Kalkulator Persen (Persentase) Online

Ilustrasi Gambar Kalkulator Persen Atau Persentase Online Dan Cara Menghitung Persen Secara Manual Dan Dengan Alat Kalkulator Ilmiah
Ilustrasi Gambar Kalkulator Persen Atau Persentase Online Dan Cara Menghitung Persen Secara Manual Dan Dengan Alat Kalkulator Ilmiah

Bagaimana Cara Menghitung Persen (Persentase) dengan Kalkulator Persen Online atau Manual? Secara umum, Persen adalah Per Seratus, dalam menghitung Persen, kita dapat memikirkan Persen (Persentase) sebagai seratus dari keseluruhan, atau semua hal. Seratus persen dari Telur Dadar adalah seluruh Telur Dadar atau 100 Persen. Setengah Telur Dadar akan menjadi 50 Persen, atau setengah dari seratus persen. Persentase memberi tahu Anda berapa banyak dari keseluruhan yang Anda miliki.

Sebagai contoh, misalkan kita membagi Telur Dadar kita menjadi 100 irisan kecil, maka setiap irisan akan mewakili 1 persen dari Telur Dadar. Cara ini adalah cara lain untuk memvisualisasikan dan menggambarkan persentase. Anda dapat mengambil seluruh dari sesuatu dan membaginya menjadi 100 potongan kecil dan kemudian mencari tahu berapa banyak potongan kecil dalam porsi yang Anda minati. Jika Kami ingin seperempat Telur Dadar, Kami akan melihat bahwa hal tersebut akan membutuhkan 25 irisan kecil dari 100 (seluruh Telur Dadar) atau 25 Persen dari Telur Dadar.

Apa itu Persen?

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, sangat mungkin untuk memiliki persentase yang mewakili lebih dari keseluruhan atau lebih dari seratus sesuatu. Bagaimana jika Anda punya teman dengan nafsu makan yang sangat baik, dan dia kebetulan makan 2 Telur Dadar utuh? Mari kita bayangkan ini. Jika kita membagi setiap Telur Dadar menjadi 100 iris kecil kita, berapa banyak irisan yang dia makan? Ya, dia akan makan 200 irisan kecil. Kedengarannya seperti banyak, tetapi teman Anda memiliki nafsu makan besar, dan dia memenangkan beberapa kontes makan karenanya. Lagi pula, jika dia makan 200 iris kecil, maka dia akan makan 200 persen dari satu Telur Dadar.

Sederhananya Persen adalah keseluruhan dari sesuatu. Persen yang kurang dari seratus berarti bahwa mereka kurang dari keseluruhan. Persen lebih dari seratus berarti bahwa mereka memasukkan seluruh sesuatu ditambah lebih banyak dari sesuatu.

Apa itu Persentase?

Setelah mengetahui apa itu Persen di atas, lalu bagaimana dengan Persentase? Sama seperti Persen, Persentase adalah bagian dari keseluruhan yang dinyatakan dengan angka antara 0 dan 100, bukan sebagai pecahan. Semua sesuatu adalah 100 Persen, setengahnya adalah lima puluh persen, tidak ada sesuatu yang nol persen.

Untuk menentukan Persentase, Anda membagi porsi keseluruhan dengan keseluruhan itu sendiri dan kalikan dengan 100. Jadi jika Anda hanya makan dua potong Telur Dadar delapan potong, dan Anda ingin tahu berapa persen dari pai yang Anda konsumsi, pertama Anda harus membagi 2 dengan 8 yang hasilnya sama dengan 0,25. Kemudian, kalikan, 25 kali 100 dan dapatkan 25 persen. Persentase juga bisa berarti sebagian dari sesuatu tetapi hanya jika itu berkaitan dengan angka. Ketika Anda membeli furnitur, penjual mendapat persentase dari apa yang Anda belanjakan.

Persen atau Persentase?

Kata-kata persen dan persentase saling berkaitan erat, apakah penting bagaimana mereka digunakan dalam kalimat? Aturan untuk menggunakan persen dan persentase sangat mudah. Kata Persen (atau simbol%) menyertai angka tertentu, sedangkan Kata Persentase lebih umum digunakan tanpa angka.

Kalkulator Persen dan Persentase Online

1. Hitung Nilai dari Persen



Berapa % Dari ?

Hasilnya:


2. Hitung Persen dari Nilai



Adalah Berapa Persen Dari ?

Hasilnya: %

Cara Menghitung Persen (Persentase) Secara Manual

Selain cara menghitung dengan Kalkulator Persen atau Persentase Online di atas, tentunya kita juga harus mengetahui bagaimana cara manual dalam menghitung Persen atau Persentase. Baiklah, berikut ini merupakan Cara Manual yang paling mudah untuk Menghitung Persen (Persentase). Adapun cara untuk menghitung umur secara manual adalah sebagai berikut:

Rumus Menghitung Persen

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, pada penjelasan apa itu Persen dan Persentase, Persen berarti “untuk setiap 100” atau “dari 100” Simbol (%) adalah simbol yang digunakan sebagai cara cepat untuk menulis pecahan dengan penyebut 100. Untuk menghitung nilai dari total harga atau sesuatu menjadi persen, Rumusnya adalah:

Nilai Persen = Nilai : 100 x Total (Nilai, Harga, Keseluruhan)

Contohnya: Kami membeli produk Digital dari Situs RM dengan harga 50.000 dengan diskon 20%. Berapakah jumlah potongan harga dari 20% tersebut?

20 : 100 x Rp. 50.000 = Rp. 10.000, Jadi
20% = 10.000

Cara Menghitung Persen (Persentase) dengan Alat Kalkulator Ilmiah

Cara ini adalah cara yang paling cepat yang dapat kalian lakukan untuk menghitung persen tanpa perlu bersusah payah untuk menghitung dan mencatatnya, yaitu dengan menggunakan Alat Kalkulator Ilmiah. Adapun cara menghitung nilai Persen (Persentase) dengan Alat Kalkulator Ilmiah adalah sebagai berikut:

Pada Alat Kalkulator Pencetkan: Total (Harga atau Sesuatu) - Nilai%

Contohnya: Penjualan sebuah Produk Digital RM dijual dengan diskon 20% dari harga Rp. 50.000 Rupiah. Berapakah 20% tersebut?

Dengan Alat Kalkulator, Pencet Angka 50000 - 20% = 10000, Jadi
20% = 10.000

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat Kita simpulkan bahwa sebenarnya Persen (Persentase) adalah bagian dari keseluruhan sesuatu (baik itu Harga atau Apapun itu misalnya Telur Dadar). Cara Menghitung Persen dapat beragam, Anda dapat menggunakan Kalkulator Persen (Persentase) Online Kami atau dengan menggunakan langkah manual dalam menghitung persen seperti yang sudah Kami jelaskan di atas.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan mengenai Apa itu Persen, Cara Menghitung Persen atau Persentase dengan Kalkulator Persen atau Persentase Online dan dengan Cara Menghitung Persen (Persentase) Secara Manual serta dengan Alat Kalkulator. Silahkan share dan bagikan kepada kerabat Anda jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.