Data Science

Istilah “ilmu data” paling sering digunakan di bidang ilmu data itu sendiri. Namun, ini juga terkait erat dengan kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan pembelajaran yang mendalam, karena bidang -bidang ini sangat bergantung pada analisis data dan teknik pemodelan.

Berikut ini adalah postingan khusus kamus AI Kami yang menjelaskan terkait pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi Data Science berdasarkan dari berbagai jenis macam reference atau referensi relevan terpercaya yang telah Kami rangkum dan kumpulkan, termasuk definisinya menurut ahli.

Gambar Penjelasan Apa Pengertian Arti Data Science Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Dalam Kamus AI
Ilustrasi Gambar Penjelasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Atau Jargon Kata Teknisnya

Pengertian Umum Data Science

Data Science adalah bidang ilmu yang menggabungkan statistik, matematika, dan teknologi informasi untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan dari data. Data Science juga melibatkan penggunaan algoritma dan teknik analisis data untuk memahami pola dan tren dalam data, serta membuat prediksi dan rekomendasi berdasarkan temuan tersebut.

Definisi Menurut Ahli

Menurut William S. Cleveland, seorang profesor di Purdue University, Data Science adalah “ilmu yang mempelajari bagaimana mengekstraksi pengetahuan dari data, termasuk cara mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang berguna.” (Cleveland, 2001).

Sedangkan menurut DJ Patil dan Jeff Hammerbacher, Data Science adalah “bidang interdisipliner yang melibatkan penggunaan metode ilmiah, proses bisnis, dan sistem teknologi untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan dari berbagai jenis data, baik struktur maupun tidak struktur.” (Patil & Hammerbacher, 2011).

Fungsi Data Science

Data Science adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk menghasilkan informasi yang berguna. Fungsi utama dari Data Science adalah untuk membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan efektif berdasarkan data yang tersedia. Dengan menggunakan teknik-teknik analisis data yang canggih, Data Science dapat membantu organisasi dalam mengidentifikasi pola-pola yang tersembunyi dalam data, memprediksi tren masa depan, dan mengoptimalkan proses bisnis.

Contoh Data Science

Contoh penerapan Data Science dapat ditemukan di berbagai bidang, seperti:

  • Bisnis: Data Science dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.
  • Kesehatan: Data Science dapat membantu dalam menganalisis data medis untuk mengidentifikasi pola-pola penyakit, memprediksi risiko kesehatan, dan mengembangkan solusi medis yang lebih efektif.
  • Pendidikan: Data Science dapat membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja siswa, memprediksi hasil tes, dan mengembangkan kurikulum yang lebih efektif.
  • Keuangan: Data Science dapat membantu dalam menganalisis data keuangan untuk mengidentifikasi risiko investasi, memprediksi tren pasar, dan mengoptimalkan portofolio investasi.

Rumus atau Formula terkait Data Science

The term “Data Science” refers to the process of extracting insights and knowledge from data using various statistical and computational techniques. It involves collecting, cleaning, analyzing, and interpreting large and complex datasets to identify patterns, trends, and relationships that can be used to make informed decisions.

Data Science is closely related to other fields such as Artificial Intelligence, Machine Learning, and Deep Learning. These fields heavily rely on data analysis and modeling techniques to develop intelligent systems that can learn from data and make predictions or decisions.

Some of the common formulas or equations used in Data Science include:

  • Regression: y = mx + b
  • Classification: y = f(x)
  • Clustering: distance(x, y) = sqrt((x1-y1)^2 + (x2-y2)^2 + … + (xn-yn)^2)
  • Dimensionality Reduction: x’ = Wx

Jenis Macam Arti Ilmu Data dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia

Selain membahas tentang arti, apa itu, pengertian, definisi, fungsi, dan rumus atau formula terkaitnya, untuk lebih memperluasnya di sini Kami juga akan menerangkan beberapa jenis macam arti kata dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia.

Agar dapat dengan mudah dipahami, di postingan khusus Kamus AI ini Kami akan menjelaskannya dalam bentuk tabel terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, dan Malaysia sebagai berikut.

Nama Bahasa Terjemahan
Bahasa Inggris Data Science
Bahasa Indonesia Ilmu Data
Bahasa Jawa Ilmu Data
Bahasa Sunda Élmu Data
Bahasa Malaysia Sains Data

Beberapa Paper (Artikel Ilmiah atau Makalah) atau Buku yang Terkait dengan Istilah Data Science serta Link atau Tautannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis macam paper (termasuk artikel ilmiah atau makalah) dan Buku yang berkaitan dengan istilah Data Science:

  1. Deep Residual Learning for Image Recognition – https://arxiv.org/abs/1512.03385
  2. Generative Adversarial Networks – https://arxiv.org/abs/1406.2661
  3. Attention Is All You Need – https://arxiv.org/abs/1706.03762
  4. BERT: Pre-training of Deep Bidirectional Transformers for Language Understanding – https://arxiv.org/abs/1810.04805
  5. ImageNet Classification with Deep Convolutional Neural Networks – https://papers.nips.cc/paper/4824-imagenet-classification-with-deep-convolutional-neural-networks.pdf

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Kami jelaskan dalam postingan khusus kamus, glosarium, atau kumpulan istilah kata Data Science.

Dalam dunia AI, Data Science menjadi istilah yang sangat penting. Data Science adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mengambil keputusan yang tepat. Dalam konteks AI, Data Science menjadi kunci untuk mengembangkan algoritma dan model yang dapat memproses data secara efektif dan efisien. Pentingnya Data Science dalam AI terlihat dari kemampuannya untuk menghasilkan prediksi yang akurat dan memberikan wawasan yang berharga bagi pengambil keputusan. Dengan Data Science, perusahaan dapat mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya. Oleh karena itu, Data Science menjadi salah satu bidang yang paling dicari dalam industri AI saat ini.

Penutup

Demikianlah, di atas adalah penjelasan dan penguraian tentang apa itu arti dari akronim, istilah, jargon, atau terminologi Data Science.

Semoga kamus, glosarium, atau kumpulan istilah teknis bidang teknologi khususnya Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, atau AI yang sudah Kami bagikan di sini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan para pembaca.

Jangan lupa kunjungi, baca, dan lihat juga pembahasan istilah lainnya di laman Kamus AI Kami.

Sumber (Referensi)

Glosarium Kamus AI ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi terkait (relevan) yang Kami anggap terpercaya termasuk seperti Wikipedia, Deep AI, Open AI, Oxford Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya. Kata Data Science ini merupakan salah satu dari kumpulan istilah terkait Deep Learning, Artificial Intelligence, Machine Learning, Data Science dalam konteks atau bidang AI yang dimulai dengan awalan atau huruf D. Artikel Kamus AI ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

Tinggalkan Komentar