Pengertian Technopreneur: Apa itu Technopreneurship dan Contohnya?

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Technopreneur Dan Contohnya Serta Apa Itu Technopreneurship
Ilustrasi Gambar Pengertian Technopreneur Dan Contohnya Serta Apa Itu Technopreneurship

Pengertian Technopreneur (Teknopreneur) Adalah

Apa itu Technopreneur (Teknopreneur)? Dalam generasi ini, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat adalah Teknologi. Segala sesuatu yang ada di Bumi harus mengatasi perubahan yang diciptakan oleh faktor perubahan bentuk ini, bahkan bisnis. Apakah mereka melihat perkembangan ini sebagai tantangan untuk dilampaui atau sebagai peluang untuk memperluas usaha mereka, mereka tidak bisa menghilangkan fakta bahwa mereka harus mengikuti trennya.

Pengertian Technopreneur (Teknopreneur) adalah seorang Enterpreneur yang ada (berada pada) bidang Teknologi. Berdasarkan pembentukan kata, technopreneur merupakan penggabungan dari dua kata yaitu Technology dan Enterpreneur atau Entrepeneur dan Teknologi, artinya memiliki makna tentang bagaimana cara pemanfaatan Teknologi yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha.

Karena Entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang/badan usaha/perusahaan yang mengelola sebuah usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko untuk mencapai keuntungan dan juga pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada dan Teknologi di masa sekarang menjadi salah satu peluang yang ada.

Definisi Technopreneur (Teknopreneur) dan Simpulannya

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa technopreneur itu adalah seorang Entrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada sebagai dasar pengembangan usaha yang dia jalankan atau bisa di bilang Technopreneur ini adalah Entrepreneur modern yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya.

Contoh dan Karakteristik Technopreneur

Berdasarkan pengertian Technopreneur di atas yang merupakan pengelolaan usaha dengan menggunakan basis teknologi. Jika yang sedang Anda bayangkan adalah perusahaan besar seperti perusahaan pengelola Apple, Twitter, Google, perusahaan pembuat Smartphone, dan lain sebagainya. Hal tersebut adalah benar, tetapi tidak selamanya technopreneur itu merupakan usaha dengan jenis yang disebutkan di atas, melainkan semua jenis usaha yang mana sebelumnya hanya dikembangkan dalam dan menggunakan cara tradisional yang beralih pada usaha yang menggabungkannya dengan Teknologi, seperti perusahaan meubel yang beralih atau meningkatkan pengelolaan usahanya dengan menggunakan mesin yang lebih canggih yang memiliki Teknologi.

Baca Juga :  Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer): Sejarah, Fitur Dasar dan Manfaatnya

Dan juga, yang sebelumnya memasarkan dengan menggunakan cara yang tradisional misalnya Door to Door (Pintu ke Pintu) atau Mouth to Mouth (Mulut ke Mulut) beralih dengan menggunakan sistem online marketing yang pada dasarnya menggunakan Teknologi dari komputer dan jaringan Internet, serta menciptakan sebuah inovasi baru dengan menggunakan teknologi yang terbaru dan lain sebagainya. Sehingga dapat kita katakan bahwa semua orang bisa menjadi Technopreneur karena tidak sesulit yang terliat dari namanya itu sendiri karena tergantung dari bagaimana keinginan masing-masing untuk belajar dan kemudian mengembangkan kemampuan diri terutama dalam hal ini (Teknologi) yang selanjutnya digabungkan dengan peluang usaha untuk menjadikan usaha tersebut menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Apa Itu Pengertian Technopreneurship

Gambar Pengertian Technopreneur Dan Contohnya Serta Apa Itu Technopreneurship
Gambar Pengertian Technopreneur Dan Contohnya Serta Apa Itu Technopreneurship

Setelah mengetahui pengertian Technopreneur di atas, ada juga pengertian Technopreneurship. Ya, jelas, istilah technopreneurship diciptakan dari kata Technology dan Enterpreneur atau “teknologi” dan “kewirausahaan”. Ini pertama kali digunakan pada tahun 1987 tetapi mendapatkan popularitas karena penggunaan internet yang luas selama milenium kedua. Ada berbagai definisi kata itu, tergantung pada individu yang memberi makna padanya. Dari definisi yang paling teknis hingga yang paling sentimental dan bahkan yang paling aneh dari istilah ini, Anda memiliki semuanya.

Technopreneurship dapat didefinisikan sebagai aksi untuk mengubah sesuatu menjadi sumber daya nilai tinggi dengan mengonversi ide yang baik ke ventilasi bisnis yang mengandalkan Heavily pada Aplikasi pengetahuan manusia untuk tujuan praktis.

Contoh Technopreneurship

Beberapa orang mungkin hanya menggambarkan kata itu dengan hanya menyebutkan nama-nama orang terkenal seperti Steve Jobs dari Apple Inc., Sergey Brin dan Larry Page dari Google, Bill Gates dari Microsoft, Mark Zuckerberg dari Facebook dan para Technopreneur (Teknopreneur) terkenal lainnya di luar sana. Terkadang, hanya dengan menyebutkan nama mereka, orang akan lebih memahami konsep dan makna teknopreneurship. Dalam meningkatkan Technopreneurship salah satu caranya adalah menghadiri acara yang mengasah technopreneurship, seperti Startup Weekend yang merupakan cara yang bagus.

Baca Juga :  Pengertian Slide: Prinsip Dasar, Bagian Slide dan Manfaat Slide Lengkap

Technopreneurship Secara Umum

Didefinisikan Technopreneurship. Media massa dan internet adalah faktor penyumbang utama untuk popularitas technopreneurship. Situs web di sana-sini, model ponsel, laptop, dan tablet PC baru di mana-mana, terbukti di setiap tempat Anda pergi, di setiap situs web yang Anda kunjungi, dan di setiap saluran yang Anda tonton.

Kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa bidang ini mengasyikkan seluruh komunitas bisnis. Banyak industri populer saat ini mengubah strategi mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan itu. Sifat manusia untuk mencari inovasi dan perkembangan menambah tekanan untuk mengubah apa yang tradisional. Technopreneurship sekarang menjadi tren bisnis yang menyesuaikan adalah bisnis yang bertahan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai Pengertian Technopreneur, Apa itu Technopreneurship dan Contohnya semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar