Mengenal Pengertian SMB (Server Message Block) Protocol: Tujuan, Fungsi dan Cara Kerjanya!

0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian SMB Server Message Block Protocol Tujuan SMB Fungsi Dan Fitur SMB
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian SMB Server Message Block Protocol Tujuan SMB Fungsi Dan Fitur SMB

Sebenarnya, Apa itu Pengertian SMB (Server Message Block) Protocol dan Cara Kerjanya? Sederhanyanya SMB (Server Message Block) Protocol adalah protokol standar Internet yang digunakan Windows untuk berbagi file, printer, dan port serial. Dalam lingkungan jaringan, server membuat sistem file dan sumber daya tersedia untuk klien. Klien membuat permintaan SMB untuk sumber daya, dan server membuat respons SMB dalam apa yang disebut sebagai server klien, protokol respons-permintaan.

Protokol SMB dapat digunakan melalui Internet di atas protokol TCP/IP dalam Networking atau di atas protokol jaringan lainnya. Menggunakan protokol SMB, aplikasi (atau pengguna aplikasi) dapat mengakses file di server jauh, serta sumber daya lainnya, termasuk printer. Dengan demikian, Aplikasi klien dapat membaca, membuat, dan memperbarui file di server jarak jauh. Itu juga dapat berkomunikasi dengan program server apa pun yang diatur untuk menerima permintaan klien SMB.

Pengertian SMB (Server Message Block)

SMB (Server Message Block) adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang memfasilitasi komunikasi jaringan sambil memberikan akses bersama ke file klien, printer dan port serial. SMB juga dikenal sebagai Common Internet File System (CIFS) berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Sistem operasi Microsoft Windows sejak Windows 95 termasuk memiliki dukungan protokol SMB klien dan server. Untuk sistem tipe Unix, seperti Linux dan Mac OS X, tersedia aplikasi open source yang disebut Samba, yang mana ketika diinstal dan dikonfigurasikan dengan benar, memungkinkan interoperabilitas SMB antara sistem operasi dan Windows.

Baca Juga :  Pengertian Cinta: Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Makna Cinta

Tujuan SMB Protocol

Dalam membahas mengenai pengertian SMB (Server Message Block), SMB dirancang untuk dijalankan melalui API (Application Programming Interface) atau antarmuka pemrograman aplikasi berikut untuk sistem input/output dasar jaringan (NetBIOS) dan antarmuka pengguna yang diperluas atau NetBIOS extended user interface (NetBEUI):

  • Bingkai NetBIOS
  • NetBIOS melalui Exchange Paket Internetwork/Pertukaran Paket Berurutan (IPX/SPX)
  • NetBIOS melalui Protokol Kontrol Transmisi/Protokol Internet (TCP/IP)

Meskipun SMB pada awalnya dikembangkan untuk Windows, sekarang SMB (Server Message Block) juga dapat digunakan oleh Platform lain, termasuk Unix dan Mac OS X, menggunakan implementasi perangkat lunak yang disebut Samba. Dengan menggunakan instruksi Samba, komputer Mac, Windows, dan Unix dapat berbagi file, folder, dan printer yang sama. Ini bagus untuk jaringan kantor berbasis Windows di mana ada desainer grafis yang menolak untuk menggunakan apa pun kecuali Mac dan orang teknologi yang melakukan segalanya pada mesin Linux-nya.

Fungsi SMB (Server Message Block) Protocol

Mengacu pada penjelasan apa itu pengertian SMB (Server Message Block) di atas, SMB adalah protokol jaringan yang digunakan oleh Komputer berbasis Windows yang memungkinkan sistem dalam jaringan yang sama untuk berbagi file. Adapun Fungsi SMB (Server Message Block) adalah memungkinkan komputer yang terhubung ke jaringan atau domain yang sama untuk mengakses file dari komputer lokal lain semudah mereka berada di hard drive lokal komputer.

SMB tidak hanya memungkinkan komputer untuk berbagi file, tetapi juga memungkinkan komputer untuk berbagi printer dan bahkan port serial dari komputer lain dalam jaringan. Misalnya, komputer yang terhubung ke jaringan Windows dapat mencetak dokumen pada printer yang terhubung ke komputer lain di jaringan, selama kedua mesin mendukung protokol SMB.

Baca Juga :  Pengertian Leading (Typography): Asal dan Cara Menyesuaikannya

Cara kerja SMB (Server Message Block)

Gambar Cara Kerja SMB Server Message Block Dalam Pengertian SMB Tujuan Fungsi Dan Fitur SMB
Gambar Cara Kerja SMB Server Message Block Dalam Pengertian SMB Tujuan Fungsi Dan Fitur SMB

Berdasarkan penjelasan dan definisi SMB (Server Message Block) di atas, SMB Protocol ini memungkinkan aplikasi atau pengguna aplikasi untuk mengakses file di Server jauh, serta sumber daya lainnya, termasuk printer, slot surat dan pipa bernama. Dengan demikian, aplikasi klien dapat membuka, membaca, memindahkan, membuat dan memperbarui file di server jauh. Itu juga dapat berkomunikasi dengan program server apa pun yang diatur untuk menerima permintaan klien SMB.

Protokol SMB dikenal sebagai protokol Responses- Request, yang berarti protokol tersebut mentransmisikan beberapa pesan antara klien dan server untuk membuat koneksi. Dialek (Versi Bahasa) awal dari protokol SMB yaitu Common Internet File System (CIFS), mendapatkan ketenaran sebagai protokol bandel dan cerewet yang menghambat kinerja WAN (Wide Area Network) karena beban gabungan Letency (Latensi) dan banyaknya balasan CIFS.

Dialek berikutnya yaitu SMB 2.0, meningkatkan efisiensi protokol dengan secara drastis mengurangi ratusan perintah dan sub-perintah menjadi hanya 19. Protokol SMB beroperasi pada Layer 7, juga dikenal sebagai lapisan aplikasi atau Application Layer, dan dapat digunakan melalui TCP/IP pada port 445 untuk transportasi. Dialek awal protokol SMB menggunakan API NetBIOS melalui TCP/IP, atau protokol lama seperti Internetwork Packet Exchange atau NetBEUI. Saat ini, komunikasi dengan perangkat yang tidak mendukung SMB secara langsung melalui TCP/IP memerlukan penggunaan NetBIOS melalui protokol transport, seperti TCP/IP.

Fitur dan Manfaat SMB

Dalam memahami apa itu pengertian SMB (Server Message Block), tentu kita juga harus mengetahui apa saja fitur-fitur SMB (Server Message Block). Adapun Fitur SMB adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Server Platform Windows dan Workstation
  • Termasuk Daemon Protokol Samba pada platform Unix dan Unix-like
  • Memfasilitasi transportasi NetBIOS melalui versi Windows lama
  • Menggunakan protokol Network Neighbourhood (NetHood) yang berfungsi sebagai layanan transportasi NetBIOS
  • Mengautentikasi saluran komunikasi multi-proses melalui layanan Lingkungan Komputasi Terdistribusi/Panggilan Prosedur Jauh atau Distributed Computing Environment/Remote Procedure Call (DCE/RPC) services.
Baca Juga :  Apa Itu Mariana Web? Ini Pengertian dan Penjelasan Misteri Mariana Web

Kesimpulan

Jadi, dari pembasan apa itu Pengertian SMB (Server Message Block), Tujuan, Fungsi dan Cara Kerjanya di atas, dapat kita simpulkan bahwa SMB merupakan singkatan dari Server Message Block Protocol ini adalah protokol untuk berbagi file, printer, port serial, dan abstraksi komunikasi seperti pipa bernama dan slot mail antar komputer.

Dokumen paling awal yang Kami miliki tentang protokol SMB adalah dokumen IBM dari tahun 1985 yang merupakan salinan dari Prosiding Seminar Komputer Pribadi IBM dari Mei 1985. Dokumen tersebut berisi Protokol SMB Jaringan PC IBM. Dokumen berikutnya yang dapat Kami akses adalah dokumen Microsoft/Intel yang disebut Microsoft Networks atau OpenNET-FILE SHARING PROTOCOL dari 1987. Protokol ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Microsoft dan lainnya.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan disini tentang apa itu Pengertian SMB (Server Message Block), Tujuan SMB, Fungsi dan Cara Kerja SMB Protocol yang Kami ulas secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar