Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit: Kelebihan dan Kekurangan OS dan Process

0
Ilustrasi Gambar Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-bit Pada Processor (Prosesor) Atau OSnya
Ilustrasi Gambar Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-bit Pada Processor (Prosesor) Atau OSnya

Membahas mengenai apa Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit baik itu pada Processor (Prosesor) dan OSnya, kedua kategori tersebut merupakan jenis versi yang berbeda pada Sistem Operasi Windows. Kita semua tahu bahwa, Windows merupakan Sistem Operasi yang paling banyak peminatnya baik itu di kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan sampai para pekerja pun banyak yang menggunakan Komputer atau Laptop dalam kegiatan sehari-hari mereka yang memiliki Sistem Operasi Windows, baik itu Windows 10, Windows 8 maupun Windows 7

Terlepas dari Windows, sama halnya dengan Sistem operasi tersebut, ada 2 (dua) kategori juga pada Processor (Prosesor) Komputer. Kedua kategori utama Processor adalah 32-bit dan 64-bit. Jenis prosesor yang dimiliki Komputer tidak hanya memengaruhi kinerja secara keseluruhan, tetapi juga dapat menentukan jenis Software (Perangkat Lunak) yang digunakannya.

Apa itu Processor (Prosesor) 32-bit?

Prosesor 32-bit adalah Prosesor utama yang digunakan di semua komputer sampai awal 1990-an. Prosesor Intel Pentium dan prosesor AMD awalnya adalah 32-bit, yang berarti sistem operasi dan perangkat lunak bekerja dengan unit data yang memiliki lebar 32 bit. Windows 95, 98, dan XP merupakan sistem operasi 32-bit.

Perlu diketahui bahwa, komputer dengan Processor (Prosesor) 32-bit tidak dapat menginstall Windows versi 64-bit dari sistem operasi. Mereka hanya dapat memiliki versi 32-bit dari sistem operasi yang diinstal.

Apa itu Processor (Prosesor) 64-bit?

Processor (Prosesor) 64-bit adalah salah satu jenis Processor atau Processor yang digunakan dalam Komputer. Pada awalnya Komputer 64-bit berasal pada tahun 1961 ketika IBM menciptakan superkomputer IBM 7030 Stretch. Namun, komputer itu tidak digunakan untuk penggunaan di rumah sampai awal tahun 2000-an. Microsoft merilis versi 64-bit Windows XP untuk digunakan pada Komputer dengan prosesor 64-bit. Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 juga hadir dalam versi 64-bit.

Komputer dengan prosesor 64-bit dapat menginstal sistem operasi versi 64-bit atau 32-bit. Namun, dengan sistem operasi 32-bit, prosesor 64-bit tidak akan berjalan dengan kemampuan penuh. Pada komputer dengan Processor (Prosesor) 64-bit, Anda tidak dapat menjalankan program lawas 16-bit.

Baca Juga :  Pengertian HTTP dan HTTPS: Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaannya Lengkap

Selain itu, walaupun banyak Aplikasi dan Program 32-bit yang akan bekerja dan dapat digunakan dengan prosesor 64-bit dan sistem operasi, tetapi beberapa program 32-bit yang lebih lama mungkin tidak berfungsi dengan baik, atau sama sekali, karena keterbatasan atau tidak ada kompatibilitas.

Apa itu Bit?

Ilustrasi Gambar Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-bit Processor (Prosesor) Dalam Komputer
Ilustrasi Gambar Perbedaan Windows 32-bit Dan 64-bit Processor (Prosesor) Dalam Komputer

Bit adalah singkatan dari Binary digit yang berarti digit biner. Bit atau Binary Digit adalah unit kesatuan komputer dalam komputasi digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan Data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner. Sedangkan Jumlah itu sendiri adalah satuan yang digunakan untuk menunjukan ukuran data dalam processor yang di alirkan dari Registry Database.

Dalam 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi, yaitu nilai dan nilai 1, artinya dalam Sistem operasi windows yang berbasis 32-bit mampu untuk menampung hingga 64 nilai komputasi, sedangkan windows yang berbasi 64-bit berarti dapat menampung 256 nilai komputasi.

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Processor (Prosesor)

Hardware dan software 32-bit sering disebut sebagai x86 atau x86-32. Sedangkan Perangkat keras dan perangkat lunak 64-bit sering disebut sebagai x64 atau x86-64. Sistem 32-bit memanfaatkan Data dalam keping 32-bit sedangkan sistem 64-bit memanfaatkan data dalam keping 64-bit. Secara umum, semakin banyak data yang dapat diproses sekaligus, semakin cepat sistem dapat beroperasi. Berikut adalah uraian lengkap dari apa perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Processor (Prosesor).

1. Kecepatan Kalkulasi atau Calculation

Perbedaan besar antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah perhitungan per detik yang dapat mereka lakukan, yang mempengaruhi kecepatan di mana mereka dapat menyelesaikan tugas lebih cepat. Prosesor 64-bit dapat datang dalam versi dual-core, quad-core, enam-core, dan delapan-core untuk komputasi rumah. Multiple core memungkinkan peningkatan jumlah perhitungan per detik yang dapat dilakukan, yang dapat meningkatkan daya pemrosesan dan membantu membuat komputer berjalan lebih cepat.

Program perangkat lunak yang membutuhkan banyak perhitungan agar berfungsi dengan lancar dapat beroperasi lebih cepat dan lebih efisien pada prosesor multi-core 64-bit, untuk sebagian besar. Dalam proses kalkulasinya, akan Kami terangkan sebagai berikut:

32-bit dapat mengakses 232 Alamat Memori

misalnya 4 GB RAM atau memori fisik

64-bit dapat mengakses 264 alamat memori

yaitu sebenarnya 18-Quintillion GB RAM. Singkatnya, jumlah memori yang lebih besar dari 4 GB dapat dengan mudah ditangani.

2. Jumlah RAM

Jumlah RAM merupakan perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit. Perbedaan besar lainnya antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah maksimum memori (RAM) yang didukung. Komputer 32-bit mendukung maksimum 4 GB (232 byte) memori, sedangkan CPU 64-bit dapat mengatasi maksimum teoritis 18 EB (264 byte). Namun, batas praktis CPU 64-bit (pada 2018) adalah 8 TB RAM yang dapat dialamatkan.

Baca Juga :  Deep Web dan Dark Net: Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya Lengkap

Jumlah RAM yang tinggi sangat berguna untuk perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis, teknik, dan pengeditan video karena program ini harus melakukan banyak perhitungan untuk membuat gambar mereka. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa program grafis dan permainan 3D tidak mendapat banyak manfaat, jika sama sekali, dari beralih ke komputer 64-bit, kecuali jika programnya adalah program 64-bit. Prosesor 32-bit memadai untuk program apa pun yang ditulis untuk prosesor 32-bit. Dalam hal permainan komputer, Anda akan mendapatkan lebih banyak kinerja dengan meningkatkan kartu video alih-alih mendapatkan prosesor 64-bit.

3. Kompatibilitas Software (Perangkat Lunak)

Kompatibilitas juga menjadi perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit. Ketika Anda menginstall sebuah perangkat lunak, hal itu bervariasi menurut vendor apakah Anda harus mendapatkan versi 32-bit atau 64-bit. Beberapa pengembang hanya menyediakan versi 32-bit, terkadang pengembang juga membiarkan Anda memilih, dan yang lain secara otomatis menginstal versi yang tepat untuk Anda.

Jika Anda menjalankan versi Windows 64-bit, Anda harus menginstal versi perangkat lunak 64-bit sebisa Anda. Tapi jangan khawatir jika vendor tidak menawarkan versi 64-bit, karena edisi 32-bit juga akan berfungsi dengan baik. Program versi 64-bit mungkin tidak akan membuat Anda terkejut dengan peningkatan kecepatan yang mereka miliki. Karena, mereka mengambil keuntungan dari arsitektur Processor (Prosesor) 64-bit dan dapat memanfaatkan lebih dari 4GB jumlah RAM sekaligus. Dengan demikian mereka seringkali lebih stabil dan efisien daripada rekan 32-bit mereka.

Perhatikan link seperti Versi atau Edisi pada halaman unduhan vendor ketika Anda sedang men-Download Aplikasi untuk melihat apakah mereka menawarkan versi 64-bit. Karena perangkat lunak 32-bit bekerja pada setiap sistem, maka dapat versi tersebut dapat dikatakan sebagai Default untuk beberapa vendor. Tentu saja, jika Anda menggunakan sistem 32-bit, hanya perangkat lunak 32-bit yang akan bekerja untuk Anda.

4. Kemampuan Memproses Data

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit berikutnya adalah dalam kemampuan proses data. Dikarenakan berbedanya Arsitektur Processor (Prosesor) menyebahkan perbedaan dalam kemampuan proses datanya. Program versi 64-bit mungkin tidak akan membuat Anda terkejut dengan peningkatan kecepatan dalam memproses data. Mereka seringkali lebih stabil dan efisien daripada rekan 32-bit mereka.

5. Penggunaan Daya

Sebenarnya, terkait masalah Penggunaan Daya Windows 32-bit dan 64-bit Processor (Prosesor), Saya pribadi akan mengatakan Tidak. Tetapi jawabannya tergantung pada seberapa efisien penggunaan daya prosesor Anda.

Baca Juga :  Google Lakukan BAN Developer Play Store dengan 1/2 Miliar Download!

Sederhananya, baik 32-bit dan 64-bit mengkonsumsi daya yang sama ketika berjalan pada prosesor 64 bit-karena 32 -bit tidak sepenuhnya memanfaatkan memori yang dapat dialamatkan dan meninggalkan sebagian besar 32-bit dalam file register. Namun secara umum, melihat pemakaian versi 64-bit dalam memori RAM dan penggunaanya tentu penggunaan Processor (Prosesor) 64-bit lebih besar.

Kelebihan dan kekurangan Windows 32-bit dan 64-bit

Mengacu pada penjelasan tentang perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit dan Processor (Prosesor) 32-bit dan 64-bit di atas, berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan dari Windows 32-bit dan 64-bit:

1. Windows 32-bit

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Windows versi 32-bit:

a. Kelebihan Windows 32-bit

  • Lebih kompatibel dengan Hardware yang jadul dan cocok untuk digunakan oleh laptop atau komputer lawas
  • Dapat bekerja optimal walau hanya dengan RAM 1GB hingga 2GB
  • Lebih banyak dan umum digunakan dikalangan Masyarakat

b. Kekurangan Windows 32-bit

  • Tidak dapat membaca dan menggunakan RAM yang lebih dari 4GB
  • Software yang baru keluar sekarang tidak terlalu kompatibel dengan Windows 32-bit
  • Tidak dapat bekerja dengan Aplikasi berat, misalnya seperti Adobe After Effects
  • Tidak cocok digunakan untuk pekerjaan Multi-tasking

2. Windows 64-bit

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Windows versi 64-bit:

a. Kelebihan Windows 64-bit

  • Bagus dan cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan berat atau Gaming
  • Dapat menjalankan Software 32-bit dan 64-bit keduanya
  • Lebih cepat dan efisien dalam Proses Data
  • Dapat menggunakan dan menampung kapasitas RAM hingga 192GB
  • Cocok digunakan untuk pekerjaan Multi-tasking

b. Kekurangan Windows 64-bit

  • Tidak terlalu cocok untuk digunakan oleh Laptop atau Komputer jadul
  • Daya yang digunakan oleh windows 64-bit lebih besar daripada 32-bit

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai apa itu Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Processor (Prosesor) serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan secara sederhana, perbedaannya utamanya yaitu adalah arsitektur permenjadi semakin umum di komputer dalam penggunaan rumahan. Sebagian besar produsen membangun komputer dengan prosesor 64-bit karena harga lebih murah dan karena lebih banyak pengguna sekarang menggunakan sistem dan program operasi 64-bit. Penjual komponen komputer menawarkan lebih sedikit dan perangkat yang mendukung prosesor 32-bit dan segera mungkin tidak menawarkan sama sekali.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Processor (Prosesor) serta Kelebihan dan Kekurangan Windows 32-bit dan 64-bit. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar