Memahami Pengertian Installer: Apa itu Paket Installer? Jenis dan Contohnya

1
Gambar Pengertian Installer Apa Itu Windows Installer Paket Installer Tujuan Jenis Dan Contohnya
Gambar Pengertian Installer Apa Itu Windows Installer Paket Installer Tujuan Jenis Dan Contohnya

Apa itu pengertian Installer? Umumnya, Pengertian Installer adalah kumpulan File yang digunakan untuk menginstall software atau perangkat lunak baru di Komputer Anda. Anda harus menjalankan Program Installer untuk mulai menggunakannya. Program ini membongkar data terkompresi yang disertakan dengan penginstal dan menulis informasi baru ke hard drive Anda.

Sementara beberapa installer tidak menggunakan Data terkompresi, sebagian besar menggunakan beberapa tingkat kompresi karena mengurangi ukuran File yang disertakan dengan installer yang sangat membantu ketika mengunduh program atau pembaruan Software (Perangkat Lunak) dari Internet.

Pengertian Installer

Installer adalah bagian dari perangkat lunak yang digunakan untuk menginstal program perangkat lunak pada suatu sistem. Pemasang adalah cara untuk menyederhanakan proses pemasangan perangkat lunak dengan memberi pengguna proses selangkah demi selangkah dengan kemampuan untuk memilih opsi yang diinginkan berdasarkan simpulan dari Situs Computerhope.

Installer dapat menginstal program baru di komputer Anda atau dapat memperbarui program yang saat ini ada di hard drive Anda. Itu juga dapat memperbarui atau menambahkan file ke sistem operasi Anda. Sebagian besar penginstal dapat dijalankan hanya dengan mengklik dua kali ikon penginstal dan kemudian memilih folder tempat Anda ingin menginstal perangkat lunak tersebut. Yang menyenangkan tentang installer adalah mereka melakukan semua pekerjaan untuk Anda, mendekompresi dan menulis data pada hard drive. Setelah penginstal selesai, Anda dapat langsung menggunakan perangkat lunak baru atau yang diperbarui. Jika ada file sistem yang diinstal, Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda sebelum menggunakan perangkat lunak baru. Ini karena file sistem hanya dapat dimuat selama proses boot komputer.

Baca Juga :  Pengertian Content Marketing: Manfaat, Contoh dan Cara Memulainya

Apa Itu Install?

Dalam membahas mengenai pengertian Installer, tentu kita juga harus mengetahu apa itu Install. Install adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses menghubungkan komponen secara fisik ke komputer atau pemasangan perangkat lunak kedalam Harddisk.

Pengertian Windows Installer

Apa itu Windows Installer? Windows Installer adalah aplikasi utilitas dalam sistem operasi Windows yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak atau aplikasi. Ini menyediakan sarana untuk menginstal perangkat lunak pada komputer yang sesuai dengan kerangka kerja arsitektur Windows. Windows Installer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Installer yang disingkat dengan MSI.

Pengertian Paket Installer

Lalu, apa itu Paket Installer? Paket Installer adalah Kumpulan file yang berisi semua informasi yang diperlukan oleh Pemasang. Paket Installer digunakan untuk menginstal atau menghapus instalan aplikasi atau produk dan untuk menjalankan antarmuka pengguna setup. Setiap paket instalasi menyertakan file ekstensinya (misalnya .msi untuk Windows dan .apk untuk Android) yang berisi Database instalasi, ringkasan arus informasi, dan aliran data untuk berbagai bagian instalasi.

File tersebut juga dapat berisi satu atau lebih transformasi, file sumber internal, dan file sumber eksternal atau file kabinet yang diperlukan Instalasi. Pengembang aplikasi harus membuat Installer untuk menggunakan penginstal. Paket Installer disebut sebagai Installation Process.

Karena Installer mengatur penginstalan seputar konsep komponen dan fitur, dan menyimpan semua informasi tentang penginstalan dalam database relasional, proses pembuatan paket penginstalan secara luas mencakup langkah-langkah berikut:

  • Identifikasi fitur yang akan disajikan kepada pengguna.
  • Mengatur aplikasi menjadi komponen-komponen.
  • Mengisi Database instalasi dengan informasi.
  • Melakukan Validasi paket instalasi.

Tujuan Installer

Mengacu pada pembahasan Definisi Installer di atas, Installer dirancang untuk penerbit perangkat lunak yang merancang dan mengembangkan perangkat lunak/aplikasi untuk Windows, Linux, Mac ataupun Sistem Operasi yang lainnya. Biasanya, setiap perangkat lunak pihak ketiga dibundel dengan Installer yang desesuaikan dengan Platformnya.

Baca Juga :  Pengertian SMS: Apa Itu SMS, Fungsi dan Manfaat Short Message Service

Ikatan ini memungkinkan pemasangan dan konfigurasi aplikasi pihak ketiga yang benar pada kerangka kerjanya. Installer dirilis dalam paket berbeda yang umumnya mencakup yang berikut:

  • Database dan pedoman untuk mengembangkan penginstal untuk aplikasi dan layanan
  • Transformasi, modifikasi, dan kontrol versi
  • API untuk mengakses aplikasi / perangkat lunak yang diinstal dari jarak jauh
  • Untuk Windows Installer, biasanya memiliki ekstensi “.msi” dan mencakup aplikasi untuk menghapus instalasi program perangkat lunaknya. Uninstaller (Penghapus Instalan) biasanya dapat dipanggil dari Control Panel.

Teknik Instalasi

Ilustrasi Gambar Pengertian Installer Apa Itu Windows Installer Paket Installer Tujuan Jenis Dan Contohnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Installer Apa Itu Windows Installer Paket Installer Tujuan Jenis Dan Contohnya

Ada beberapa cara untuk menginstal dan menjalankan perangkat lunak baru di komputer, yang sesuai urutan kerumitannya:

  • Sofware Compilation; Kompilasi perangkat lunak, yang paling umum digunakan oleh pengguna profesional, dan disebut sebagai proses pembuatan program melalui kode sumbernya.
  • Software Archive; Arsip Perangkat Lunak, yang disebut file terbuka seperti ZIP dan eksekusi perangkat lunak.

Jenis Installer (File Ekstensi)

Berdasarkan penjelasan Installer di atas, terdapat banyak jenis file Installer yang ada melihat banyaknya Sistem Operasi yang bermunculan sekarang. Mereka semua memiliki perbedaan antara satu sama lainnya. Perbedaannya mereka didasarkan dari jenis atau ekstensi filenya. Adapun tabel dari beberapa jenis installer adalah sebagai berikut:

No.Sistem Operasi atau OSEkstensi File
1Windows.exe dan .msi
2OS X.dng
3Debian.deb
4Android.apk
5IOS.ipa
6Windows Phone.xap
7Symbian.sis dan .sisx
8Java.jar dan .jad

Contoh Installer

Untuk contoh Installer sendiri, misalkan jika Anda ingin menginstall aplikasi browser di komputer, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan File Installer Web Browser yang ingin Anda gunakan. Contohnya seperti, Browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, Browser Uc, Spark, Tor dan lain sebagainya. Anda dapat menginstal Installer dan memilih opsi yang Anda inginkan untuk dipasang dari File Installer.

Baca Juga :  Pengertian Teknologi Informasi: Fungsi, Komponen, Tujuan dan Perannya

Dalam mendapatkan Installer Aplikasi, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Mulai dari menyalin File dari disket (CD) atau Flashdisk, men- transfer file antar komputer atau perangkat lain, bahkan dengan mengunduh dan men-Downloadnya melalui Website dengan Internet.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan mengenai pengertian Installer, apa itu Install, apa itu Windows Installer dan apa itu Paket Installer di atas, dapat kita simpulkan secara sederhana bahwa, Pengertian Installer adalah perangkat lunak yang menginstal aplikasi yang terdiri dari beberapa paket dan file.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Apa itu Installer? Apa itu Install? Apa itu Windows Installer? dan Apa itu Paket Installer? Tujuan, Teknik, Jenis dan Contohnya yang dibahas secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar