Pattern Recognition

Istilah pengenalan pola digunakan di semua bidang termasuk: kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, dan ilmu data. Ini adalah konsep mendasar dalam bidang -bidang ini karena melibatkan identifikasi pola dan keteraturan dalam data, yang sangat penting untuk membuat prediksi, klasifikasi, dan keputusan. Algoritma pengenalan pola digunakan secara luas dalam pengenalan gambar dan ucapan, pemrosesan bahasa alami, dan banyak aplikasi lain di bidang ini.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan dari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Pattern Recognition berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Pattern Recognition Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Pattern Recognition

Pattern Recognition atau Pengenalan Pola adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana komputer atau mesin dapat mengenali pola atau bentuk dari data yang diberikan. Pola atau bentuk yang dimaksud dapat berupa gambar, suara, teks, atau data lainnya. Dalam pengenalan pola, mesin atau komputer akan mempelajari pola-pola tersebut dan mencari korelasi atau hubungan antara pola-pola tersebut untuk dapat mengenali pola yang baru.

Definisi Menurut Ahli

Menurut Duda dan Hart dalam bukunya yang berjudul “Pattern Classification and Scene Analysis”, Pattern Recognition atau Pengenalan Pola adalah suatu proses pengenalan objek atau pola yang terjadi secara otomatis oleh mesin atau komputer. Proses ini melibatkan pengumpulan data, ekstraksi fitur, dan pengambilan keputusan berdasarkan pola-pola yang telah dipelajari sebelumnya.

Fungsi Pattern Recognition

Pattern Recognition adalah teknik untuk mengenali pola atau karakteristik tertentu dalam data. Fungsi utama dari Pattern Recognition adalah untuk mengidentifikasi pola atau karakteristik yang tersembunyi dalam data dan mengklasifikasikannya ke dalam kategori yang sesuai. Dengan demikian, Pattern Recognition dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan prediksi dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis.

Contoh Pattern Recognition

Contoh penerapan Pattern Recognition adalah dalam pengenalan wajah pada sistem keamanan. Sistem ini menggunakan teknik Pattern Recognition untuk mengenali pola atau karakteristik wajah seseorang dan membandingkannya dengan data yang telah tersimpan dalam database. Jika pola atau karakteristik wajah yang dikenali sesuai dengan data yang tersimpan, maka sistem akan memberikan akses kepada orang tersebut. Selain itu, Pattern Recognition juga digunakan dalam pengenalan suara, pengenalan tulisan tangan, dan pengenalan objek pada gambar.

Rumus atau Formula terkait Pattern Recognition

Pattern Recognition adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengenali pola atau karakteristik tertentu pada data. Terdapat beberapa rumus atau formula yang digunakan dalam Pattern Recognition, di antaranya:

1. Euclidean Distance

Euclidean Distance adalah rumus yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik dalam ruang Euclidean. Simbol yang digunakan adalah:

d(x,y) = √(Σ(xi-yi)²)

  • d(x,y) = jarak antara titik x dan y
  • xi = koordinat x pada dimensi i
  • yi = koordinat y pada dimensi i

2. Mahalanobis Distance

Mahalanobis Distance adalah rumus yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik dalam ruang Mahalanobis. Simbol yang digunakan adalah:

d(x,y) = √((x-y)T S^-1 (x-y))

  • d(x,y) = jarak antara titik x dan y
  • x = vektor koordinat titik x
  • y = vektor koordinat titik y
  • S^-1 = invers dari matriks kovarians S

3. K-Nearest Neighbor (K-NN)

K-NN adalah rumus yang digunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan kategori terdekat. Simbol yang digunakan adalah:

y = mode({yi | xi ∈ Nk(x)})

  • y = kategori yang paling sering muncul pada tetangga terdekat
  • xi = data yang akan diklasifikasikan
  • Nk(x) = himpunan k tetangga terdekat dari xi

Jenis Macam Arti Pengenalan Pola dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Pattern Recognition
Bahasa Indonesia Pengenalan Pola
Bahasa Jawa Pangenalan Pola
Bahasa Sunda Pola Pangakuan
Bahasa Malaysia Pengiktirafan Corak

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Pattern Recognition serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Pattern Recognition:

  1. Deep Residual Learning for Image Recognition – https://arxiv.org/abs/1512.03385
  2. Generative Adversarial Networks – https://arxiv.org/abs/1406.2661
  3. Attention Is All You Need – https://arxiv.org/abs/1706.03762
  4. BERT: Pre-training of Deep Bidirectional Transformers for Language Understanding – https://arxiv.org/abs/1810.04805
  5. ImageNet Classification with Deep Convolutional Neural Networks – https://papers.nips.cc/paper/4824-imagenet-classification-with-deep-convolutional-neural-networks.pdf

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Pattern Recognition.

Dalam dunia kecerdasan buatan (AI), Pattern Recognition atau pengenalan pola merupakan salah satu teknik yang sangat penting. Teknik ini memungkinkan mesin untuk mengenali pola atau karakteristik tertentu dalam data yang diberikan, sehingga dapat digunakan untuk memprediksi atau mengambil keputusan. Pattern Recognition juga digunakan dalam berbagai aplikasi AI seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, dan pengenalan tulisan tangan. Dalam pengembangan AI, kemampuan Pattern Recognition yang semakin baik akan membawa dampak positif pada kemampuan mesin untuk memahami dan memproses data dengan lebih akurat dan efisien. Oleh karena itu, pengembangan teknik Pattern Recognition menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan AI di masa depan.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Pattern Recognition.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Pattern Recognition ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Deep Learning, Artificial Intelligence, Machine Learning, Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf P. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Apr tahun 2024.

Tinggalkan Komentar