Odds (Probability)

Istilah odds (probabilitas) paling banyak digunakan dalam ilmu data.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan tentang apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Odds (Probability) berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Odds (Probability) Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Odds (Probability)

Odds atau probability adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menggambarkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Menurut Ross (2010) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Probability Models, odds didefinisikan sebagai rasio antara kemungkinan terjadinya suatu kejadian dengan kemungkinan tidak terjadinya kejadian tersebut. Contohnya, jika kemungkinan terjadinya suatu kejadian adalah 0,6 atau 60%, maka odds untuk kejadian tersebut adalah 0,6/0,4 atau 3/2.

Sedangkan menurut Walpole et al. (2012) dalam bukunya yang berjudul Probability and Statistics for Engineers and Scientists, odds didefinisikan sebagai rasio antara kemungkinan terjadinya suatu kejadian dengan kemungkinan tidak terjadinya kejadian tersebut, namun dinyatakan dalam bentuk perbandingan atau rasio. Contohnya, jika kemungkinan terjadinya suatu kejadian adalah 0,7 atau 70%, maka odds untuk kejadian tersebut adalah 0,7/0,3 atau 7/3.

Fungsi Odds (Probability)

Odds (Probability) adalah ukuran yang digunakan untuk menghitung peluang terjadinya suatu kejadian. Fungsi dari Odds (Probability) adalah untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar kemungkinan suatu kejadian terjadi atau tidak terjadi.

Contoh Odds (Probability)

Contoh penggunaan Odds (Probability) adalah ketika kita ingin memprediksi hasil dari sebuah pertandingan sepak bola. Misalnya, jika kita ingin memprediksi tim A akan menang melawan tim B, maka kita dapat menggunakan Odds (Probability) untuk menghitung peluang kemenangan tim A. Jika Odds (Probability) kemenangan tim A adalah 2:1, maka artinya peluang kemenangan tim A adalah 2 dari 3 atau sekitar 66,67%.

Rumus atau Formula terkait Odds (Probability)

Odds atau probabilitas adalah ukuran kemungkinan suatu kejadian terjadi. Rumus atau formula untuk menghitung odds adalah:

Odds = P / (1 – P)

Dimana:

  • Odds adalah rasio antara kemungkinan kejadian terjadi dan kemungkinan kejadian tidak terjadi.
  • P adalah probabilitas kejadian terjadi.

Contoh penggunaan rumus odds:

Jika probabilitas suatu tim memenangkan pertandingan adalah 0,6, maka odds untuk tim tersebut adalah:

Odds = 0,6 / (1 – 0,6) = 1,5

Artinya, kemungkinan tim tersebut memenangkan pertandingan adalah 1,5 kali lebih besar daripada kemungkinan tim tersebut kalah.

Jenis Macam Arti Peluang (Probabilitas) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Odds (Probability)
Bahasa Indonesia Peluang (Probabilitas)
Bahasa Jawa Odds (Kemungkinan)
Bahasa Sunda Odds (Probabilitas)
Bahasa Malaysia Kemungkinan (Kebarangkalian)

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Odds (Probability) serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Odds (Probability):

  1. “A Tutorial on Probability Theory and Bayesian Networks” oleh Irina Rish (https://arxiv.org/abs/1206.6379)
  2. “Probabilistic Programming and Bayesian Methods for Hackers” oleh Cameron Davidson-Pilon (https://camdavidsonpilon.github.io/Probabilistic-Programming-and-Bayesian-Methods-for-Hackers/)
  3. “Introduction to Probability” oleh Charles M. Grinstead dan J. Laurie Snell (https://www.dartmouth.edu/~chance/teaching_aids/books_articles/probability_book/amsbook.mac.pdf)
  4. “Bayesian Data Analysis” oleh Andrew Gelman, John B. Carlin, Hal S. Stern, David B. Dunson, Aki Vehtari, dan Donald B. Rubin (https://www.stat.columbia.edu/~gelman/book/)
  5. “The Elements of Statistical Learning: Data Mining, Inference, and Prediction” oleh Trevor Hastie, Robert Tibshirani, dan Jerome Friedman (https://web.stanford.edu/~hastie/Papers/ESLII.pdf)

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Odds (Probability).

Dalam dunia AI, odds atau probabilitas sangat penting dalam menentukan keputusan yang diambil oleh mesin. Probabilitas digunakan untuk memprediksi kemungkinan hasil dari suatu kejadian berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Dalam machine learning, probabilitas digunakan untuk menghitung kemungkinan suatu data masukan termasuk dalam kategori tertentu atau tidak. Hal ini sangat penting dalam pengambilan keputusan yang akurat dan efektif. Selain itu, probabilitas juga digunakan dalam pengembangan model AI untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi. Dengan memahami konsep probabilitas, para pengembang AI dapat mengoptimalkan kinerja mesin dan meningkatkan kualitas hasil yang dihasilkan. Oleh karena itu, pemahaman tentang odds atau probabilitas sangat penting dalam pengembangan AI.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Odds (Probability).

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Odds (Probability) ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf O. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar