Pengertian Jargon: Apa itu Jargon? Ini Fungsi, Perbedaan dan Contoh dari Jargon!

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Fungsi Contoh Jargon Dan Penggunaannya
Ilustrasi Gambar Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Fungsi Contoh Jargon Dan Penggunaannya

Sebenarnya, apa itu pengertian Jargon? Jargon adalah sesuatu yang mengacu pada bahasa khusus kelompok profesional atau pekerjaan. Meskipun bahasa ini sering berguna atau diperlukan bagi mereka yang ada di dalam grup, biasanya bahasa ini tidak berarti bagi orang luar.

Beberapa profesi memiliki begitu banyak jargon sendiri sehingga memiliki nama sendiri. Misalnya, pengacara menggunakan legalese, sedangkan akademisi menggunakan akademis. Jargon juga terkadang dikenal sebagai Lingo (Istilah) atau Argot. Sebuah bagian teks yang jika penuh jargon dikatakan jargon.

Pengertian Jargon

Pengertian Jargon adalah kata dan frasa khusus yang digunakan oleh kelompok orang tertentu, terutama dalam pekerjaan mereka berdasarkan dari simpulan kami yang di ambil dari Kamus Cambridge.

Menurut Wikipedia, Jargon adalah “terminologi teknis atau idiom karakteristik dari suatu kegiatan atau kelompok khusus”. Kebanyakan jargon adalah istilah teknis, yang melibatkan istilah seni atau istilah dari industri, dengan makna khusus dalam industri tertentu.

Definisi Jargon

Jargon adalah istilah sastra yang didefinisikan sebagai penggunaan frasa dan kata-kata tertentu dalam situasi, profesi, atau perdagangan tertentu. Istilah khusus ini digunakan untuk menyampaikan makna tersembunyi yang diterima dan dipahami dalam bidang itu. Contoh-contoh Jargon sering ditemukan dalam tulisan-tulisan sastra dan non-sastra.

Apa Itu Jargon?

Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Fungsi Contoh Jargon Dan Penggunaannya
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Fungsi Contoh Jargon Dan Penggunaannya

Jadi apa itu Jargon? mengacu pada pengertian Jargon di atas, Jargon merupakan bahasa kompleks yang digunakan oleh para ahli dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu. Bahasa ini sering membantu para ahli berkomunikasi dengan jelas dan presisi. Jargon berbeda dari bahasa gaul, yang merupakan bahasa kasual yang digunakan oleh sekelompok orang tertentu.

Baca Juga :  Pengertian Folder dalam Komputer: Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap

Para Kritisi jargon percaya bahwa bahasa seperti itu lebih mengaburkan daripada memperjelasnya, Mereka berpendapat bahwa sebagian besar jargon dapat diganti dengan bahasa langsung yang sederhana tanpa mengorbankan makna.

Para pendukung jargon percaya bahasa seperti itu diperlukan untuk menavigasi seluk-beluk profesi tertentu. Dalam bidang ilmiah, misalnya, para peneliti mengeksplorasi subjek-subjek sulit yang tidak akan dapat dipahami oleh kebanyakan orang awam. Bahasa yang digunakan para peneliti harus tepat karena mereka berurusan dengan konsep-konsep kompleks (biologi molekuler, misalnya, atau fisika nuklir) dan menyederhanakan bahasa dapat menyebabkan kebingungan atau menciptakan ruang untuk kesalahan.

Fungsi Jargon

Penggunaan jargon sangat penting dalam prosa dan kitab. Tampaknya tidak dapat dipahami oleh orang-orang yang tidak tahu arti dari istilah khusus. Jargon dalam sastra digunakan untuk menekankan suatu situasi, atau merujuk pada sesuatu yang eksotis.

Bahkan, penggunaan jargon dalam sastra menunjukkan ketangkasan penulis, memiliki pengetahuan tentang bidang lain. Para penulis menggunakan jargon untuk membuat karakter tertentu tampak nyata dalam fiksi, juga dalam drama dan puisi.

Perbedaan Jargon vs Slang (Bahasa Gaul)

Jargon tidak boleh disamakan dengan bahasa Slang (Bahasa Gaul), yang merupakan bahasa informal, bahasa sehari-hari yang kadang-kadang digunakan oleh sekelompok (atau kelompok) orang. Perbedaan utama adalah salah satu registernya. Kita sudah tahu bahwa pengertian jargon adalah bahasa formal yang unik untuk disiplin atau bidang tertentu, sementara bahasa gaul adalah bahasa informal yang lebih cenderung diucapkan daripada ditulis. Seorang pengacara yang membahas “amicus curiae brief” adalah contoh jargon. Seorang remaja yang berbicara tentang “membuat adonan” adalah contoh bahasa gaul.

Contoh Kata Jargon

Mengacu pada pengertian Jargon di atas, Jargon dapat ditemukan di berbagai bidang, dari hukum hingga pendidikan hingga teknik. Beberapa contoh jargon meliputi:

  • Due Diligence; Istilah bisnis, “due diligence” mengacu pada penelitian yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan bisnis yang penting.
  • AWOL; Singkatan dari ” absent lithout leave (absen tanpa cuti),” AWOL adalah jargon militer yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang keberadaannya tidak diketahui.
  • Hard Copy; Istilah umum dalam bisnis, akademisi, dan bidang lainnya, “hard copy” adalah cetakan fisik dokumen (sebagai lawan dari salinan elektronik).
  • Cache; Dalam komputasi, “cache” merujuk ke tempat penyimpanan memori jangka pendek.
  • Dek; Istilah jurnalisme untuk subjudul — biasanya satu atau dua kalimat — yang menyediakan ringkasan singkat dari artikel berikut.
  • Stat; Ini adalah istilah, biasanya digunakan dalam konteks medis, yang berarti “segera.” (Seperti dalam, “Hubungi dokter — stat!”)
  • Phospholipid Bilayer; Ini adalah istilah kompleks untuk lapisan molekul lemak yang mengelilingi sel. Istilah yang lebih sederhana adalah “membran sel.”
  • Detritivore; Detritivore adalah organisme yang memakan detritus, atau benda mati. Contoh detritivora termasuk cacing tanah, teripang, dan kaki seribu.
  • Holistik; Kata lain untuk “komprehensif” atau “lengkap,” “holistik” sering digunakan oleh para profesional pendidikan sehubungan dengan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran sosial dan emosional sebagai tambahan untuk pelajaran tradisional.
  • Magic Bullet: Ini adalah istilah untuk solusi sederhana yang memecahkan masalah yang kompleks. (Biasanya digunakan mengejek)
  • Best Practice; Dalam bisnis, “best practice (praktik terbaik)” adalah hal yang harus diadopsi karena telah terbukti efektif.
Baca Juga :  Pengertian Data Mining: Proses, Tahapan dan Fungsi Data Mining!

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan mengenai pengertian Jargon di atas, dapat kita simpulkan bahwa Jargon adalah kata dan frasa yang digunakan oleh kelompok orang tertentu, khususnya. dalam pekerjaan mereka, itu tidak dipahami secara umum.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Jargon, Definisi, Apa itu Jargon, Fungsi Jargon, Perbedaan Jargon dengan Slang (Gaul) dan Contohnya beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar