Pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di Komputer!

0
Gambar HDC Hard Disk Controller Atau Disk Controller Dalam Komputer Dan Motherboard Sejarah Fungsi Dan Jenisnya
Gambar HDC Hard Disk Controller Atau Disk Controller Dalam Komputer Dan Motherboard Sejarah Fungsi Dan Jenisnya

Sebenarnya, apa itu pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller)? istilah ini disingkat HDC. Secara umum, HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) adalah sirkuit yang memungkinkan komputer membaca dan menulis informasi ke hard drive. HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) juga bertindak sebagai bus, yang menghubungkan hard disk ke seluruh komponen komputer.

Saat ini, Hard Drive atau Hard Disk memiliki pengontrol yang dibangun di atasnya, biasanya papan sirkuit yang menutupi bagian bawah atau di bagian belakang drive. Hard Drive atau Hard Disk bagian bawah drive memiliki papan sirkuit, yang berisi pengontrol hard disk. Istilah HDC juga merupakan nama perangkat untuk perangkat master ATA pada saluran kedua.

Pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller)

HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) adalah komponen listrik di dalam hard disk komputer yang memungkinkan prosesor atau CPU untuk mengakses, membaca, menulis, menghapus, dan mengubah data ke dan dari hard disk. Pada dasarnya, HDC memungkinkan komputer atau prosesornya untuk mengontrol hard disk.

HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) merupakan sirkuit pada motherboard Komputer atau pada papan sirkuit plug-in yang mengontrol pengoperasian hard disk Anda, floppy disk drive, atau keduanya. Ketika komputer ingin mentransfer data ke atau dari disk, ia memberi tahu pengontrol disk.

Baca Juga :  Apa itu HTML Structural Element (Elemen Struktural HTML) dan Cirinya?

HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) ini pada gilirannya mengirimkan perintah elektronik ke drive disk yang membuat disk berputar dan menggerakkan kepala magnetiknya ke lokasi yang tepat pada disk. Pengontrol kemudian mentransfer data antara komputer dan drive disk. Sistem Operasi komputer dan BIOS mengeluarkan perintah langsung ke pengontrol untuk melakukan Boot pada komputer dan untuk mengakses file yang tersimpan pada disk.

Sejarah HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller)

Mengacu pada pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di atas, pada pertengahan 1980-an, pengontrol disk untuk hard drive telah terintegrasi dengan drive itu sendiri. Integrated Drive Electronics (IDE), juga disebut ATA (AT attachment), muncullah antarmuka Hard Drive. Namun, Hard Drive IDE memiliki batasan ukuran maksimum (528 MB) karena konvensi sistem input dasar (BIOS) yaitu (16 Heads, 63 Sektor, dan 1024 Silinder).

Extended IDE (EIDE) juga disebut ATA-2, drive kemudian diperkenalkan untuk menyelesaikan masalah dengan mendukung skema pengalamatan kedua yang disebut mode logical block addressing (LBA). Ini memungkinkan sektor penomoran dari 0 hingga 2^24-1, dan sebagai akibatnya, melampaui batas 528 MB. IDE ini juga dapat mengontrol empat Drive, bukan dua, memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi, dan memiliki kemampuan untuk mengontrol drive CD-ROM.

Fungsi HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller)

Contoh Gambar HDC Hard Disk Controller Atau Disk Controller Dalam Komputer Dan Motherboard Sejarah Fungsi Dan Jenisnya
Contoh Gambar HDC Hard Disk Controller Atau Disk Controller Dalam Komputer Dan Motherboard Sejarah Fungsi Dan Jenisnya

Berdasarkan pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) adapun fungsi utama pengendali hard disk adalah menerjemahkan instruksi yang diterima dari komputer menjadi sesuatu yang dapat dipahami oleh hard disk dan sebaliknya.

Ini terdiri dari papan ekspansi dan sirkuit yang terkait, yang biasanya terpasang langsung ke bagian belakang hard disk. Instruksi dari komputer mengalir melalui adaptor hard disk, ke antarmuka hard disk dan kemudian ke HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller), yang mengirimkan perintah ke hard disk untuk melakukan operasi tertentu.

Baca Juga :  Pengertian XAMPP: Menurut Para Ahli, Sejarah XAMPP, Penggunaannya

Jenis HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller)

Berdasarkan pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) di atas, biasanya, jenis dan fungsi pengontrol hard disk tergantung pada jenis antarmuka yang digunakan oleh komputer untuk mengakses hard disk. Misalnya, pengontrol hard disk IDE digunakan untuk hard disk berbasis antarmuka IDE.

Ada beberapa jenis pengontrol hard disk, berdasarkan metode elektronik yang digunakan untuk menyandikan data pada hard disk. Jenis pengontrol harus sesuai dengan jenis hard disk yang Anda miliki. Drive MFM harus dihubungkan ke pengontrol MFM, Drive RLL membutuhkan pengontrol RLL, dan Drive SCSI hanya berfungsi dengan pengontrol SCSI.

Jika Anda menambahkan Drive dari Disk lain ke komputer Anda karena Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan disk, Anda harus tahu jenis drive disk dan pengontrol yang Anda miliki saat ini dan disk yang baru harus cocok dengan pengontrol yang ada.

HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) dengan Host Adapter (Adaptor Host)

Dalam membahas pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller), tentu tidak lepas dengan Host Adapter (Adaptor Host). Istilah yang benar untuk komponen yang memungkinkan komputer berbicara dengan bus periferal adalah Adaptor Host atau Adapter Bus Host atau HBA (Host Bus Adapter).

Di sisi lain, HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) memungkinkan disk untuk berbicara ke bus yang sama. Keduanya sering membuat kita bingung. Sebenarnya langkah sinyal yang dibaca oleh Heads read-and-write disk adalah:

  • Dikonversi oleh HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller),
  • Kemudian ditransmisikan melalui Periferal Bus atau Bus Periferal,
  • Kemudian dikonversi lagi oleh Host Adapter atau Adaptor Host ke format yang sesuai untuk bus Motherboard,
  • Dan kemudian dibaca oleh CPU.
Baca Juga :  12+ Istilah dalam Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Terkadang mungkin ada pengendali lain antara Adaptor Host dan HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller). Ada juga Array Disk Controller yang memungkinkan RAID perangkat keras dibentuk. Kadang-kadang bahkan secara fisik terintegrasi dengan HBA, tetapi melakukan fungsi yang berbeda.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat Kita simpulkan secara sederhana bahwa, HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) adalah sirkuit yang tertanam dalam hard disk dan setara dengan komputer mini, karena berisi CPU kecil dan memori sendiri untuk mendapatkan dan mentransfer Data dari Drive Disk fisik.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller), Sejarah HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller), Fungsi HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) dan Jenis HDC (Hard Disk Controller atau Disk Controller) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa ketahui juga Istilah-Istilah dalam Teknologi yang harus Anda Ketahui, terutama dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar