Ini Dia 4 Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip!

0
Gambar Dari Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze Yang Sejenis Dan Mirip
Gambar Dari Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze Yang Sejenis Dan Mirip

Apa Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip Seperti Aplikasi Deep Freeze Gratis untuk Komputer? Betul, untuk tempat-tempat seperti bar dan sekolah maupun warnet, penjaganya cenderung menggunakan Deep Freeze untuk mengelola dan memelihara komputer agar tetap terkendali dan mencegah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan.

Namun, biasanya jika kita terlalu mengandalkan hanya pada satu jenis Software atau Perangkat Lunak, tidak akan pernah selalu menjadi hal yang baik. Khusus untuk Harga Deep Freeze sendiri, sekarang jauh lebih mahal dari sebelumnya, jika kalian para pengguna ingin menemukan beberapa Alternatif Deep Freeze Gratis untuk membantu mengatasi masalah Anda, yang kalian butuhkan adalah agar dapat menemukan cara yang dapat memungkinkan komputer melakukan Reset setelah Restart. Dalam postingan kali ini Kami akan memperkenalkan Anda 3 Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip Gratis yang terbaik. Mari simak ulasannya berikut.

Apa Itu Deep Freeze?

Untuk kalian yang belum tahu dan mungkin masih belum pernah menggunakan Software Deep Freeze, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip, merupakan hal yang bijak bagi Kami untuk memperkenalkan kepada Anda terlebih dahulu terkait apa itu Deep Freeze.

Software atau Aplikasi Deep Freeze by Faronics adalah aplikasi perangkat lunak yang tersedia untuk Microsoft Windows, dan sistem operasi macOS yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti yang sering dikenal dengan File System dan file konfigurasi pada workstation atau server dengan mengembalikan Komputer kembali ke konfigurasi yang telah disimpan, setiap kali komputer dihidupkan ulang. Deep Freeze juga dikenal sebagai Reboot to Restore Software.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Server: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi dan Jenis-Jenis Server

4 Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip Gratis untuk Komputer

Gambar Aplikasi Deep Freeze Ini Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze Yang Sejenis Dan Mirip
Gambar Aplikasi Deep Freeze Ini Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze Yang Sejenis Dan Mirip

Selain dari apa yang Kami sebutkan di atas tentang apa itu Deep Freeze, Deep Freeze juga dapat melindungi komputer dari malware berbahaya, karena secara otomatis dia menghapus atau lebih tepatnya, tidak lagi “melihat” File yang diunduh ketika komputer dihidupkan ulang.

Keuntungan menggunakan Deep Freeze adalah menggunakan sumber daya sistem yang sangat sedikit atau Low Resource Consumption, oleh karena itulah Deep Freeze tidak akan memperlambat kinerja komputer. Kekurangannya adalah karena tidak memberikan perlindungan waktu nyata atau Real-Time, maka dari itu komputer yang terinfeksi harus dihidupkan ulang untuk menghapus malware. Baiklah, langsung saja di bawah ini adalah Software Alternatif Aplikasi Deep Freeze yang dapat Anda gunakan.

1. Reboot Restore Rx

Gambar Software Reboot Restore Rx
Gambar Software Reboot Restore Rx

Dari namanya tersebut kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi bahwa, Software atau Perangkat lunak Reboot Restore Rx ini dirancang untuk mengatasi lingkungan komputasi akses publik, setiap kali Anda me-reboot komputer Anda, Reboot Restore Rx akan secara otomatis mengatur ulang komputer Anda ke pengaturan baseline yang telah ditentukan.

Saat menggunakan Reboot Restore Rx, yang perlu Anda lakukan adalah memilih File System yang ingin Anda lindungi, ikuti langkah-langkahnya, dan reboot komputer Anda. Sebagai aplikasi Gratis atau Freeware, Reboot Restore Rx benar-benar bekerja dengan cukup baik, Aplikasi ini dapat menghemat banyak waktu yang kalian butuhkan untuk pemeliharaan Komputer. Dan juga, jika Anda menginginkan lebih banyak fungsi, Reboot Restore Rx juga memiliki versi Pro yang berisi lebih banyak fungsi yang berguna dan bermanfaat yang mungkin Anda perlukan.

