Mengenal Apa Itu Pengertian EXE (.exe): Tujuan dan Cara Membuka File EXE

0
Gambar Pengertian EXE Apa Itu File EXE File Extension Tujuan EXE Dan Cara Membuka File EXE
Gambar Pengertian EXE Apa Itu File EXE File Extension Tujuan EXE Dan Cara Membuka File EXE

Sebenarnya, Apa itu Pengertian EXE (.exe)? EXE merupakan singkatan dari file Executable, format file EXE sebagian besar digunakan untuk program pada DOS, Windows, dan platform lainnya. File EXE berisi sumber daya, grafik bitmap, ikon, dan komponen lainnya untuk menjalankan program yang dapat dieksekusi yang juga berada di file exe. Format ini dapat dikompres dengan kompresor yang dapat dieksekusi seperti paket runtime dan dapat diekstraksi kembali menggunakan CUP386 dan UNP. Format file EXE banyak digunakan untuk memuat jutaan Program perangkat lunak pada platform yang berbeda.

Secara sederhana, Pengertian EXE (.exe) adalah ekstensi file untuk format file yang dapat dieksekusi yaitu adalah file yang berisi program, jenis file tertentu yang dapat dieksekusi atau dijalankan sebagai program di komputer.

Pengertian EXE (.exe)

EXE (.exe) adalah ekstensi file untuk format file yang dapat dieksekusi. File yang Executable adalah file yang berisi sebuah Program yaitu, jenis file tertentu yang dapat dieksekusi atau dijalankan sebagai program di Komputer. File yang dapat dieksekusi dapat dijalankan oleh program dalam Microsoft DOS atau Windows melalui perintah atau klik dua kali. COM dan BAT adalah tipe lain dari tipe file yang dapat dieksekusi di Windows berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Techtarget.

File yang namanya berakhir dengan “.exe” sebenarnya adalah sebuah Program yang ketika dibuka menyebabkan sistem operasi menjalankan Program. Pengguna yang menerima file .exe sebagai lampiran E-mail harus selalu memastikan bahwa file tersebut berasal dari sumber tepercaya dan tidak mengandung Virus.

Baca Juga :  HTML Element adalah: Pengertian, Contoh, Perbedaannya dengan Tag

Apa Itu File Extension (Extensi File)?

File Extension (Extensi File) adalah kumpulan tiga atau empat karakter yang ada pada akhir nama File. Contohnya dalam hal ini yaitu .exe. Ekstensi file memberi tahu Anda jenis file apa itu, dan memberi tahu Windows Program apa yang dapat membukanya. Windows sering mengaitkan Program default ke setiap ekstensi file, sehingga ketika Anda mengklik dua kali file tersebut, Program akan diluncurkan secara otomatis. Ketika Program itu tidak lagi di PC Anda, Anda kadang-kadang bisa mendapatkan kesalahan ketika Anda mencoba untuk membuka file terkait.

Tujuan EXE (.exe)

Berdasarkan penjelasan apa itu File Extension dan pengertian EXE (.exe) di atas, aplikasi dan skrip perangkat lunak yang dikembangkan untuk sistem berbasis Microsoft Windows. Mereka terdiri dari file yang digunakan untuk memulai proses inisialisasi file pengembang lain yang diperlukan untuk menjalankan program ini, dan file-file ini disimpan dalam format EXE (.exe).

Konten file EXE dapat mencakup rincian kode dan referensi yang dapat digunakan untuk mencari dan memuat file dari Developer (Pengembang) terkait yang disertakan dalam aplikasi terkait. EXE (.exe) ini dan File Program lainnya dari skrip perangkat lunak juga dapat dibuat untuk lingkungan Microsoft DOS. File EXE ini ditempelkan dengan ekstensi .exe, dan banyak aplikasi Microsoft Windows juga menggunakan modul DLL (Dynamic Link Library) yang terkait dengan file EXE.

Cara Membuka EXE (.exe)

Gambar EXE Pengertian EXE Apa Itu File EXE File Extension Tujuan EXE Dan Cara Membuka File EXE
Gambar EXE Pengertian EXE Apa Itu File EXE File Extension Tujuan EXE Dan Cara Membuka File EXE

Mengacu pada pembahasan apa itu EXE (.exe) dan pengertiannya di atas, untuk membuka File .exe, atau file lain di PC Anda, yaitu dengan mengklik dua kali. Jika asosiasi file Anda diatur dengan benar, aplikasi yang dimaksudkan untuk membuka EXE (.exe) Anda akan membukanya.

Baca Juga :  Pengertian VPN: Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

File EXE tidak memerlukan program pihak ketiga untuk dibuka karena Windows tahu cara menangani ini secara default. Namun, EXE EXE (.exe) terkadang menjadi tidak dapat digunakan karena kesalahan Registry atau Infeksi Virus. Ketika ini terjadi, Windows diperdaya untuk menggunakan Program yang berbeda, seperti Notepad yang digunakan untuk membuka file EXE, tentu saja tidak akan berfungsi.

File EXE (.exe) Bisa Berbahaya

Banyak perangkat lunak berbahaya datang melalui File EXE, biasanya di latar belakang Program yang tampaknya aman. Ini terjadi ketika program yang Anda anggap otentik meluncurkan kode Komputer yang rusak yang berjalan tanpa sepengetahuan Anda. Sebenarnya, program ini mungkin memang Program Asli tetapi juga mengandung virus, atau perangkat lunaknya mungkin sepenuhnya palsu dan hanya memiliki nama yang akrab sehingga Kita pasang di PC kita.

Karena itu, seperti ekstensi File yang dapat dieksekusi lainnya, Anda harus ekstra hati-hati saat membuka file EXE yang Anda Download dari Internet atau terima melalui E-mail. File EXE memiliki potensi destruktif sehingga sebagian besar penyedia email tidak akan membiarkannya dikirim kecuali setelah melalui proses Kompresi, dan bahkan beberapa bahkan tidak akan membiarkan Anda memasukkan File dalam Arsip ZIP dan mengirimkannya. Selalu pastikan Anda mempercayai pengirim file EXE sebelum membukanya.

Hal lain yang perlu diingat terkait file EXE adalah bahwa mereka hanya digunakan untuk meluncurkan Aplikasi. Jadi, jika Anda telah mengunduh apa yang Anda pikir merupakan file video, misalnya, tetapi memiliki ekstensi EXE (.exe), Anda harus segera menghapusnya. Video yang Anda unduh dari Internet biasanya dalam format file MP4, MKV, atau AVI, tetapi tidak pernah EXE. Aturan yang sama berlaku untuk gambar, dokumen, dan semua jenis file lainnya masing-masing menggunakan set ekstensi file mereka sendiri.

Baca Juga :  Pengertian CSS3: Modul Utama serta Fitur Baru CSS3

Langkah penting dalam mengurangi kerusakan yang dilakukan oleh file EXE berbahaya adalah dengan memasang Antivirus di PC Anda dan menjaganya tetap berjalan dan terbarui.

Nama File EXE yang Umum

Dalam membahas mengenai apa itu EXE (.exe) dan pengertian serta definisi EXE (.exe), adapun nama-nama EXE (.exe) yang umum dan sering Kita temui adalah sebagai berikut:

  • Setup.exe; Nama yang sangat umum untuk penginstal program perangkat lunak. Ketika dibuka, itu memulai proses instalasi.
  • Install.exe; Nama lain yang populer untuk Installer (Pemasang) perangkat lunak.
  • Cmd.exe; Program shell yang digunakan oleh Windows 2000 dan yang lebih baru, menggantikan shell COMMAND.COM.

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan tentang apa itu EXE dan pengertian EXE di atas, dapat Kita simpulkan bahwa EXE (.exe) adalah File yang berisi program yang dapat dieksekusi untuk Windows. EXE adalah kependekan dari “executable,” dan dia adalah ekstensi File standar yang digunakan oleh program Windows. Bagi banyak pengguna Windows, file EXE identik dengan program Windows, yang membuat ekstensi “.exe” salah satu ekstensi file yang paling dikenal.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas dan menguraikan penjelasan tentang apa itu EXE, pengertian EXE (File .exe), apa itu File Extension, Tujuan , Cara Membuka, File dan Nama Umum File EXE yang sering digunakan beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar