Kalkulator Diskon (Discount) Online

Ilustrasi Gambar Kalkulator Discount Diskon Apa Itu Discount Diskon
Ilustrasi Gambar Kalkulator Diskon (Discount)

Bagaimana Cara Mengetahui Harga Diskon dan Menghitung Diskon (Discount) dengan Kalkulator Diskon Online atau Manual? Dalam membahas mengenai cara menghitung Diskon (Discount) dengan Kalkulator Diskon Online ataupun dengan Cara Manual, dalam keuangan dan investasi, Diskon mengacu pada situasi ketika obligasi diperdagangkan lebih rendah dari nilai nominal atau nominalnya. Diskon sama dengan perbedaan antara harga yang dibayarkan untuk sekuritas dan nilai nominal sekuritas.

Obligasi biasanya merupakan pendapatan tetap, sekuritas utang yang digunakan ketika sebuah bisnis ini mengumpulkan dana untuk sebuah proyek atau ekspansi. Obligasi dapat diperdagangkan dengan diskon karena masalah dengan perusahaan yang mendasari atau produk yang menawarkan suku bunga atau persyaratan yang lebih rendah daripada obligasi lain yang sebanding.

Apa Itu Diskon (Discount)?

Dalam istilah sederhana, Pengertian Diskon (Discount) adalah tunjangan atau konsesi harga. Diskon ini diberikan dengan tujuan agar membuat pembeli diinduksi (terpikat) untuk melakukan pembelian atau pemesanan dan kemudian melakukan pembayaran dengan pengurangan harga diskon.

Diskon atau Discount dapat juga disebut sebagai pengurang harga. Penjual memotong diskon dari harga kotor atau total, dan kemudian pembeli seharusnya membayarnya dengan Harga (jumlah) bersih.

Jenis-Jenis Diskon

Mengacu pada penjelasan tentang apa itu pengertian Diskon (Discount) di atas, terdapat 2 (dua) jenis Diskon atau Discount. Adapun jenis diskon tersebut adalah Diskon Tunai (Potongan harga) dan Diskon Perdagangan. Berikut adalah uraiannya.

a. Diskon Tunai

Diskon Tunai adalah sebuah tunjangan atau konsesi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. Diskon ini ditawarkan untuk mendorong pembeli agar segera melakukan pembayaran. Diskon tunai biasanya hanya mengizinkan pembelian tunai (bukan kredit).

Diskon tunai biasanya ditunjukkan dalam kutipan dan faktur. Diskon tunai dapat dikurangkan dari harga total dan pembeli diminta untuk membayar hanya dengan jumlah bersih. Diskon Tunai biasanya dinyatakan dalam bentuk Persentase.

b. Diskon Perdagangan

Diskon Perdagangan adalah pengurangan harga katalog barang yang diperbolehkan hanya jika jumlah yang dipesan oleh pembeli cukup besar. Tujuannya adalah untuk mendorong pembeli untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Diskon perdagangan diizinkan dalam pembayarannya berupa secara tunai maupun penjualan kredit.

Diskon perdagangan tidak ditampilkan dalam pembukuan akun. Diskon perdagangan dihitung sebagai persentase dari harga katalog. Diskon perdagangan dapat bervariasi sesuai dengan jumlah pesanan.

Kalkulator Diskon (Discount) Online

Harga Barang: Rp.
Diskon (Discount): %
Hitung Diskonnya!
Harga (Setelah Diskon): Rp. Rupiah

Cara Menghitung Diskon atau Discount Secara Manual

Selain menggunakan Kalkulator Diskon (Discount) Online Kami di atas, cara manual juga dapat kita gunakan dengan mudah dalam menghitung Diskon atau Discount ini. Dalam contoh perhitungan Diskon atau Discount Kami disini, Kami juga akan memberikan cara menghitung Diskon (Discount) secara manual dengan cepat.

Langsung saja, mari Kita ambil sebuah kasus barang yang ingin dibeli dengan menggunakan cara umum dalam menghitung Diskon atau Discount. Misalnya, Harga barang dengan Diskonnya adalah sebagai berikut:

Rp.130.000 dengan Diskon (Discount) 20%

Yang jadi pertanyaan adalah berapa harga Diskon (Discount) dari Barang dengan harga Rp.130.000 tersebut di atas? Berikut adalah langkah dalam perhitungannya.

1. Menghitung Persen dari Harga

Langkah awalnya adalah mencari berapa harga atau jumlah dari 20% dari 130.000. Ikuti langkah di bawah ini untuk menghitungnya:

130.000 x 20:(dibagi) 10026.000

Dengan langkah di atas, dapat kita tentukan bahwa 20% dari 130.000 adalah Rp. 26.000

2. Mengurangi Harga Awal dengan Jumlah Harga dari Persen

Kemudian, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah dengan mengurangi harga awal dengan jumlah harga dari Diskon atau Discount yang di dapat, jadi dapat kita tuliskan sebagai beriku:

130.000 - 26.000 = Rp. 104.000  

Selesai, jadi harga barang setelah mendapat Diskon atau Discount adalah Rp. 104.000,

Cara Cepat Menghitung Diskon (Discount)

Berdasarkan pengertian Diskon atau Discount di atas, secara Bahasa discount berasal dari 2 suku kata, Dis artinya tidak, Count artinya hitungan, sehingga bisa kita simpulkan “tidak di hitung”.

Jadi apabila discount 20%, maka:

20% jangan di hitung kita cukup menghitung 80%
Karena total dari jumlah % sebenarnya adalah 100

Sehingga kita bisa menghitung dengan:

80:(dibagi) 100 x 130.000 = 104.000

Keterangan:

  • 80 adalah bilangan harga dari discount 20% sebelumnya
  • 100 adalah bilangan persen
  • 130.000 adalah harga barang tersebut.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat Kita simpulkan bahwa sebenarnya Diskon (Discount) adalah potongan harga dari harga awal yang ditawarkan oleh penjual. Cara menghitung Diskon atau Discont pun dapat beragam, Anda dapat menggunakan Kalkulator Diskon (Discount) Online Kami atau dengan menggunakan langkah manualnya seperti yang sudah Kami jelaskan di atas.

Penutup

Demikianlah yang dapat Kami sampaikan kali ini mengenai Apa itu Diskon atau Discount, Cara Menghitung Diskon (Discount) dengan Kalkulator Diskon (Discount) Online Kami dan dengan Cara Menghitung Diskon atau Discount Secara Manual. Silahkan share dan bagikan kepada kerabat Anda jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.