2. ToolWiz Time Freeze

Gambar Software ToolWiz Time Freeze
Gambar Software ToolWiz Time Freeze

ToolWiz Time Freeze adalah salah satu yang paling mudah untuk diatur dan termudah untuk menggunakan program snapshot. Sayangnya, sepertinya pengembangan telah melambat atau telah berhenti karena pada saat Kami menggunakannya, pembaruan terakhir lebih dari dua tahun yang lalu. Satu hal yang baik tentang ToolWiz Time Freeze adalah itu sepenuhnya gratis dan tidak dibatasi untuk penggunaan pribadi dan komersial.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Protokol Jaringan: Sejarah, Cara Kerja dan Jenisnya

Fitur yang sangat berguna yang ada pasa Software ini adalah opsi untuk mengecualikan file dan folder tertentu saat pembekuan atau proses Freeze aktif. Perubahan pada apa pun yang tercantum dalam daftar pengecualian atau file baru pada di folder yang dikecualikan akan bertahan setelah Time Freeze dimatikan dan dilakukan sistem reboot. Selain daripada itu Time Freeze juga memiliki opsi baris perintah atau Command Line dengan kemampuan untuk Install, Uninstall, Freeze dan Unfreeze serta secara otomatis mengaktifkan proses Freezing.

3. Rollback Rx

Gambar Software Roll Back Rx Gratis
Gambar Software Roll Back Rx Gratis

Yang ke-3 (Tiga) yaitu adalah Rollback Rx, Software ini dibuat oleh perusahaan yang sama dengan Reboot Restore Rx, dan Anda mungkin melihat perbedaannya. Aplikasi Rollback Rx ini entah bagaimana, dia bekerja seperti mesin waktu dan dapat membantu membuat Komputer kembali ke titik sebelumnya dalam hitungan detik.

Cara kerja Rollback Rx didasarkan pada keterampilan dan kemampuan snapshot instan, Anda dapat membuat snapshot sistem lengkap tanpa me-restart komputer Anda. Setelah komputer Anda mengalami kesalahan, Anda dapat memilih salah satu snapshot dan mengatur ulang komputer ke Data sebelumnya. Anda harus tahu bahwa, versi gratis ini hanya menyediakan hingga 7 Snapshot. Gunakan semaksimal mungkin dan ingat catatan kondisi komputer terbaik Anda.

4. AOMEI OneKey Recovery

Gambar Software AOMEI OneKey Recovery Free
Gambar Software AOMEI OneKey Recovery Free

Yang terakhir yaitu adalah AOMEI OneKey Recovery. OneKey Recovery ini sedikit berbeda dengan alat-alat lain di sini karena tidak menyimpan dan kemudian membuang perubahan sistem saat reboot. AOMEI OneKey Recovery ini lebih kepada pemulihan sistem cadangan tunggal yang dapat dikembalikan dalam beberapa klik saat boot. Metode ini jelas lebih lambat karena harus membuat cadangan penuh awal drive sistem, kemudian seluruh drive dipulihkan selama proses pemulihan. Semakin banyak data pada Drive C Anda, semakin lama kedua proses akan berlangsung. Namun tetap, Software ini dapat Anda gunakan sebagai pengganti Deep Freeze Gratis.

Kesimpulan

Di atas adalah semua jenis Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip yang dapat membantu Anda memulihkan komputer setelah Reboot dan sebagai Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip Gratis untuk Komputer Anda.

Baca Juga :  Pengertian RTC (Real-Time Clock): Apa Itu RTC, Fungsi dan Manfaatnya pada Motherboard

Pemulihan lain yang sangat menurut Kami sangat bagus untuk Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip Gratis yaitu adalah Shadow Defender. Sayangnya tidak ada versi gratis dari perangkat lunak tersebut dan harganya $35 atau sekitar Rp. 400.000 Rupiah lebih. Namun, patut diperhatikan karena Aplikasi Shadow Defender kadang-kadang ditawarkan secara gratis di Blog dan Website lain. Ambil aplikasi jika Anda melihatnya sedang dibagikan dan berhati-hatilah dalam menggunakannya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas mengenai 4 Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip serta Gratis untuk Anda gunakan pada Komputer Anda. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar