Pengertian Firewire: Sejarah, Fungsi dan Fitur Kabel Firewire

0
Gambar Kabel Firewire Dalam Pengertian Firewire Apa Itu Firewire Sejarah Fungsi Fitur Dan Perbedaannya Dengan USB
Gambar Kabel Firewire Dalam Pengertian Firewire Apa Itu Firewire Sejarah Fungsi Fitur Dan Perbedaannya Dengan USB

Sebenarnya, apa itu pengertian Firewire? Pengertian FireWire atau yang biasa dikenal IEEE 1394 adalah tipe koneksi standar untuk berbagai jenis perangkat elektronik seperti kamera video digital, beberapa printer dan scanner, hard drive eksternal dan periferal lainnya.

Istilah IEEE 1394 dan FireWire biasanya merujuk pada jenis kabel, port, dan konektor yang digunakan untuk menghubungkan jenis perangkat eksternal ini ke komputer. Kita semua tahu bahwa USB adalah jenis koneksi standar serupa yang digunakan untuk perangkat seperti flash drive serta printer, kamera dan banyak perangkat elektronik lainnya. Standar USB terbaru mentransmisikan data lebih cepat daripada IEEE 1394 dan lebih banyak tersedia.

Apa Itu Pengertian FireWire?

Gambar Pengertian Firewire Apa Itu Firewire Sejarah Fungsi Fitur Dan Perbedaannya Dengan USB
Gambar Pengertian Firewire Apa Itu Firewire Sejarah Fungsi Fitur Dan Perbedaannya Dengan USB

FireWire adalah antarmuka waktu-nyata berkecepatan tinggi untuk bus serial dan transfer data isochronous/sinkron antara perangkat yang diaktifkan. Dikenal karena kinerjanya yang tinggi, FireWire digunakan dengan audio/video digital, camcorder, aplikasi hiburan rumah, CPU dan komputer pribadi (PC) dan menawarkan kecepatan transfer berkelanjutan lebih dari 3.200 Mbits/s berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situr Technopedia.

Sejarah FireWire

Membahas mengenai pengertian FireWire, Firewire ini merupakan gagasan dari Apple Standar FireWire mulai keberadaannya sebagai konsep di akhir 1980-an. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat koneksi berkecepatan tinggi yang relatif murah dan mudah digunakan, tetapi Apple pada awalnya tidak bermaksud agar teknologi tersebut digunakan sebagai koneksi untuk perangkat eksternal. FireWire digunakan oleh Apple dan oleh perusahaan lain, seperti Sony, selama bertahun-tahun sampai standar disajikan kepada IEEE sebagai metode untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer. FireWire diratifikasi pada tahun 1995, dan mulai muncul di komputer Apple segera setelah itu.

Baca Juga :  Pengertian Programming: Elemen, Karakteristik dan Tujuannya Lengkap

FireWire dengan cepat menjadi populer di perangkat audio dan video seperti camcorder digital. Alasan popularitas ini adalah kecepatannya, standar FireWire 400 asli dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 400 Mbit/detik. Ini meninggalkan kecepatan dari USB, karena versi pertama dari standar itu hanya dapat mengatur kecepatan transfer data maksimum 12 Mbit/s. Kesenjangan besar dalam kemampuan membuat FireWire pilihan yang jelas bagi siapa pun dengan kebutuhan untuk memindahkan file besar.

Kecepatan terus menjadi keunggulan FireWire selama lebih dari satu dekade. Ketika USB 2.0 tiba, mengemas laju transfer 480 Mbit/s, FireWire merespons dengan standar FireWire 800, yang menghasilkan laju transfer 800 Mbit/s. Selain itu, tolok ukur secara konsisten melaporkan bahwa FireWire lebih mampu mempertahankan tingkat transfer yang tinggi, memberikan FireWire keuntungan yang lebih besar daripada yang disarankan angka-angka ini.

Fungsi FireWire

Berdasarkan pengertian Firewire di atas, Koneksi FireWire mudah dibedakan dari USB karena lebih kecil dan meruncing di satu ujung, sedangkan USB datar dan persegi panjang. Seperti dikatakan di atas, FireWire paling umum ditemukan pada perangkat audio dan video seperti camcorder digital. Juga merupakan hal yang umum untuk menemukan FireWire di perangkat penyimpanan eksternal.

Alasan utama untuk menggunakan FireWire melalui USB hanyalah karena kecepatan koneksi. Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung FireWire dan USB, Anda lebih baik menggunakan opsi FireWire kecuali perangkat Anda mendukung USB 3.0.

Fitur Kabel FireWire

Berdasarkan pengertian dan fungsi FireWire di atas, FireWire digunakan untuk komunikasi audio-video (A/V) dan dibangun di sebagian besar sistem operasi Apple. Ini tersedia dalam versi protokol isochronous nirkabel, serat optik, dan koaksial. beberapa fitur FireWire antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan plug and socket connector hingga 63 perangkat dengan kecepatan transfer data (DTR) hingga 400 Mbps
  • Jaringan komunikasi perangkat peer-to-peer (P2P) tanpa unit pemrosesan pusat (CPU) atau memori sistem
  • Dukungan plug-and-play, yang memungkinkan sistem operasi (OS) untuk secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi perangkat baru tanpa mematikan sistem
  • Hot swapping, yang memungkinkan pelepasan dan penggantian komponen tanpa mematikan sistem.
Baca Juga :  Teknologi Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, Contoh Teknologi Lengkap

Perbedaan FireWire dan USB

FireWire dan USB memiliki tujuan yang sama, keduanya mentransfer Data, akan tetapi berbeda secara signifikan dalam bidang-bidang seperti ketersediaan dan kecepatan.

Anda tidak akan melihat FireWire didukung di hampir setiap komputer dan perangkat seperti yang Anda lakukan dengan USB. Sebagian besar komputer modern tidak memiliki port FireWire bawaan. Mereka harus ditingkatkan atau di Upgrade untuk dapat menggunakannya yang mana merupakan sesuatu yang biayanya ekstra dan mungkin tidak mungkin pada setiap komputer.

Standar USB terbaru adalah USB 3.1, yang mendukung kecepatan transfer setinggi 10.240 Mbps. Ini jauh lebih cepat daripada 800 Mbps yang didukung FireWire.

Keuntungan lain yang dimiliki USB dibandingkan FireWire adalah bahwa perangkat dan kabel USB biasanya lebih murah daripada rekan FireWire mereka, tidak diragukan lagi karena seberapa populernya perangkat dan kabel USB yang diproduksi secara massal. Seperti disebutkan sebelumnya pada pengertian FireWire di atas, FireWire 400 dan FireWire 800 menggunakan kabel berbeda yang tidak kompatibel satu sama lain. Standar USB, di sisi lain, selalu menjadi pilihan bagus untuk menjaga kompatibilitas.

Namun, perangkat USB tidak dapat dirantai secara bersamaan seperti perangkat FireWire. Perangkat USB memerlukan komputer untuk memproses informasi setelah meninggalkan satu perangkat dan memasukkan lainnya.

Firewire Berakhir? dan Tidak Digunakan Lagi?

Sejarah FireWire telah menjadi salah satu Underdog yang mampu yang tidak pernah cukup unggul dari pesaingnya (USB) meskipun umumnya lebih unggul. Sayangnya, ini adalah sejarah yang bisa segera berakhir.

USB 3.0 yang perlahan-lahan disaring ke pasar karena ditambahkan ke perangkat baru dan Motherboard PC baru, memiliki kecepatan transfer puncak teoretis 5 Gbit/s. Sosok yang luar biasa tinggi ini jauh melebihi apa yang Firewire dapat kelola saat ini, yang membuat masa depan FireWire tidak pasti. FireWire terus ada hanya karena ia menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada USB. Dengan keunggulan itu hilang, tujuan FireWire tetap tidak jelas.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Southbridge, Sejarah dan Fungsinya pada Motherboard

Itu tidak berarti bahwa FireWire dijamin akan punah, tetapi standar harus direvisi secara substansial jika ingin bersaing dengan USB 3.0. FireWire mungkin juga harus kusut dengan Light Peak, standar optik prototipe Intel yang bertujuan untuk kecepatan transfer berkelanjutan 10 Gbit/detik. Tidak jelas kapan Light Peak akan tersedia, tetapi revisi FireWire di masa depan mungkin ingin membidik Light Peak daripada USB 3.0.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa pengertian FireWire adalah metode mentransfer informasi antara perangkat digital, terutama peralatan pada audio dan video. FireWire juga dikenal dengan IEEE 1394, FireWire cepat dan FireWire versi terbaru mencapai kecepatan hingga 800 Mbps. Pada suatu waktu di masa depan, jumlah itu diperkirakan akan melompat ke 3,2 Gbps yang luar biasa ketika produsen merombak kabel FireWire yang telah ada.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian FireWire, Apa itu FireWire, Sejarah, Fungsi dan Fitur FireWire dan Perbedaan FireWire dengan USB beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami Teknologi. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar