Ini Pengertian HyperTransport (HT atau LTD), Sejarah dan Cara Kerja HyperTransport!

0
Ilustrasi Gambar Hypertransport HT Atau LTD Sejarah Hypertransport Dan Cara Kerja Hypertransport
Ilustrasi Gambar Hypertransport HT Atau LTD Sejarah Hypertransport Dan Cara Kerja Hypertransport

Sebenarnya, apa itu pengertian HyperTransport (HT atau LTD)? Secara umum, pengertian HyperTransport (HT atau LTD) adalah open-replacement (pengganti terbuka) untuk komputer FSB, serta jembatan dan bus lawas lainnya yang awalnya dikembangkan oleh AMD.

HyperTransport adalah nama kode LDT (Lightning Data Transfer) dan hari ini digunakan di komputer, server, dan peralatan jaringan dan komunikasi berperforma tinggi lainnya.

Pengertian HyperTransport (HT atau LTD)

HyperTransport (HT atau LTD) adalah teknologi 32-bit berkecepatan tinggi, point-to-point, untuk transfer data dalam sirkuit terintegrasi atau Integrated Circuid (IC) di komputer dan perangkat lain. Teknologi ini memungkinkan throughput data lebih dari 12,8 gigabytes per detik (GB/detik).

HyperTransport dikembangkan oleh AMD bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain, dan merupakan merek dagang dari HyperTransport Consortium. Komputer yang menggunakan HyperTransport ditandai oleh latensi rendah, kompatibilitas dengan sebagian besar sistem operasi, jumlah pin rendah, skalabilitas dan ekstensibilitas untuk arsitektur bus canggih. HyperTransport ini akan bekerja dengan beragam perangkat input-output (I/O) dan satu saluran dapat menampung banyak perangkat.

Sejarah Hypertransport (HT atau LTD)

Gambar Hypertransport HT Atau LTD Sejarah Hypertransport Dan Cara Kerja Hypertransport
Gambar Hypertransport HT Atau LTD Sejarah Hypertransport Dan Cara Kerja Hypertransport

Dalam membahas pengertian Hypertransport (HT atau LTD), tentunya kita harus mengetahui sedikit sejarah Hypertransport (HT atau LTD) juga, HyperTransport ini pertama kali diperkenalkan pada 2 April 2001. Rilisan awal HyperTransport memiliki tingkat pensinyalan tertinggi 1,6 GHz pada setiap pasangan kawat dan bandwidth agregat puncak 12,8 Gbps. HyperTransport tidak harus bingung dengan Hyper-Threading, yang merupakan teknologi Intel.

Cara Kerja Hypertransport (HT atau LTD)

Mengacu pada pengertian HyperTransport (HT atau LTD) di atas, HyperTransport berbasis paket dan mengirimkan data dalam paket yang terdiri dari 32-bit Words. Ini juga memiliki manajemen daya dan sesuai dengan konfigurasi lanjutan dan spesifikasi antarmuka daya. Itu dirancang untuk:

  • Mengguunakan jumlah pin rendah dan respons latensi rendah
  • Bersikap transparan terhadap sistem operasi dan membuat dampak yang sangat kecil pada driver periferal
  • Pertahankan kompatibilitas dengan bus PC lama sambil diperluas ke bus arsitektur jaringan sistem baru
  • Menyediakan bandwidth yang jauh lebih banyak daripada Teknologi pada saat dirilis
Baca Juga :  Pengertian HTML: Standar, Tag Umum, Variasi, Cara Menggunakannya

HyperTransport ditangani oleh Konsorsium HyperTransport, yang meliputi AMD Inc., Apple Inc., NVIDIA Corp. dan CISCO Inc. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Bus HyperTransport juga dikenal sebagai bus Lightning Data Transport (LDT).

Tujuan Hypertransport (HT atau LTD)

Berdasarkan pengertian HyperTransport (HT atau LTD) di atas, HyperTransport ditujukan untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth lebih besar daripada teknologi saat ini memungkinkan. HyperTransport memiliki keunggulan yang jelas dalam aplikasi seperti program animasi kelas atas, program simulasi, kontrol robot, perangkat medis, dan realitas virtual. Beberapa insinyur membayangkan penggunaan teknologi ini pada akhirnya pada perangkat konsumen umum dan perangkat elektronik.

Teknologi HyperTransport biasanya terintegrasi langsung ke dalam prosesor, tetapi dalam beberapa kasus HyperTransport digunakan sebagai bus I/O berkinerja tinggi yang terintegrasi yang menyalurkan PCI, PCI-X, USB, Firewire, dan tautan audio / video melalui sistem.

Teknologi HyperTransport ditemukan di AMD dengan kontribusi dari mitra industri dan dikelola dan dilisensikan oleh Konsorsium Teknologi HyperTransport.

Kesimpulan

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa HyperTransport (HT atau LTD) atau Bus HyperTransport adalah teknologi bus yang dikembangkan oleh AMD Inc. dan digunakan dalam mikroprosesor sebagai tautan titik-ke-titik dengan latensi rendah, kecepatan tinggi yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan komunikasi antara komponen-komponen dalam sistem komputer, server, sistem tertanam, dan peralatan jaringan dan telekomunikasi hingga 48 kali lipat dibandingkan dengan teknologi transportasi yang lebih tua atau yang sudah ada.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian HyperTransport (HT atau LTD), Sejarah HyperTransport (HT atau LTD), Cara Kerja HyperTransport (HT atau LTD) dan Tujuan HyperTransport (HT atau LTD) beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian Hardware: Fungsi, Jenis dan Contohnya Secara Lengkap
Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar