Hardware Abstraction Layer (HAL)

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Lainnya
Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Lainnya

Berikut ini yaitu postingan artikel literasi kategori Istilah Teknologi Lainnya yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata hardware abstraction layer (hal) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Hardware Abstraction Layer (HAL)

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan hardware abstraction layer (hal) ini?

Lapisan abstraksi perangkat keras (HAL) yaitu pembagian logis kode yang berfungsi sebagai lapisan abstraksi antara perangkat keras fisik komputer dan perangkat lunaknya.

Ini menyediakan antarmuka driver perangkat yang memungkinkan program untuk berkomunikasi dengan perangkat keras.

Tujuan utama dari HAL yaitu untuk menyembunyikan arsitektur perangkat keras yang berbeda dari OS dengan menyediakan antarmuka yang seragam ke periferal sistem.

Penjelasan dari Apa itu Pengertian, Maksud, dan Istilah Teknis Kata Hardware Abstraction Layer (HAL)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Hardware Abstraction Layer (HAL)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Hardware Abstraction Layer (HAL)

Agar kita bisa mengartikan, serta memahami lebih lanjut terkait arti penjelasan dan maksud dari acronym atau kata hardware abstraction layer (hal) di atas, pastinya kita juga harus memahami secara lanjut tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi dari katanya.

Lapisan abstraksi perangkat keras termasuk dalam banyak OS untuk menghindari memodifikasi kernel OS untuk menjalankan program di komputer dengan berbagai arsitektur perangkat keras.

PC dapat menyertakan HAL dalam kernel OS atau dalam bentuk driver perangkat yang menyediakan antarmuka yang konsisten untuk aplikasi untuk berinteraksi dengan periferal perangkat keras.

HAL memberikan manfaat berikut:

Memungkinkan aplikasi untuk mengekstrak sebanyak mungkin kinerja dari perangkat perangkat keras
Mengaktifkan OS untuk melakukan terlepas dari arsitektur perangkat keras
Mengaktifkan driver perangkat untuk menyediakan akses langsung ke setiap perangkat perangkat keras, yang memungkinkan program menjadi alat yang tidak tergantung pada perangkat
Memungkinkan program perangkat lunak berkomunikasi dengan perangkat perangkat keras di tingkat umum
Memfasilitasi portabilitas

Beberapa OS yang menampilkan Hals termasuk Mac OS, Linux, DOS, Solaris, BSD, Windows NT, Windows 2000 dan IBM AS/400.

Sebagaimana yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan H, serta merupakan terms yang terkait dengan Istilah Teknologi Lainnya.

Arti Hardware Abstraction Layer (HAL) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Inggris, Indonesia (Termasuk Jawa dan Sunda), dan Malaysia

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata hardware abstraction layer (hal) dalam kamus terjemahan bahasa Inggris, Indonesia (termasuk Jawa dan Sunda), juga bahasa Malaysia (Melayu).

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di postingan literasi ini Kami akan menguraikannya berupa daftar terjemahan istilahnya dari berbagai jenis bahasa sebagai berikut:

  1. Bahasa Inggris; Terminologi = hardware abstraction layer (hal), Kategori: istilah teknologi lainnya.
  2. Bahasa Indonesia (termasuk dalam terjemahan bahasa Jawa dan Sunda); Terminologi = lapisan abstraksi perangkat keras (hal), Kategori: istilah teknologi lainnya.
  3. Bahasa Malaysia; Terminologi = lapisan abstraksa perangkat keras (hal), Kategori: istilah teknologi lainnya.

Penutup

Baiklah, di atas yaitu pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari hardware abstraction layer (hal).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi konten lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog Utama situs web Kami.

Sumber (Referensi)

Postingan literasi ini dibuat dengan mengacu pada simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia, Techterms, Computer Hope, dan lain sebagainya. Kata Hardware Abstraction Layer (HAL) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Istilah Teknologi Lainnya” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan H. Artikel ini di-update pada bulan Apr tahun 2024.