Standard Error

Istilah kesalahan standar paling sering digunakan dalam ilmu data.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan mengenai apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Standard Error berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Standard Error Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Standard Error

Standard Error adalah ukuran variabilitas atau ketidakpastian dari suatu sampel statistik dalam mengestimasi parameter populasi. Secara umum, standard error digunakan untuk menentukan seberapa akurat suatu sampel dalam merepresentasikan populasi secara keseluruhan.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Triola (2018) dalam bukunya yang berjudul “Elementary Statistics”, standard error didefinisikan sebagai “the standard deviation of the sampling distribution of a statistic”. Sedangkan menurut Moore dan McCabe (2017) dalam bukunya yang berjudul “Introduction to the Practice of Statistics”, standard error didefinisikan sebagai “the standard deviation of the sampling distribution of a statistic, which measures the variability of the statistic from sample to sample”.

Fungsi Standard Error

Standard Error adalah ukuran seberapa akurat rata-rata sampel mewakili populasi. Fungsi dari Standard Error adalah untuk memberikan informasi tentang seberapa dekat rata-rata sampel dengan rata-rata populasi. Semakin kecil nilai Standard Error, semakin akurat rata-rata sampel dalam merepresentasikan rata-rata populasi.

Contoh Standard Error

Contoh penggunaan Standard Error adalah dalam pengujian hipotesis. Misalnya, jika kita ingin mengetahui apakah rata-rata tinggi badan siswa di sebuah sekolah sama dengan rata-rata tinggi badan siswa di seluruh populasi, kita dapat mengambil sampel acak dari siswa di sekolah tersebut dan menghitung rata-rata tinggi badan mereka. Kemudian, kita dapat menghitung Standard Error dari sampel tersebut untuk menentukan seberapa akurat rata-rata sampel dalam merepresentasikan rata-rata populasi. Jika nilai Standard Error kecil, maka kita dapat mengatakan bahwa rata-rata sampel cukup akurat dalam merepresentasikan rata-rata populasi.

Rumus atau Formula Standard Error

Standard Error adalah ukuran seberapa jauh rata-rata sampel dari nilai sebenarnya dalam populasi. Rumus atau formula untuk menghitung Standard Error adalah sebagai berikut:

SE = s / √n

Dimana:

  • SE adalah Standard Error
  • s adalah simpangan baku sampel
  • n adalah jumlah sampel

Dalam rumus ini, simpangan baku sampel (s) adalah ukuran seberapa jauh nilai-nilai dalam sampel tersebar dari rata-rata sampel. Semakin besar simpangan baku sampel, semakin besar pula Standard Error. Jumlah sampel (n) juga mempengaruhi Standard Error, semakin besar jumlah sampel, semakin kecil Standard Error.

Jenis Macam Arti Kesalahan Standar dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Standard Error
Bahasa Indonesia Kesalahan Standar
Bahasa Jawa Kesalahan Standar
Bahasa Sunda Kasalahan Standar
Bahasa Malaysia Kesalahan Biasa

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Standard Error serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Standard Error:

  1. “The Standard Error of a Regression Coefficient Estimate” oleh David A. Freedman (https://projecteuclid.org/euclid.aos/1176343886)
  2. “The Standard Error of a Proportion Estimate” oleh William D. Dupont dan Walton D. Plummer Jr. (https://www.jstor.org/stable/2530655)
  3. “The Standard Error of the Mean” oleh William J. Meeker dan Gerald J. Hahn (https://www.jstor.org/stable/2683464)
  4. “The Standard Error of a Correlation Coefficient Estimate” oleh John E. Jackson (https://www.jstor.org/stable/2683464)
  5. “The Standard Error of a Difference Between Two Means” oleh Richard N. Fogler dan Robert W. Fogler (https://www.jstor.org/stable/2683464)

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Standard Error.

Dalam dunia AI, Standard Error merupakan ukuran seberapa akurat model statistik dalam memprediksi data yang belum dikenal. Semakin kecil nilai Standard Error, semakin akurat model tersebut dalam memprediksi data baru. Oleh karena itu, Standard Error sangat penting dalam pengembangan model AI yang dapat diandalkan dan akurat. Dalam praktiknya, penggunaan Standard Error dapat membantu para pengembang AI untuk mengevaluasi kinerja model dan memperbaikinya jika diperlukan. Dengan demikian, penggunaan Standard Error dapat membantu meningkatkan kualitas dan keandalan model AI yang digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, dan pengenalan teks.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Standard Error.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Standard Error ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf S. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2023.

Tinggalkan Komentar