Rule Based System

Sistem berbasis aturan paling umum digunakan dalam kecerdasan buatan.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan mengenai apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Rule Based System berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Rule Based System Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Rule Based System

Rule Based System atau Sistem Berbasis Aturan adalah sistem yang menggunakan aturan-aturan logika untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan. Sistem ini terdiri dari basis pengetahuan yang berisi aturan-aturan dan mesin inferensi yang digunakan untuk menerapkan aturan-aturan tersebut pada data masukan. Hasil dari sistem ini adalah keluaran yang berupa keputusan atau solusi dari masalah yang diberikan.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Stuart Russell dan Peter Norvig dalam bukunya “Artificial Intelligence: A Modern Approach”, Rule Based System adalah sistem yang menggunakan aturan-aturan logika untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan. Sistem ini terdiri dari basis pengetahuan yang berisi aturan-aturan dan mesin inferensi yang digunakan untuk menerapkan aturan-aturan tersebut pada data masukan. Hasil dari sistem ini adalah keluaran yang berupa keputusan atau solusi dari masalah yang diberikan.

Fungsi Rule Based System

Rule Based System adalah sistem yang digunakan untuk mengambil keputusan atau memberikan rekomendasi berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi utama dari Rule Based System adalah untuk membantu pengambilan keputusan dengan cara mengotomatisasi proses pengambilan keputusan tersebut. Dengan adanya Rule Based System, proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

Contoh Rule Based System

Contoh penerapan Rule Based System adalah pada sistem deteksi kebakaran di gedung. Sistem ini akan mengambil keputusan apakah ada kebakaran atau tidak berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, jika ada asap yang keluar dari gedung dan suhu di dalam gedung melebihi batas tertentu, maka sistem akan mengambil keputusan bahwa ada kebakaran dan akan memberikan peringatan kepada penghuni gedung untuk segera keluar.

Rumus atau Formula terkait Rule Based System

Rule Based System adalah sistem yang digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan aturan atau rule yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam Rule Based System, terdapat beberapa rumus atau formula yang digunakan untuk menghitung nilai atau bobot dari setiap aturan atau rule yang ada. Berikut adalah beberapa rumus atau formula terkait Rule Based System:

1. Fuzzy Logic

Fuzzy Logic adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung nilai atau bobot dari setiap aturan atau rule dengan menggunakan logika fuzzy. Dalam Fuzzy Logic, setiap aturan atau rule diberikan nilai atau bobot yang berkisar antara 0 dan 1, yang menunjukkan seberapa besar tingkat kebenaran dari aturan atau rule tersebut.

2. Certainty Factor

Certainty Factor adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung nilai atau bobot dari setiap aturan atau rule dengan menggunakan faktor kepastian. Dalam Certainty Factor, setiap aturan atau rule diberikan nilai atau bobot yang berkisar antara -1 dan 1, yang menunjukkan seberapa besar tingkat kepastian dari aturan atau rule tersebut.

3. Weighted Average

Weighted Average adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung nilai atau bobot dari setiap aturan atau rule dengan menggunakan rata-rata tertimbang. Dalam Weighted Average, setiap aturan atau rule diberikan nilai atau bobot yang berkisar antara 0 dan 1, yang menunjukkan seberapa besar tingkat kepentingan dari aturan atau rule tersebut.

Jenis Macam Arti Sistem Berbasis Aturan dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Rule Based System
Bahasa Indonesia Sistem Berbasis Aturan
Bahasa Jawa Sistem Adhedhasar Aturan
Bahasa Sunda Sistem Dumasar
Bahasa Malaysia Sistem Berasaskan Peraturan

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Rule Based System serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Rule Based System:

  1. Rule-Based Systems in Artificial Intelligence: A Survey – https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405452618302887
  2. Rule-Based Machine Learning Methods for Functional Genomics Analysis – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3278763/
  3. Rule-Based Classification Systems for Big Data: A Machine Learning Approach – https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405452617303055
  4. Rule-Based Expert Systems: The MYCIN Experiments of the Stanford Heuristic Programming Project – https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0004370201000526
  5. Rule-Based Systems for Big Data: A Review – https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405452617303043

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Rule Based System.

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), Rule Based System (RBS) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk membangun sistem yang dapat mengambil keputusan secara otomatis. RBS bekerja dengan cara mengumpulkan aturan-aturan yang telah ditentukan sebelumnya dan mengaplikasikannya pada data yang masuk. Dengan demikian, RBS dapat membantu mempercepat proses pengambilan keputusan dan mengurangi kesalahan manusia. Pentingnya RBS terletak pada kemampuannya untuk mengambil keputusan secara konsisten dan objektif, tanpa adanya pengaruh emosi atau faktor subjektif lainnya. Selain itu, RBS juga dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti di industri, kesehatan, dan keuangan, untuk membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, RBS merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam pengembangan sistem AI yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Rule Based System.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Rule Based System ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Artificial Intelligence dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf R. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Apr tahun 2024.

Tinggalkan Komentar