengembangan perangkat lunak.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = polimorfisme, Kategori: pembangunan perisian.

Penutup

Baiklah, di atas yakni pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari polymorphism.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan terkait apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Polymorphism ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Software Development dengan subkategori Programming Languages” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan P. Artikel ini di-update pada bulan May tahun 2024.