Mengenal Apa Itu Pengertian Template (Templat): Jenis dan Macam serta Contohnya

0
Gambar Contoh Template Dalam Pengertian Template Design Atau Desain Template Jenis Template Dan Contoh Tempalte
Gambar Contoh Template Dalam Pengertian Template Design Atau Desain Template Jenis Template Dan Contoh Tempalte

Sebenarnya, apa itu pengertian Template? Template adalah file yang dibuat dengan tata letak keseluruhan atau cetak biru dengan format yang akan digunakan untuk sekelompok dokumen atau dokumen generik. Misalnya, suatu program mungkin memiliki Template untuk resume. Dengan Template resume, tata letak keseluruhan dirancang dengan teks placeholder misalnya, tujuan Anda, pengalaman kerja sebelumnya, dan lain sebagainya yang dapat Anda ganti dengan informasi yang relevan dengan Anda.

Template juga disebut dengan Template Design (Desain Templat). Suatu program dapat datang dengan templat yang telah dirancang sebelumnya dengan kemampuan Template yang akan dibuat oleh pengguna. Saat membuat Template khusus untuk disimpan dan digunakan kembali atau dibagikan, itu mungkin berisi font tema, tata letak, warna tema, efek tema, gaya latar belakang dan bahkan konten. Template Design memiliki desain yang bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda buat tetapi harus berbagi tema dan pola yang sama di seluruh pekerjaan yang Anda selesaikan). Template Design (Desain Templat) untuk halaman galeri foto akan berbeda dengan tata letak untuk halaman beranda, yang pada gilirannya, akan berbeda dari halaman kontak.

Pengertian Template (Templat)

Template (Templat) adalah File yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah Dokumen baru. Ketika Anda membuka templat, sudah dipformat sebelumnya dengan beberapa cara. Misalnya, Anda dapat menggunakan templat di Microsoft Word yang diformat sebagai surat bisnis. Template atau Templat ini biasanya memiliki ruang untuk nama dan alamat Anda di sudut kiri atas, area untuk alamat penerima sedikit di bawah yang di situs kiri, area untuk badan pesan di bawah itu, dan tempat untuk tanda tangan Anda di bawah berdasarkan simpulan yang Kami ambil di Situs Techterms.

Baca Juga :  Pengertian CPL (Cost Per Lead): Fungsi, Manfaat dan Cara Menghitungnya

Saat Anda menyimpan file yang dibuat dengan template, Anda biasanya diminta untuk menyimpan salinan file, sehingga Anda tidak menyimpan di atas (menimpa) template yang telah dibuatkan. Template dapat datang dengan program atau dibuat oleh pengguna. Sebagian besar program utama mendukung Template (Templat), jadi jika Anda berulang kali membuat dokumen serupa, mungkin ide yang baik untuk menyimpan salah satunya sebagai templat. Maka Anda tidak perlu memformat dokumen Anda setiap kali ingin membuat yang baru. Cukup buka templatnya dan mulai dari sana.

Jenis dan Macam-Macam Template

Ilustrasi Gambar Pengertian Template Design Atau Desain Template Jenis Template Dan Contoh Tempalte
Ilustrasi Gambar Pengertian Template Design Atau Desain Template Jenis Template Dan Contoh Tempalte

Berdasarkan dari penjelasan apa itu pengertian Template (Templat) di atas, Template akan membuat sesuatu yang baru sesuai keinginan penggunanya. Adapun beberapa Jenis dan Macam-Macam Template adalah sebagai berikut:

1. Template dalam Pemrograman

Adalah kelas generik (umum) atau unit kode sumber lain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk unit kode unik. Misalnya dalam bahasa pemrograman C++, bahasa komputasi berorientasi objek, ada Perpustakaan Templat Standar dari mana pemrogram dapat memilih masing-masing kelas templat untuk dimodifikasi. Microsoft Foundation Class Library (MFCL) juga merupakan salah satu contohnya.

2. Template dalam Aplikasi Spreadsheet dan Database

Templat berbentuk formulir kosong yang menunjukkan bidang mana yang ada, lokasi mereka, dan berapa panjangnya.

3. Tempale dalam Aplikasi Pengolah Kata

Beberapa aplikasi pengolah kata, templat digunakan sebagai pengganti Style sheet.

4. Template DOS

DOS menggunakan templat istilah untuk berarti buffer perintah.

5. Template Keyboard

Biasanya berupa Diagram plastik atau kertas yang dapat Anda letakkan di keyboard untuk menunjukkan arti dari berbagai tombol untuk program tertentu.

Contoh Template (Templat)

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian Template (Templat) di atas, Template merupakan formulir, cetakan, atau pola yang digunakan sebagai panduan untuk membuat sesuatu. Adapun macam-macam contoh Template adalah sebagai berikut:

  • Ruler (Penggaris); Adalah templat ketika digunakan untuk menggambar garis lurus.
  • Standard Cover dan Belakang Dokumen; Di mana bagian pembukaan dan penutupan standar sudah diisi adalah templat yang dapat Anda salin dan kemudian isi bagian variabel.
  • Overlay Keyboard Komputer; Memberi tahu Anda kombinasi tombol khusus untuk aplikasi tertentu adalah templat untuk memilih tombol yang tepat untuk ditekan.
  • Template flowcharting (tidak banyak digunakan sekarang); Membantu programmer menggambar diagram alur atau urutan logika dalam persiapan untuk menulis kode.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Server: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi dan Jenis-Jenis Server

Microsoft PowerPoint memiliki template desain yang membantu menyediakan organisasi yang kohesif dan visual untuk presentasi Anda. Setiap slide mungkin memiliki tata letak dan grafik yang berbeda, tetapi tampilan keseluruhan memiliki kontinuitas. Ada Template (Templat) yang tersedia untuk semua program Microsoft Office dan program lainnya, seperti Adobe InDesign, Google Docs, dan program Office dan Desain lainnya, masing-masing dengan opsi yang serupa.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai pengertian Template (Templat) di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Template adalah alat untuk menegakkan tata letak standar dan tampilan dan nuansanya untuk digunakan membuat sesuatu yang baru. Ketika Anda mengubah templat, halaman atau wilayah apa pun yang didasarkan pada Template (Templat) itu juga diubah secara otomatis. Template menyediakan kontrol standardisasi tambahan, tergantung pada jenis yang Anda gunakan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali yang membahas tentang apa itu pengertian Template (Templat), Jenis dan Macam Template dan Contoh Template (Templat) beserta pembahasannya secara lengkap. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar