Teknologi dalam Keperawatan: Perkembangan, Jenis Alat serta Kelebihan dan Kekurangannya

0
Gambar Teknologi Dalam Keperawatan Perkembangan Jenis Alat Contoh Dan Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Teknologi Dalam Keperawatan Perkembangan Jenis Alat Contoh Dan Kelebihan Dan Kekurangannya

Membahas mengenai Teknologi dalam Keperawatan Seiring kemajuan teknologi, begitu pula pengaruhnya dalam layanan kesehatan. Perawat sekarang harus paham teknologi untuk menavigasi sistem charting online, memperbarui catatan kesehatan, jadwal perawatan dan banyak lagi. Beberapa hari yang lalu, informasi pasien disimpan dalam bagan yang ditulis dengan hati-hati.

Sekarang, teknologi dalam keperawatan seperti Health Information Technology telah membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menjaga agar informasi pasien dicatat dan disimpan secara efisien.

Apa itu Perawat?

Perawat adalah orang yang dilatih untuk memberikan perawatan kepada orang yang sakit atau terluka. Perawat atau Nurse bekerja dengan dan petugas perawatan kesehatan lainnya untuk membuat pasien sehat dan agar mereka bugar dan sehat. Perawat (Nurse) juga membantu dengan kebutuhan akhir hidup dan membantu anggota keluarga lainnya berduka.

Mungkin ada kelemahan sementara ketika suatu teknologi pertama kali diterapkan, tetapi ini lebih berat dari manfaat jangka panjang dari teknologi tersebut jelas Anthony Sartor, perawat terdaftar atau Registered Nurse (RN). Selain mengetahui apa itu Falsafah Keperawatan, sangat penting bahwa perawat diberikan pendidikan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi baru yang sedang diperkenalkan di tempat kerja mereka.

Perkembangan Teknologi dalam Keperawatan

Penggunaan teknologi dalam perangkat medis terus meningkat pesat dan itu menjadi pertanda baik bagi masyarakat umum. Ketika para peneliti, ilmuwan, insinyur, dan dokter terus melakukan lompatan ke depan dengan inovasi-inovasi ini, lebih banyak nyawa akan diselamatkan dan lebih banyak pasien akan menerima bantuan.

Ketika masuk dalam keperawatan, banyak kemajuan berpusat pada komunikasi dan kemampuan bagi perawat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka secara akurat dan efisien.

Teknologi akan terus mengembangkan keperawatan karena lebih banyak aplikasi di tempat kerja, baik seluler maupun desktop dan diperkenalkan untuk memungkinkan staf berkomunikasi lebih baik satu sama lain. “Selain itu, saya pikir ada tren peningkatan teknologi yang digunakan untuk memberikan pasien akses yang lebih baik ke rencana perawatan mereka dan kemampuan bagi mereka untuk berkomunikasi dengan perawat melalui media teknologi tanpa perlu interaksi tatap muka.”

Baca Juga :  Pengertian Responsive Web Design: Dasar, Prinsip dan Manfaatnya

Jenis Alat Teknologi dalam Keperawatan

Ilustrasi Gambar Teknologi Dalam Keperawatan Perkembangan Jenis Alat Contoh Dan Kelebihan Dan Kekurangannya
Ilustrasi Gambar Teknologi Dalam Keperawatan Perkembangan Jenis Alat Contoh Dan Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam membahas Teknologi dalam Keperawatan, ada Macam-macam Jenis Teknologi dalam Keperawatan. Penemuan Teknologi Keperawatan dalam pekerjaan terbagi dalam dua kategori besar yaitu, sistem informasi klinis dan lainnya serta Perangkat Medis yang Smart atau Smart Medical Device, seringkali dengan chip dan layar komputer terintegrasi. Macam-macam Jenis Teknologinya meliputi:

  • Sistem Informasi Klinis; Sistem ini menyatukan catatan pasien rumah sakit, hasil lab, data farmasi, sumber daya penelitian medis dan informasi lainnya, memberikan perawat dan pengasuh lainnya alat terintegrasi berbasis PC untuk membantu mereka memasukkan dan mengambil informasi.
  • Catatan Kesehatan Elektronik; Catatan pasien dalam format ini memberikan akses instan ke riwayat medis pasien, meningkatkan komunikasi antara perawat dan menawarkan tanda dan peringatan untuk mencegah konflik mengenai resep dan tes.
  • Sistem Pengambilan dan Pengiriman Obat; Sistem ini menggunakan beberapa teknologi, termasuk kode batang dan mesin pengeluaran otomatis, untuk memastikan pasien menerima obat dan dosis yang benar.
  • Komputer Tablet, Wall-Mounted PCs dan Mobile Carts; Alat berbasis komputer ini memungkinkan perawat untuk masuk dan mengambil informasi yang disimpan dalam sistem informasi fasilitas tanpa meninggalkan sisi tempat tidur. Sistem dapat beroperasi secara nirkabel dan terhubung ke database yang berisi pedoman perawatan dan sumber daya klinis lainnya.
  • Perangkat Medis; Perangkat seperti sistem pengiriman infus dan ventilator sering memiliki “otak yang tertanam di dalamnya,” kata Joyce Ramsey-Coleman, wakil presiden layanan perawatan dan perawatan pasien di Children’s Healthcare of Atlanta. Prosessor Elektronik ini membantu perawat dengan mengatasi masalah dan membantu menghindari kesalahan.
  • Asisten Digital Pribadi; Personal Digital Assistants (PDA) dengan perangkat lunak tambahan dapat membantu perawat dalam meneliti kondisi dan memeriksa dosis obat.
Baca Juga :  Pengertian SOAP (Web Service) Adalah: Bagian dan API dari SOAP

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Keperawatan

Berdasarkan penjelasan pengertian Perawat dan Teknologi dalam Keperawatan di atas, adapun Kelebihan dan Kekurangan Teknologi dalam Keperawatan adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan Teknologi dalam Keperawatan

Kami melihat manfaat utama teknologi dalam keperawatan sebagai upaya meningkatkan perawatan pasien, baik dalam hal seberapa optimal dan efisien perawatan yang diberikan. Menurut ahli Keperawatan. Mereka menemukan bahwa banyak teknologi yang sedang diterapkan untuk meningkatkan komunikasi perawat dengan perawat, dokter, dan pasien lainnya.”

Secara umum, Teknologi digunakan untuk membuat hidup lebih mudah, dan itu membuat perbedaan besar dalam bagaimana perawat melakukan pekerjaan mereka. Personel medis sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat ketika ada keadaan darurat, dan tidak ada risiko kehilangan atau kerusakan file karena tulisan tangan yang buruk atau bahan yang tumpah.

Tugas terakhir bagi seorang perawat adalah membantu orang dan menyelamatkan hidup. Dengan kemajuan teknologi membuat pekerjaan mereka lebih mudah dan memajukan perawatan untuk pasien, jumlah perawat yang dapat membantu cenderung meningkat.

Perawat dapat memberikan pengalaman pasien yang lebih besar dan berkontribusi pada hasil perawatan kesehatan yang lebih baik. Teknologi dapat mengotomatiskan elemen pengalaman pasien yang lebih rutin atau lebih bernilai tambah, membantu perawat meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan secara signifikan.

2. Kekurangan Teknologi dalam Keperawatan

Sementara Teknologi tentu saja membantu dengan komunikasi dan memacu efisiensi lainnya, mungkin ada kurva pembelajaran ketika teknologi baru diimplementasikan. Kelemahan yang ada adalah kurangnya kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, kata seorang Perawat Ahli.

Misalnya, ketika membuat grafik secara elektronik, sangat penting bahwa aplikasi menyediakan opsi yang cukup untuk memungkinkan perawat menyampaikan informasi mereka dengan benar. Banyak rekan kerja dari Perawat Ahli menjadi frustrasi karena mereka tidak dapat mengekspresikan diri mereka sendiri dan mengomunikasikan informasi pasien dengan benar pada aplikasi.

Baca Juga :  Pengertian WWW (World Wide Web): Fungsi, Contoh dan Sejarahnya Lengkap

Ada juga beberapa risiko privasi yang menyertai kemajuan ini. Orang yang sedang mengembangkan Teknologi ini, dan kadang-kadang, orang yang salah dapat memperoleh informasi penting dan bisa ada pelanggaran dalam kerahasiaan pasien.

“Teknologi memungkinkan penyimpanan data pasien dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata seorang Perawat. Sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan Data ini disimpan dengan aman dan bahwa basis data tidak dapat disusupi secara ilegal.”

Pertimbangan penting lainnya dalam hal keperawatan dan teknologi adalah bagaimana hal itu memengaruhi interaksi dengan pasien.

Contoh Perubahan Terbaru dari Teknologi dalam Keperawatan

Salah satu perubahan teknologi terbesar yang muncul di bidang keperawatan adalah grafik elektronik. Alih-alih mengisi grafik dengan pena dan kertas, sebagian besar perawat sekarang diminta untuk meninjau informasi dan mengisi grafik secara online. Banyak pasien sekarang juga dapat mengakses catatan medis mereka sendiri dan hasil tes melalui portal pasien online ini. Ini membantu dalam menutup kesenjangan komunikasi dan memberikan informasi kepada pasien dengan cepat dan efisien.

Pembaruan lainnyatermasuk pager atau ponsel dan Smartphone untuk meningkatkan komunikasi antara perawat, dokter dan pasien, penandaan GPS dan pelacakan peralatan medis, perangkat diagnostik yang ditingkatkan, sistem alarm yang lebih cerdas dan perangkat pengangkat yang memungkinkan perawat mengangkat pasien tanpa melukai diri mereka sendiri.

Kesimpulan

Dunia Keperawatan memang menarik. Kemajuan teknologi di bidang Keperawatan pasti akan membuat Anda bersemangat untuk memulai ataupun melanjutkan Karir Anda sebagai seorang Perawat.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Teknologi dalam Keperawatan, Perkembangan, Jenis Alat serta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar