Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda

0
Gambar Google Search Tips Pencarian Google Yang Secara Efektif Mendapatkan Apa Yang Ingin Anda Cari
Gambar Google Search Tips Pencarian Google Yang Secara Efektif Mendapatkan Apa Yang Ingin Anda Cari

Apa Itu Google Search?

Sebelum membahas mengenai Tips Pencarian Google Seach, kita akan sekilas membahas apa itu Google Search. Google Search, juga disebut sebagai Google Web Search atau hanya Google, adalah mesin pencarian web yang dikembangkan oleh Google LLC. Ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di WWW (World Wide Web) di semua platform, dengan 92,74% pangsa pasar per Oktober 2018, menangani lebih dari 3,5 miliar pencarian setiap hari.

Urutan hasil pencarian yang dikembalikan oleh Google sebagian didasarkan pada sistem peringkat prioritas yang disebut “PageRank”. Google Search juga menyediakan banyak opsi berbeda untuk pencarian yang disesuaikan, menggunakan simbol untuk memasukkan, mengecualikan, menentukan atau memerlukan perilaku pencarian tertentu, dan menawarkan pengalaman interaktif khusus, seperti status penerbangan dan pelacakan paket, ramalan cuaca, mata uang, konversi unit dan waktu, kata definisi, dan banyak lagi.

Tujuan Google Search

Tujuan utama Google Search adalah untuk mencari teks dalam dokumen yang dapat diakses publik yang ditawarkan oleh server web, berbeda dengan data lain, seperti gambar atau data yang terkandung dalam database. Awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Pada Juni 2011, Google memperkenalkan “Pencarian Suara Google” untuk mencari kata-kata yang diucapkan, bukan diketik. Pada Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Grafik Pengetahuan di AS.

Jutaan orang menggunakan pencarian Google setiap hari karena berbagai alasan. Siswa menggunakannya untuk sekolah, pebisnis menggunakannya untuk penelitian, dan jutaan lainnya menggunakannya untuk hiburan. Tetapi kebanyakan orang mungkin tidak menggunakan pencarian Google secara maksimal.

20 Tips Menggunakan Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Apa yang Ingin Anda Cari

Tips Dalam Google Search Tips Pencarian Google Yang Secara Efektif Mendapatkan Apa Yang Ingin Anda Cari
Tips Dalam Google Search Tips Pencarian Google Yang Secara Efektif Mendapatkan Apa Yang Ingin Anda Cari

Jadi bagaimana Tips dalam menggunakan pencarian Google Search dengan lebih efisien dan mendapatkan hasil pencarian yang Anda inginkan dengan cepat? Berikut adalah 20 tips dan trik pencarian Google Search untuk memaksimalkan efisiensi pencarian Anda:

1. Gunakan Tab

Tips pertama adalah menggunakan tab dalam pencarian Google Search. Di atas setiap pencarian ada sejumlah tab. Biasanya Anda akan melihat Web, Gambar, Berita, dan Lainnya. Dengan menggunakan tab ini, Anda dapat membantu menentukan jenis pencarian apa yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda membutuhkan gambar, gunakan tab Gambar. Jika Anda mencari artikel berita terbaru, gunakan tab News ini dapat memotong waktu pencarian secara dramatis jika digunakan dengan benar.

2. Gunakan Tanda Kutip (” “)

Saat mencari sesuatu yang spesifik, coba gunakan tanda kutip untuk meminimalkan dugaan pencarian Google. Ketika Anda menempatkan parameter pencarian Anda dalam tanda kutip, itu memberitahu mesin pencari untuk mencari seluruh frasa.

Misalnya, jika Anda mencari Situsnya Orang Indonesia, mesin akan mencari konten yang berisi tiga kata dalam urutan apa pun.

Namun, jika Anda mencari “Situsnya Orang Indonesia”, itu akan mencari frasa itu tepat saat Anda mengetiknya. Ini dapat membantu menemukan informasi spesifik yang mungkin terkubur di bawah konten lain jika tidak diurutkan dengan benar.

3. Gunakan Tanda Hubung untuk Mengecualikan Kata-Kata

Terkadang Anda mungkin menemukan diri Anda mencari kata dengan makna yang ambigu. Contohnya adalah Mustang. Saat Anda mencari Mustang di Google, Anda dapat memperoleh hasil untuk mobil buatan Ford atau seekor Kuda. Jika Anda ingin memotong satu, gunakan tanda hubung untuk memberi tahu mesin untuk mengabaikan konten dengan yang lain. Lihat contoh di bawah ini.

Mustang-mobil

Ini memberitahu mesin pencari untuk mencari mustang tetapi untuk menghapus hasil apa pun yang memiliki kata “mobil” di dalamnya. Ini bisa sangat membantu ketika menemukan informasi tentang sesuatu tanpa mendapatkan informasi tentang sesuatu yang lain.

4. Gunakan Titik Dua (:) untuk Mencari Situs Tertentu

Mungkin ada contoh di mana Anda perlu mencari di Google artikel atau konten di situs web tertentu. Sintaksnya sangat sederhana dan kami akan menunjukkan kepada Anda di bawah ini.

Site: Sitenesia.com

Ini akan mencari semua konten tentang situs tersebut, semua hasil pencarian lainnya akan dihapus. Jika Anda perlu menemukan konten tertentu di situs tertentu, ini adalah jalan pintas yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga :  Pengertian Serial Port: Sejarah dan Fungsi Serial Port pada Komputer

5. Temukan Halaman yang Berhubung ke Halaman Lain

Tip pencarian Google ini sedikit tidak jelas. Alih-alih mencari halaman tertentu, Anda mencari halaman yang tertaut ke halaman tertentu.

Pikirkan seperti ini. Jika Anda ingin melihat siapa yang mengutip artikel New York Times di situs mereka, Anda akan menggunakan trik ini untuk menemukan semua situs yang terhubung ke sana. Sintaksnya di bawah:

Link: invitee.site

Itu akan mengembalikan semua halaman yang terhubung ke situs web resmi Invitee Site. URL di sebelah kanan bisa berupa apa saja. Namun, perlu diketahui bahwa semakin spesifik, semakin sedikit hasil yang akan Anda dapatkan. Kami tahu tidak banyak orang yang akan menggunakan trik pencarian Google Search ini, tetapi ini bisa sangat berguna bagi sebagian orang.

6. Gunakan Wildcard Asterisk

Wildcard asterisk adalah salah satu yang paling berguna dalam daftar. Begini cara kerjanya.

Saat Anda menggunakan tanda bintang dalam istilah pencarian di pencarian Google Search, itu akan meninggalkan placeholder yang mungkin secara otomatis diisi oleh mesin pencari nanti. Ini adalah cara yang brilian untuk menemukan lirik lagu jika Anda tidak tahu semua kata-katanya. Mari kita lihat sintaks:

"Blog * Teknologi * Informasi"

Bagi Anda atau saya, itu mungkin terlihat seperti omong kosong. Namun, pencarian Google akan mencari frasa tersebut dengan mengetahui bahwa tanda bintang dapat berupa kata apa saja.

Lebih sering daripada tidak, Anda akan menemukan itu adalah lirik untuk lagu The Beatles “Datang Bersama” dan itulah yang akan diceritakan oleh pencarian Anda.

7. Temukan Situs yang Mirip dengan Situs Lain

Ini adalah yang unik yang dapat digunakan oleh hampir semua orang jika mereka tahu itu ada. Katakanlah Anda memiliki situs web favorit. Itu bisa apa saja. Namun, situs web itu mulai sedikit membosankan dan Anda ingin menemukan situs web lain. Anda akan menggunakan trik ini. Di bawah ini adalah sintaks:

Related: Sitenesia.com

Jika Anda mencari di atas, Anda tidak akan menemukan tautan ke Sitenesia. Sebaliknya, Anda akan menemukan tautan ke toko online lain. Ini adalah alat pencarian Google Search yang berguna yang dapat membantu Anda menemukan situs baru untuk dijelajahi.

8. Gunakan Pencarian Google Search untuk Menghitung Matematika

Pencarian Google Search sebenarnya dapat menghitung matematika untuk Anda. Ini agak rumit untuk dijelaskan karena bisa digunakan dalam banyak cara. Anda dapat mengajukan pertanyaan mendasar atau beberapa pertanyaan yang lebih sulit.

Penting untuk dicatat bahwa itu tidak akan menyelesaikan semua masalah matematika, tetapi itu akan menyelesaikan sejumlah masalah yang baik. Berikut adalah beberapa contoh sintaks:

8 * 5 + 5
Planck's Constant

Jika Anda mencari yang pertama, ia akan kembali 45. Ini juga akan menampilkan kalkulator yang dapat Anda gunakan untuk menemukan jawaban untuk lebih banyak pertanyaan.

Ini berguna jika Anda perlu melakukan perhitungan cepat tetapi tidak ingin melakukannya di kepala Anda. Jika Anda mencari istilah kedua, itu akan mengembalikan nilai angka Konstanta Planck. Jadi itu bisa melakukan matematika, tetapi juga bisa membantu Anda memecahkan masalah matematika dengan menunjukkan nilai-nilai untuk istilah matematika yang dikenal.

9. Cari Beberapa Kata Sekaligus

Pencarian Google Search adalah fleksibel. Ia tahu Anda mungkin tidak menemukan apa yang Anda inginkan dengan mencari hanya satu kata atau frase. Dengan demikian, ini memungkinkan Anda mencari banyak.

Dengan menggunakan trik ini, Anda dapat mencari satu kata atau frasa bersama dengan kata atau frasa kedua. Ini dapat membantu mempersempit pencarian Anda untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda cari. Berikut ini sintaksnya:

"Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja" OR "Cara mempersiapkan wawancara kerja"

Dengan mencari itu, Anda akan mencari kedua frase. Ingat tips harga di atas? Ini sedang digunakan di sini juga. Dalam hal ini, dua frasa persis ini akan dicari. Itu bisa dilakukan dengan kata juga, seperti contoh di bawah ini:

coklat OR coklat putih

Ini akan mencari halaman yang memiliki cokelat putih atau cokelat putih!

10. Cari Rentang Angka

Mencari rentang angka adalah tips lain yang tidak kami harapkan banyak orang gunakan. Orang-orang yang menggunakannya mungkin akan menggunakannya sedikit.

Orang yang tertarik dengan uang atau statistik akan menemukan tip ini sangat berguna. Pada dasarnya, Anda menggunakan dua titik dan angka untuk memberi tahu Google penelusuran bahwa Anda mencari rentang angka tertentu. Seperti sintaksis di bawah ini:

Tim apa yang telah memenangkan Piala Stanley ..2004
41..43


Pada contoh pertama, pencarian akan membuang tim yang memenangkan Piala Stanley pada tahun 2004. Dua titik dengan hanya satu nomor akan memberi tahu pencarian bahwa Anda tidak memerlukan apa pun sebelum atau setelah 2004. Ini dapat membantu mempersempit pencarian ke nomor tertentu untuk meningkatkan hasil pencarian.

Baca Juga :  Cerita Inspiratif: Seorang CEO Google, Sundar Pichai dan Kisahnya

Dalam yang kedua, Google akan mencari angka 41, 42, dan 43. Mungkin ini tidak jelas, tetapi sangat berguna jika Anda perlu mencari nomor seperti ini.

11. Menyederhanakan Pencarian Google Search

Sekarang kita masuk ke tips umum. Pencarian Google tahu cara mencari banyak hal. Artinya, Anda tidak perlu terlalu spesifik. Jika Anda membutuhkan tempat pizza di dekat Anda, gunakan ini untuk mencari.

Tempat Pizza Terdekat

Pencarian Google akan mengambil lokasi Anda dan memberikan berbagai hasil tentang tempat pizza di dekat Anda.

12. Secara Bertahap Menambahkan Istilah Pencarian

Akan tiba saatnya pencarian Google tidak mengeluarkan hasil yang Anda harapkan. Dalam hal ini, menjaganya tetap sederhana mungkin bukan pilihan terbaik.

Seperti yang disarankan Google sendiri, metode terbaik adalah memulai dengan sesuatu yang sederhana kemudian secara bertahap menjadi lebih rumit. Lihat contoh di bawah ini:

  • Percobaan Pertama; Wawancara kerja
  • Percobaan Kedua; Persiapan wawancara kerja
  • Percobaan Ketiga; Bagaimana mempersiapkan wawancara kerja

Ini secara bertahap akan mempersempit pencarian untuk membawa Anda lebih sedikit, lebih banyak istilah yang ditargetkan. Alasan Anda tidak langsung dari percobaan pertama ke percobaan ketiga adalah karena Anda mungkin kehilangan apa yang Anda cari dengan melewatkan langkah kedua.

Jutaan situs web mengungkapkan informasi yang sama dalam sejumlah cara berbeda, menggunakan teknik ini memungkinkan Anda mencari sebanyak mungkin dari mereka untuk menemukan info terbaik.

13. Gunakan Kata-Kata yang Akan digunakan Situs Web

Ini sangat penting. Ketika orang menggunakan pencarian Google untuk berburu web, mereka umumnya mencari hal-hal menggunakan bahasa yang sama yang akan mereka gunakan untuk berbicara.

Sayangnya, situs web tidak mengatakan hal-hal seperti yang dilakukan orang, alih-alih, mereka mencoba menggunakan bahasa yang terdengar profesional. Mari kita lihat beberapa contohnya:

  • “Saya punya ban kempes” bisa diganti dengan “memperbaiki ban kempes.”
  • “Kepalaku sakit” bisa diganti dengan “sakit kepala.”

Daftar ini terus berlanjut. Saat mencari, coba gunakan terminologi yang akan Anda temukan di situs web profesional. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih andal.

14. Gunakan Kata-Kata yang Penting Saja

Cara pencarian Google bekerja adalah untuk mengambil apa yang Anda cari dan mencocokkannya dengan kata kunci dalam konten online.

Ketika Anda mencari terlalu banyak kata, itu dapat membatasi hasil Anda. Itu berarti mungkin sebenarnya Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan apa yang Anda cari. Jadi, sangat tepat untuk hanya menggunakan kata-kata penting ketika mencari sesuatu. Mari kita lihat sebuah contoh:

Jangan gunakan di mana saya dapat menemukan restoran Cina yang memberikan, cobalah gunakan “Restoran Cina Terdekat” atau “Restoran Cina di dekat Saya”.

Melakukan hal ini dapat membantu Google menemukan apa yang Anda butuhkan tanpa semua kekacauan. Jadi ingat, tetap sederhana dan gunakan kata-kata penting saja.

15. Pencarian Google Search Memiliki Cara Pintas

Sejumlah perintah dapat dimasukkan untuk memberi Anda hasil instan. Seperti contoh matematika di atas, Google dapat segera memberi Anda informasi yang Anda butuhkan yang ditampilkan tepat di bagian atas hasil pencarian. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga Anda tidak perlu mengklik banyak tautan yang merepotkan.

Berikut adalah beberapa contoh dari beberapa perintah yang dapat Anda masukkan ke Google:

  • Cuaca * kode pos *; Ini akan menunjukkan cuaca di kode pos yang diberikan. Anda juga dapat menggunakan nama kota dan kota alih-alih kode area, tetapi mungkin tidak seakurat jika ada beberapa kode area di kota tersebut.
  • Apa itu * nama pesohor * Bacon Number; Ini adalah si kecil yang menyenangkan yang akan memberi tahu Anda berapa banyak koneksi yang dimiliki selebriti mana pun kepada aktor terkenal Kevin Bacon. Lelucon populer, Six Degrees of Kevin Bacon, adalah bahwa tidak ada aktor yang berjarak lebih dari 6 koneksi dari Kevin Bacon. Mark Zuckerberg memiliki Bacon Number of 3.
  • Contoh matematika yang diposting di atas adalah contoh yang lain.
  • Apa definisi * kata * atau Define: * kata *; Ini akan menampilkan definisi kata.
  • Waktu * tempat *; Ini akan menampilkan waktu di tempat apa pun yang Anda ketikkan.
  • Anda dapat memeriksa stok apa pun dengan mengetikkan nama ticker-nya ke Google. Jika Anda mencari GOOG, itu akan memeriksa harga saham untuk Google.
Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Topologi Star: Ciri, Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Perintah cepat ini dapat mengambil pencarian web yang biasanya banyak klik dan memadatkannya menjadi satu pencarian. Ini sangat membantu untuk informasi yang Anda butuhkan berulang kali.

16. Ejaan tidak Selalu Berarti

Pencarian Google telah menjadi jauh lebih pintar selama bertahun-tahun. Saat ini, Anda bahkan tidak perlu mengeja kata dengan benar.

Selama cukup dekat dan mirip artinya, Google biasanya dapat mengetahui apa artinya. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Jika Anda mencari “Doa Slmt” Google akan secara otomatis menganggap Anda bermaksud mencari “Doa Selamat” Jika kebetulan kesalahan ejaan Anda disengaja, Google memberi Anda opsi untuk mencari istilah yang salah eja.

Trik ini bagus jika Anda lupa bagaimana mengeja sesuatu atau tidak sepenuhnya yakin bagaimana sesuatu itu dieja.

Ini juga dapat membantu ketika mencari kata-kata yang tidak jelas. Ini berlaku untuk kapitalisasi dan tata bahasa juga.

17. Gunakan Kata-Kata Deskriptif

Cukup banyak semuanya yang dapat dijelaskan dalam berbagai cara. Ambillah contohnya, “Life Hack” Istilah “Hack” mengacu pada seorang programmer komputer yang merusak keamanan pada jaringan atau sistem. Namun, ketika digunakan bersama dengan kata “Hidup”, kata itu mengubah makna Tips dan Trik yang dapat digunakan orang untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Jika Anda kesulitan menemukan apa yang Anda cari, ingatlah bahwa orang dapat mencari atau menentukan apa yang Anda butuhkan dengan cara yang berbeda dari yang Anda lakukan.

  • Anda dapat mencari “Bagaimana cara menginstal driver di Ubunut?”
  • Ketika Anda benar-benar bermaksud “Mengatasi masalah driver Ubuntu.”

Benar-benar tidak ada contoh spesifik yang bagus untuk ini. Jika Anda mencari sesuatu dan Anda tidak dapat menemukan jawaban, coba ajukan pertanyaan yang sama menggunakan kata-kata yang berbeda dan lihat apakah itu membantu hasilnya.

18. Menemukan File Tertentu

Fitur pencarian Google Search yang sering dilupakan adalah kemampuan untuk mencari file atau tipe file tertentu. Ini bisa sangat berguna jika Anda memerlukan file PDF atau PowerPoint tertentu yang sebelumnya Anda lihat atau perlu gunakan untuk proyek lain. Sintaksnya cukup sederhana:

Yang Anda cari * filetype: pdf

Pada contoh di atas, Anda cukup mengganti istilah pencarian dengan apa pun yang Anda cari. Kemudian gunakan perintah tipe file dan masukkan ekstensi jenis file apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Ini sebagian besar dapat berguna untuk tujuan ilmiah, tetapi presentasi bisnis dan berbagai macam presentasi lainnya dapat mengambil manfaat dari pencarian semacam ini juga.

19. Konversi Uang dan Unit

Pencarian Google Search dapat dengan cepat dan akurat mengkonversi unit pengukuran dan nilai mata uang. Ada berbagai kegunaan untuk ini, seperti memeriksa untuk melihat tingkat konversi antara dua mata uang.

Jika kebetulan Anda seorang siswa matematika, Anda dapat menggunakannya untuk mengkonversi dari Kaki ke meter atau dari ons ke liter. Inilah cara melakukannya:

  • Mil ke Km; Ini akan mengkonversi mil ke kilometer. Anda dapat meletakkan angka di depan untuk mengonversi angka tertentu. Seperti “10 mil ke km” akan menunjukkan kepada Anda berapa kilometer dalam 10 mil.
  • Rupiah ke USD; Ini akan mengkonversi Rupiah ke US Dollar. Seperti pengukuran di atas, Anda dapat menambahkan angka untuk menemukan konversi yang tepat untuk sejumlah uang tertentu.

Memang benar bahwa tip ini diarahkan untuk siswa matematika dan pebisnis internasional. Namun, Anda akan terkejut betapa seringnya kiat ini digunakan oleh orang biasa.

20. Lacak Paket Anda

Trik terakhir dari kami adalah menggunakan pencarian Google Search untuk mencari tahu di mana paket Anda. Anda dapat memasukkan nomor pelacakan UPS, USPS, atau Fedex langsung ke bilah pencarian Google Search dan itu akan menunjukkan kepada Anda informasi pelacakan tentang paket Anda.

Ini jauh lebih mudah daripada pergi ke situs tertentu, menunggu mereka memuat, lalu mencari paket Anda di sana. Tidak ada contoh yang benar-benar diperlukan untuk yang satu ini. Cukup ketikkan nomor pelacakan Anda dan lihat di mana paket Anda.

Kesimpulan

Pencarian Google Search adalah alat pencarian yang sangat kuat. Dengan menggunakan tip yang diuraikan di atas, Anda dapat menemukan apa saja dan semua yang Anda butuhkan di World Wide Web.

Apakah itu menghindari Wikipedia untuk proyek esai sekolah, menemukan harga saham terbaru, atau bahkan menemukan lirik lagu, ada cara untuk membuat pencarian Google bekerja untuk Anda.

Penutup

Itulah beberapa Tips yang dapat Kami bagikan mengenai Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam menggunakan Pencarian Google Search. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar