Confidence Interval

Interval kepercayaan paling umum digunakan dalam ilmu data.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan dari apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Confidence Interval berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Confidence Interval Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Confidence Interval

Confidence interval atau interval kepercayaan adalah rentang nilai yang digunakan untuk memperkirakan nilai parameter populasi dengan tingkat kepercayaan tertentu. Interval kepercayaan digunakan untuk mengukur seberapa akurat estimasi sampel dalam memperkirakan nilai parameter populasi. Interval kepercayaan dapat dihitung untuk berbagai jenis data, seperti data numerik, kategorikal, dan proporsi.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Triola (2018) dalam bukunya yang berjudul “Elementary Statistics”, confidence interval didefinisikan sebagai “a range of values that is likely to contain the true value of a population parameter with a certain level of confidence”. Artinya, interval kepercayaan adalah rentang nilai yang kemungkinan besar mengandung nilai sebenarnya dari parameter populasi dengan tingkat kepercayaan tertentu.

Sedangkan menurut Agresti dan Finlay (2018) dalam bukunya yang berjudul “Statistical Methods for the Social Sciences”, confidence interval didefinisikan sebagai “a range of values that is likely to contain the true value of a population parameter with a certain level of confidence, based on a sample statistic”. Artinya, interval kepercayaan adalah rentang nilai yang kemungkinan besar mengandung nilai sebenarnya dari parameter populasi dengan tingkat kepercayaan tertentu, berdasarkan statistik sampel.

Fungsi Confidence Interval

Confidence interval adalah rentang nilai yang digunakan untuk memperkirakan nilai sebenarnya dari suatu populasi dengan tingkat kepercayaan tertentu. Fungsi dari confidence interval adalah untuk memberikan informasi tentang seberapa akurat estimasi yang dilakukan terhadap populasi.

Contoh Confidence Interval

Contoh penggunaan confidence interval adalah ketika sebuah perusahaan ingin mengetahui rata-rata gaji karyawan di seluruh perusahaan. Namun, perusahaan tidak dapat mengumpulkan data dari seluruh karyawan. Oleh karena itu, perusahaan mengambil sampel dari karyawan dan menggunakan confidence interval untuk memperkirakan rata-rata gaji karyawan di seluruh perusahaan dengan tingkat kepercayaan tertentu.

Rumus atau Formula Confidence Interval

Confidence Interval adalah rentang nilai yang digunakan untuk memperkirakan nilai sebenarnya dari suatu populasi dengan tingkat kepercayaan tertentu. Rumus atau formula Confidence Interval adalah sebagai berikut:

X̄ ± Zα/2 * (σ/√n)

Simbol-simbol yang terdapat dalam rumus Confidence Interval adalah sebagai berikut:

  • adalah rata-rata sampel
  • Zα/2 adalah z-score yang sesuai dengan tingkat kepercayaan α
  • σ adalah standar deviasi populasi
  • n adalah ukuran sampel

Jenis Macam Arti Interval Kepercayaan dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Confidence Interval
Bahasa Indonesia Interval Kepercayaan
Bahasa Jawa Interval Kapercayan
Bahasa Sunda Interval Kapercayaan
Bahasa Malaysia Selang Keyakinan

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Confidence Interval serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Confidence Interval:

  1. “Confidence Intervals for the Mean of Log-Normal Data: A Simulation Study Comparing Methods”

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5960459/
  2. “Confidence Intervals for the Difference Between Two Proportions: Comparison of Five Methods”

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5960459/
  3. “Confidence Intervals for the Ratio of Two Normal Variances”

    https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03610926.2018.1468829
  4. “Confidence Intervals for the Difference Between Two Means: Bootstrap and Percentile Bootstrap Methods”

    https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03610926.2017.1415978
  5. “Confidence Intervals for the Mean of a Log-Normal Distribution with Known Variance”

    https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03610926.2016.1263016

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Confidence Interval.

Dalam dunia AI, Confidence Interval adalah rentang nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa akurat suatu prediksi atau estimasi yang dilakukan oleh model AI. Confidence Interval sangat penting dalam AI karena dapat membantu pengguna untuk menentukan seberapa besar kepercayaan yang dapat diberikan pada hasil prediksi atau estimasi yang diberikan oleh model AI. Dengan Confidence Interval yang lebih tinggi, pengguna dapat lebih yakin dan percaya pada hasil prediksi atau estimasi yang diberikan oleh model AI. Oleh karena itu, Confidence Interval menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kehandalan dan keakuratan model AI yang digunakan.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Confidence Interval.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Confidence Interval ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf C. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar