Invertible Matrix

Istilah matriks invertible digunakan di semua bidang termasuk: kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan ilmu data. Matriks yang dapat dibalik penting dalam aljabar linier, yang merupakan konsep mendasar di bidang ini. Matriks yang dapat dibalik digunakan dalam pemecahan sistem persamaan linier, menemukan kebalikan dari matriks, dan dalam menentukan pangkat dan penentu matriks. Dalam pembelajaran mesin dan pembelajaran yang mendalam, matriks yang tidak dapat digunakan digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengurangan dimensi, ekstraksi fitur, dan kompresi data. Dalam ilmu data, matriks yang dapat dibalik digunakan dalam transformasi data dan normalisasi.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan mengenai apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Invertible Matrix berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Invertible Matrix Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Invertible Matrix

Invertible Matrix atau matriks invertibel adalah matriks persegi yang memiliki invers atau kebalikan. Invers dari suatu matriks A adalah matriks B sehingga AB = BA = I, di mana I adalah matriks identitas. Dalam kata lain, jika suatu matriks A dapat dikalikan dengan matriks B dan menghasilkan matriks identitas, maka matriks A adalah invertibel dan matriks B adalah inversnya.

Menurut buku “Linear Algebra and Its Applications” karya Gilbert Strang, matriks A adalah invertibel jika dan hanya jika determinannya tidak sama dengan nol. Dalam hal ini, invers dari matriks A dapat ditemukan dengan menggunakan metode eliminasi Gauss-Jordan atau dengan menggunakan rumus invers matriks.

Fungsi dan Contoh Invertible Matrix

Invertible Matrix atau matriks yang dapat diinverskan adalah matriks persegi yang memiliki invers atau kebalikan. Invers dari suatu matriks A adalah matriks B yang ketika dikalikan dengan A akan menghasilkan matriks identitas.

Fungsi dari invertible matrix adalah untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Dalam sistem persamaan linear, kita mencari nilai variabel yang memenuhi beberapa persamaan. Dalam bentuk matriks, sistem persamaan linear dapat dituliskan sebagai Ax = b, di mana A adalah matriks koefisien, x adalah vektor variabel, dan b adalah vektor konstanta. Jika A adalah invertible matrix, maka kita dapat menyelesaikan sistem persamaan linear dengan mengalikan kedua sisi dengan invers dari A, yaitu x = A-1b.

Contoh dari invertible matrix adalah matriks identitas, yaitu matriks persegi dengan diagonal utama berisi angka 1 dan elemen lainnya berisi angka 0. Matriks identitas memiliki invers yang juga merupakan matriks identitas. Contoh lain dari invertible matrix adalah matriks rotasi, yaitu matriks yang digunakan untuk memutar objek dalam ruang. Matriks rotasi memiliki invers yang juga merupakan matriks rotasi yang berlawanan arah putar.

Rumus atau Formula Invertible Matrix

Invertible Matrix adalah matriks persegi yang memiliki invers atau kebalikan. Invers dari matriks A dilambangkan dengan A-1. Untuk menentukan apakah sebuah matriks invertible atau tidak, dapat dilakukan dengan menggunakan rumus determinan. Jika determinan matriks A tidak sama dengan nol, maka matriks A invertible.

Rumus untuk mencari invers dari matriks A adalah:

A-1 = 1/|A| adj(A)

Simbol-simbol yang digunakan dalam rumus ini adalah:

  • A: matriks yang ingin dicari inversnya
  • A-1: invers dari matriks A
  • |A|: determinan dari matriks A
  • adj(A): matriks adjoint dari matriks A

Jenis Macam Arti Matriks Invertible dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Invertible Matrix
Bahasa Indonesia Matriks Invertible
Bahasa Jawa Matriks
Bahasa Sunda Matrix Biasa
Bahasa Malaysia Matriks Terbalik

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Invertible Matrix serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Invertible Matrix:

  1. “The Invertible Matrix Theorem: A Pedagogical Proof”

    Link: https://www.maa.org/sites/default/files/pdf/upload_library/22/Polya/07468342.di020742.02p0003z.pdf
  2. “Invertible Matrix Theorem and Its Applications”

    Link: https://www.researchgate.net/publication/325947947_Invertible_Matrix_Theorem_and_Its_Applications
  3. “Invertible Matrix Theorem and Its Applications in Linear Algebra”

    Link: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815010459
  4. “Invertible Matrix Theorem and Its Applications in Machine Learning”

    Link: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050919301749
  5. “Invertible Matrix Theorem and Its Applications in Deep Learning”

    Link: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050919301749

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Invertible Matrix.

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), istilah Invertible Matrix sangat penting karena matriks yang dapat diinversi memungkinkan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan mempercepat proses komputasi. Selain itu, matriks yang dapat diinversi juga digunakan dalam teknik-teknik seperti regresi linear dan analisis faktor. Dalam konteks deep learning, matriks yang dapat diinversi digunakan dalam proses backpropagation untuk menghitung gradien dan memperbarui bobot jaringan saraf tiruan. Oleh karena itu, pemahaman tentang Invertible Matrix sangat penting bagi para ahli AI untuk mengoptimalkan kinerja model dan meningkatkan efisiensi komputasi.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Invertible Matrix.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Invertible Matrix ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Deep Learning, Artificial Intelligence, Machine Learning, Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf I. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Feb tahun 2024.

Tinggalkan Komentar