Pengertian JavaScript: Sejarah, Cara Kerja JavaScript dan Manfaatnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript
Ilustrasi Gambar Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript

Pengertian JavaScript

Sebenarnya apa itu Pengertian JavaScript? JavaScript adalah bahasa pemrograman untuk web. Ini didukung oleh sebagian besar Web Browser termasuk Chrome, Firefox, Safari, internet Explorer, Edge, Opera, dan lainnya. Sebagian besar browser ponsel untuk ponsel pintar juga mendukung JavaScript.

Ini terutama digunakan untuk meningkatkan halaman web untuk memberikan pengalaman yang lebih ramah pengguna. Ini termasuk memperbarui halaman web secara dinamis, peningkatan antarmuka pengguna seperti menu dan kotak dialog, animasi, grafik 2D dan 3D, peta interaktif, pemutar video, dan banyak lagi. Mode penggunaan JavaScript ini di browser web juga disebut sebagai javascript sisi klien atau Client-Side Javascript.

Triad Halaman Web

Gambar Triad Halaman Web Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript
Gambar Triad Halaman Web Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript

Ketika Anda mempertimbangkan komponen yang membentuk halaman web, JavaScript membentuk komponen ketiga dari triad, HTML dan CSS menjadi dua komponen lainnya. HTML menggambarkan halaman, termasuk teks, grafik, dan lainnya.

CSS digunakan untuk mengontrol dan menyesuaikan tampilan halaman web, termasuk warna, font, dan lainnya. JavaScript digunakan untuk menambahkan komponen dinamis ke halaman web dan membuat sebagian besar elemen pada halaman yang dapat diprogram.

Sejarah JavaScript

Pengembangan JavaScript dimulai pada 1995 di Netscape Communications, pembuat peramban Netscape. Mereka menyadari bahwa menambahkan “bahasa lem” untuk meningkatkan pengalaman pengguna web akan meningkatkan penyerapan pengguna. Jadi mereka membawa Brendan Eich untuk menanamkan bahasa Skema Pemrograman. Namun, karena Java, pada saat itu, bahasa web baru yang panas, mereka memutuskan untuk membuat bahasa lebih dekat dalam sintaksis ke Jawa. Hasilnya adalah JavaScript, dengan fitur Skema, orientasi objek SmallTalk dan sintaksis Java. Versi pertama bahasa ini sebenarnya bernama Mocha pada Mei 1995, diganti namanya menjadi LiveScript pada September 1995, dan sekali lagi diganti namanya menjadi JavaScript pada Desember 1995.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Keamanan Komputer:

Pada tahun 1996, JavaScript diserahkan ke ECMA International untuk diselesaikan sebagai spesifikasi standar. Pada Juni 1997, spesifikasi resmi pertama untuk bahasa ini dirilis sebagai ECMA-262. Versi terbaru bahasa ini adalah ECMAScript 2017 yang dirilis pada Juni 2017.

Cara Kerja JavaScript

Gambar Cara Kerja Javascript Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript
Gambar Cara Kerja Javascript Pengertian Javascript Sejarah Dan Cara Kerja Javascript

Bagaimana cara kerja JavaScript? Mengacu pada pengertian JavaScript di atas, ketika browser web memuat halaman web, parser HTML mulai menguraikan kode HTML dan membuat DOM. Setiap kali parser menemukan arahan CSS atau JavaScript (inline atau dimuat secara eksternal), parser akan diserahkan ke parser CSS atau mesin JavaScript sesuai kebutuhan. Mesin JavaScript memuat file JavaScript eksternal dan kode sebaris, tetapi tidak langsung menjalankan kode. Itu menunggu parsing HTML dan CSS untuk menyelesaikan.

Setelah ini selesai, JavaScript dieksekusi dalam urutan yang ditemukan di halaman web: variabel dan fungsi didefinisikan, pemanggilan fungsi dijalankan, event handler dipicu, dll. Aktivitas ini menyebabkan DOM diperbarui oleh JavaScript dan diberikan langsung oleh browser.

Manfaat JavaScript

Berdasarkan pengertian JavaScript di atas, JavaScript adalah penerjemah bahasa pemrograman lengkap yang tertanam di dalam peramban web Anda. Anda dapat melakukan apa pun dalam JavaScript yang memungkinkan bahasa biasa seperti Java. Manfaat JavaScript adalah sebagai berikut:

  • Mendeklarasikan variabel
  • Simpan dan ambil nilai
  • Menentukan dan aktifkan fungsi
  • Menentukan kelas Anda sendiri
  • Memuat dan gunakan modul eksternal
  • Menulis pengendali acara yang merespons pengguna dan acara lainnya
  • Dan banyak lagi

Web Browser memuat halaman web, mem-parsing HTML dan menciptakan apa yang dikenal sebagai Document Object Model (DOM) dari konten. DOM menyajikan tampilan langsung dari halaman web ke kode JavaScript Anda. Kode Anda kemudian dapat memperbarui DOM dan mempresentasikannya langsung kepada pengguna.

Baca Juga :  Pengertian Smart Home: Perkembangan dan Manfaatnya Secara Lengkap

Browser juga memungkinkan Anda untuk mendaftarkan kode Anda untuk diberitahukan pada acara antarmuka pengguna seperti gerakan mouse, klik tombol, dan lain. Dengan menggunakan semua fasilitas ini, Anda dapat membuat aplikasi kecil yang keren (dan tidak sedikit) untuk melayani tujuan apa pun yang Anda pilih.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian JavaScript, Sejarah Javascript, Cara Kerja JavaScript dan Manfaat JavaScript beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar