Mengenal Apa Itu Pengertian Domain: Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkannya!

0
Gambar Nama Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain Lengkap
Gambar Nama Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain Lengkap

Sebenarnya, Apa itu Pengertian Domain? Cara Kerja, Jenis dan Daftar Lengkap Internet Domain Suffiex? Ya! Domain atau Nama Domain adalah alamat Situs Web Anda yang diketik orang di bilah URL pada Browser untuk mengunjungi Website Anda. Secara sederhana, jika Website Anda adalah rumah, maka nama Domain Anda akan menjadi alamatnya.

Domain Berfungsi dengan memungkinkan orang mengakses Situs Web dengan mengingat serangkaian kata atau karakter lain yang mudah alih-alih rangkaian angka yang panjang. Setiap situs web di internet memiliki alamat Internet Protocil (IP) terkait yang terdiri dari string angka yang panjang, atau string angka dan huruf yang panjang. Selebihnya akan Kami ulas secara rincin tentang Apa itu Pengertian Domain. Simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Domain

Ketika merujuk ke alamat Internet, Nama Domain atau Domain adalah lokasi situs web. Misalnya, nama domain “google.com” menunjuk ke alamat IP “216.58.216.164“. Secara umum, orang-orang lebih mudah untuk mengingat nama daripada deretan angka yang panjang. Nama domain dapat maksimum enam puluh tiga karakter dengan satu karakter minimum, dan dimasukkan setelah protokol di URL berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Apa itu Nama Domain?

Jadi, apa itu Nama Domain? Nama Domain adalah alamat tempat pengguna Internet dapat mengakses Situs Web Anda. dalam penjelasan secara rincinya, Internet yang merupakan Jaringan raksasa Komputer yang terhubung satu sama lain melalui Jaringan kabel global. Setiap komputer di jaringan ini dapat berkomunikasi dengan Komputer lain. Untuk mengidentifikasi mereka, setiap Komputer diberi alamat IP. Ini adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi Komputer tertentu di Internet. Alamat IP tipikal terlihat seperti ini:

66.239.65.1

Sekarang Alamat IP seperti ini cukup sulit untuk diingat. Bayangkan jika Anda harus menggunakan nomor tersebut untuk mengunjungi Website favorit Anda. Nama domain diciptakan untuk menyelesaikan masalah ini.

Baca Juga :  Pengertian Web App (Aplikasi Web): Cara Kerja, Manfaat dan Contohnya

Sekarang Anda tidak perlu memasukkan String angka yang panjang. Sebagai gantinya, Anda dapat mengunjunginya dengan mengetikkan nama domain yang mudah diingat di bilah alamat Browser Anda. Misalnya, www.idners.com. Itulah yang disebut dengan Nama Domain.

Domain dalam Jaringan

Ketika merujuk ke Jaringan Komputer atau Bidang Networking, Domain adalah sekelompok sumber daya yang ditugaskan untuk kelompok individu tertentu. Domain disini digunakan untuk membagi area global atau departemen perusahaan. Domain mungkin perlu ditentukan saat memetakan Komputer atau Drive Network (Drive Jaringan).

Bagaimana Cara Kerja Domain?

Gambar Cara Kerja Nama Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain Lengkap
Gambar Cara Kerja Nama Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain Lengkap

Dalam membahas mengenai Pengertian Domain, untuk memahami bagaimana Nama Domain dan Cara Kerja Domain, mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda memasukkannya di Browser Anda. Ketika Anda memasukkan Nama Domain di Web Browser Anda, mereka terlebih dahulu mengirimkan permintaan ke Jaringan Global Server yang membentuk DNS (Domain Name System).

Server-server ini kemudian mencari server nama yang terkait dengan Domain dan meneruskan permintaan ke Name Server tersebut. Misalnya, jika Situs Web Anda dihosting di Mulhost, maka informasi namanya server akan seperti ini:

ns1.mulhost.com
ns2.mulhost.com

Nama Server atau Name Servers ini adalah Komputer yang dikelola oleh perusahaan hosting Anda. Perusahaan Hosting Anda akan meneruskan permintaan Anda ke komputer tempat situs web Anda disimpan.

Komputer ini disebut Web Server. Web Server memiliki Software (Perangkat Lunak) khusus yang diinstal (Apache, Nginx adalah dua Perangkat Lunak Web Server yang populer). Web Server sekarang mengambil halaman Web dan potongan-potongan informasi yang terkait dengannya. Dan pada akhirnya, dia kemudian mengirim data ini kembali ke Browser untuk ditampilkan.

Jenis-Jenis Domain

Ilustrasi Gambar Jenis-Jenis Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain
Ilustrasi Gambar Jenis-Jenis Domain Dalam Pengertian Domain Apa Itu Domain Cara Kerja Jenis Dan Cara Mendaftarkan Domain

Berdasarkan Pengertian Domain di atas, Nama Domain tersedia dalam banyak ekstensi berbeda. Yang paling populer adalah .com. Ada banyak pilihan lain seperti .org, .net, .tv, .info, .io, dan lainnya. Namun Kami selalu menyarankan untuk menggunakan ekstensi domain .com. Berikut adalah berbagai Jenis-Jenis Domain atau Nama Domain.

1. TLD (Top Level Domain)

TLD (Top Level Domain atau Domain Tingkat Atas) adalah ekstensi domain umum yang terdaftar di tingkat tertinggi dalam sistem nama domain. Ada ratusan TLD, tetapi yang paling populer adalah .com, .org, dan .net. TLD lainnya kurang dikenal dan kami tidak merekomendasikan menggunakannya. Misalnya, .biz, .club, .info, .agency, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Property dan Value dalam CSS Declaration (Deklarasi)

2. ccTLD (Country Code Top Level Domain)

ccTLD (Country Code Top Level Domain atau Kode Tingkat Atas Domain Negara) adalah nama domain khusus negara yang diakhiri dengan ekstensi kode negara seperti .uk untuk Britania Raya, .de untuk Jerman, .id untuk Indonesia. Mereka digunakan oleh Website yang ingin menargetkan audiens di negara tertentu.

3. sTLD (Sponsored Top Level Domain)

sTLD (Sponsored Top Level Domain atau Domain Tingkat Atas Beriklan) adalah kategori TLD yang memiliki sponsor yang mewakili komunitas tertentu yang dilayani oleh ekstensi domain. Misalnya, .edu untuk organisasi terkait pendidikan, .gov untuk pemerintah Amerika Serikat, .mil untuk militer Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

Siapa yang Bertanggung jawab atas Sistem Nama Domain?

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengelola sistem Nama Domain. ICANN adalah organisasi nirlaba yang membuat dan mengimplementasikan kebijakan untuk Nama Domain.

ICANN memberikan izin kepada perusahaan bernama Domain Name Registrars (Pencatat Nama Domain) untuk menjual Nama Domain. Pendaftar domain ini diizinkan untuk membuat perubahan pada registri nama domain atas nama Anda. Pendaftar Nama Domain dapat menjual Nama Domain, mengelola catatan, pembaruan, dan transfer ke pendaftar lain.

Sebagai pemilik Nama Domain, Anda bertanggung jawab untuk memberi tahu Registrar tempat mengirim permintaan Domain. Anda juga bertanggung jawab untuk memperbarui pendaftaran dan Informasi Domain Anda.

Apa itu TLD dan SLD (Second Level Domain?

Dalam contoh Kami disini yaitu tentang nama domain dari:

google.com

Ada dua bagian dari nama domain. Pertama adalah “google”, yang disebut sebagai SLD (Second Level Domain atau Domain Tingkat Kedua)

Dan “.com,” yang merupakan TLD (Top Level Domain atau Domain Tingkat Atas).

Apa Nama Domain yang Pertama Didaftarkan?

Nama domain Internet pertama “symbolics.com” didaftarkan oleh Symbolics, sebuah perusahaan Komputer Massachusetts pada 15 Maret 1985.

Cara Mendaftarkan Nama Domain

Untuk mendaftarkan nama domain dan mendapatkan URL yang unik, Anda harus mengunjungi Situs Web dari Pendaftar Nama Domain Terakreditasi atau biasa disebut dengan Accredited Domain Name Registrar dan mencari tahu apakah nama yang Anda inginkan tersedia. Jika belum didaftarkan oleh orang lain, Anda dapat mendaftarkannya dengan biaya tahunan.

Baca Juga :  10 Teknologi Otomotif Terbaik dan Terbaru Tahun 2019

Registrar melakukan bisnis internal pendaftaran untuk Anda. Registar berkomunikasi dengan Operator Registry yang mengelola Database (Basis Data) semua nama domain terdaftar di Internet. Lalu Entri ditambahkan untuk nama domain yang ingin Anda daftarkan, dan informasi kontak Anda ditambahkan ke entri domain.

Daftar Lengkap Internet Domain Suffixes (Akhiran Domain Internet)

Membahas mengenai Pengertian Domain, pada awalnya, ini dikembangkan di ISI (Information Sciences Institute), yang didirikan oleh Keith Uncapher, Domain Suffixes (Akhiran Domain Internet) adalah akhiran apa yang membantu mengidentifikasi nama domain di Internet. Di bawah ini adalah tabel Daftar Lengkap Internet Domain Suffixes (Akhiran Domain Internet) yang paling sering digunakan dan lokasi terkaitnya yang telah disetujui oleh ICANN.

Domain Suffixes Jenis dan Lokasi Domain
.ac Ascension Island
.ac.uk Second-level domain untuk United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Akademik
.ad Andorra
.ae United Arab Emirates
.aero Air Transportation Industry
.af Afghanistan
.ag Antigua dan Barbuda
.ai Anguilla
.al Albania
.am Armenia
.an Netherlands Antilles
.ao Angola
.aq Antarctica
.ar Argentina
.arpa Internet infrastructure TLD
.as American Somoa
.asia Asian countries
.at Austria
.au Australia
.aw Aruba
.ax Aland Islands – Bagian of Finland
.az Azerbaijan
.ba Bosnia dan Herzegovinia
.bb Barbados
.bd Bangladesh
.be Belgium
.bf Burkina Faso
.bg Bulgaria
.bh Bahrain
.bi Burundi
.biz Situs Bisnis United States
.bj Benin
.bm Bermuda
.bn Brunei Darussalam
.bo Bolivia
.br Brazil
.bs Bahamas
.bt Bhutan
.bv Bouvet Island
.bw Botswana
.by Belarus dan Byelorussia
.bz Belize
.ca Canada
.cat Catalan
.cc Cocos Islands – Keelings
.cd Democratic Republic of the Congo
.cf Central African Republic
.cg Congo
.ch Switzerland
.ci Cote d’Ivoire
.ck Cook Islands
.cl Chile
.cm Cameroon
.cn China
.co Colombia
.co.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Komersil
.com Commercial Website
.coop Business cooperatives dan Organisasi.
.cr Costa Rica
.cs Former Czechoslovakia
.cu Cuba
.cv Cape Verde
.cw Curaçao
.cx Christmas Island
.cy Cyprus
.cz Czech Republic
.dd East Germany
.de Germany
.dj Djibouti
.dk Denmark
.dm Dominica
.do Dominican Republic
.dz Algeria
.ec Ecuador
.edu Situs Edukasi United States
.ee Estonia
.eg Egypt
.eh Western Sahara
.er Eritrea
.es Spain
.et Ethiopia
.eu European Union
.fi Finland
.firm Situs Internet untuk Bisnis atau Firm
.fj Fiji
.fk Falkland Islands dan Malvinas
.fm Micronesia
.fo Faroe Islands
.fr France
.fx Metropolitan France
.ga Gabon
.gb Great Britain
.gd Grenada
.ge Georgia
.gf French Guiana
.gg Guernsey
.gh Ghana
.gi Gibraltar
.gl Greenland
.gm Gambia
.gn Guinea
.gov United States Government site.
.gov.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Pemerintah
.gp Guadeloupe
.gq Equatorial Guinea
.gr Greece
.gs South Georgia dan South Sandwich Islands
.gt Guatemala
.gu Guam
.gw Guinea-Bissau
.gy Guyana
.hk Hong Kong
.hm Heard dan McDonald Islands
.hn Honduras
.hr Croatia/Hrvatska
.ht Haiti
.hu Hungary
.id Indonesia
.ie Ireland
.il Israel
.im Isle of Man
.in India
.info Situs Informasi United States
.int Situs International institute
.io British Indian Ocean Territory
.iq Iraq
.ir Iran
.is Iceland
.it Italy
.je Jersey – Channel Islands a UK dependency
.jm Jamaica
.jo Jordan
.jobs Situs yang berhubungan dengan Karir dan Pekerjaan
.jp Japan
.ke Kenya
.kg Kyrgyzstan
.kh Cambodia
.ki Kiribati
.km Comoros
.kn Saint Kitts dan Nevis
.kp North Korea
.kr South Korea
.kw Kuwait
.ky Cayman Islands
.kz Kazakhstan
.la Laos
.lb Lebanon
.lc Saint Lucia
.li Liechtenstein
.lk Sri Lanka
.lr Liberia
.ls Lesotho
.lt Lithuania
.ltd.uk Second-level domain untuk United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Perusahaan yang Limited
.lu Luxembourg
.lv Latvia
.ly Libya
.ma Morocco
.mc Monaco
.md Moldova
.me Montenegro
.me.uk Second-level domain untuk United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Pribadi
.mg Madagascar
.mh Marshall Islands
.mil United States Military Site
.mk Macedonia
.ml Mali
.mm Myanmar
.mn Mongolia
.mo Macau
.mobi Mobile devices
.mod.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) sering digunakan untuk Situs Militer dan Pertahanan
.mp Northern Mariana Islands
.mq Martinique
.mr Mauritania
.ms Montserrat
.mt Malta
.mu Mauritius
.museum Worldwide museums
.mv Maldives
.mw Malawi
.mx Mexico
.my Malaysia
.mz Mozambique
.na Namibia
.name Individual dan family names
.nato NATO site
.nc New Caledonia
.ne Niger
.net United States Situs Administratif Internet
.net.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Perusahaan Jaringan
.nf Norfolk Island
.ng Nigeria
.nhs.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Institusi Layanan Kesehatan Nasional
.ni Nicaragua
.nl Netherlands
.no Norway
.nom Personal Site
.np Nepal
.nr Nauru
.nt Neutral Zone
.nu Niue
.nz New Zealand
.om Oman
.org Organization (non-profit) Sites
.org.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Non-Profit
.pa Panama
.pe Peru
.pf French Polynesia
.pg Papua New Guinea
.ph Philippines
.pk Pakistan
.pl Poland
.plc.uk Second-level domain untuk United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Perusahaan Public Limited
.pm St. Pierre dan Miquelon
.pn Pitcairn
.post sTLD (sponsored top-level domain) tersedia secara eksklusif untuk Sektor Postal
.pr Puerto Rico
.pro Situs Professional
.ps Palestinian territories
.pt Portugal
.pw Palau
.py Paraguay
.qa Qatar
.re Reunion
.ro Romania
.rs Republic of Serbia
.ru Russian Federation
.rw Rwanda
.sa Saudi Arabia
.sb Solomon Islands
.sc Seychelles
.sch.uk Second-level domain for United Kingdom (.uk) dan sering digunakan untuk Situs Sekolahan
.sd Sudan
.se Sweden
.sg Singapore
.sh Saint Helena
.si Slovenia
.sj Svalbard dan Jan Mayen Islands
.sk Slovakia
.sl Sierra Leone
.sm San Marino
.sn Senegal
.so Somalia
.sr Suriname
.ss South Sudan
.st Sao Tome dan  Principe
.store Situs Bisnis Retail
.su Former USSR
.sv El Salvador
.sy Syria
.sz Swaziland
.tc Turks dan Caicos Islands
.td Chad
.tel Internet communication services
.tf French Southern Territory dan Antarctic Lands
.tg Togo
.th Thailand
.tj Tajikistan
.tk Tokelau
.tl East Timor
.tm Turkmenistan
.tn Tunisia
.to Tonga
.tp East Timor
.tr Turkey
.travel Travel related Sites
.tt Trinidad dan Tobago
.tv Tuvalu
.tw Taiwan
.tz Tanzania
.ua Ukraine
.ug Uganda
.uk United Kingdom
.um United States minor outlying islands
.us United States
.uy Uruguay
.uz Uzbekistan
.va Vatican City State
.vc Saint Vincent dan the Grenadines
.ve Venezuela
.vg British Virgin Islands
.vi United States Virgin Islands
.vn Vietnam
.vu Vanuatu
.web Situs Internet tentang WWW (World Wide Web)
.wf Wallis dan Futuna Islands
.ws Samoa
.xxx Domain Hiburan Dewasa
.ye Yemen
.yt Mayotte
.yu Yugoslavia
.za South Africa
.zm Zambia
.zr Zaire
.zw Zimbabwe

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan mengenai Pengertian Domain, Apa itu Domain dan Nama Domain? Dalam Jaringan, Cara Kerja Domain dan Jenis-Jenis Domain, Cara Mendaftarkan serta Daftar Internet Domain Suffiex di atas, dapat Kami simpulkan bahwa Domain atau Nama Domain adalah serangkaian karakter unik yang mengidentifikasi Website tertentu. Dalam banyak hal, nama domain memiliki hubungan yang sama dengan Ssitus Web seperti halnya alamat rumah.

Cara kerjanya yaitu ketika Anda memasukkan nama domain ke Web Browser, Browser mengakses sesuatu yang disebut server nama domain (DNS) untuk menemukan lokasi Situs Web yang sesuai di Internet, sehingga dapat mengambil Data dari Situs Web dan menampilkannya kepada Anda. Ini seperti melihat seseorang di buku telepon untuk mencari tahu cara menelepon mereka atau sampai ke rumah mereka.

Penutup

Demikianlah ulasan lengkap Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Domain, Apa itu Domain dan Nama Domain, Dalam Jaringan, Cara Kerja Domain dan Jenis-Jenis Domain, Cara Mendaftarkan serta Daftar Internet Domain Suffiex yang dilengkapi dengan pembahasan secara lengkap dan detail. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar