Pengertian Digital Technology (Teknologi Digital): Sejarah, Manfaat dan Contohnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Digital Technology Atay Teknologi Digital Adalah
Ilustrasi Gambar Pengertian Digital Technology Atay Teknologi Digital Adalah

Sebenarnya, apa itu pengertian Digital Technology (Teknologi Digital)? Tidak seperti tegangan analog atau sinyal saat ini, sinyal digital tidak bervariasi dengan lancar dan terus-menerus, melainkan dalam langkah atau kenaikan. Digital Technology (Teknologi Digital) ini menghasilkan, menyimpan, dan memproses Data sebagai serangkaian angka biner, atau “bit” (angka 1 dan nol) dan perannya dalam masyarakat sejak awal 1990-an telah dibandingkan dengan jalur kereta api selama Revolusi Industri.

Pengertian Digital Technology (Teknologi Digital)

Digital Technology atau Teknologi Digital adalah Teknologi digital mencakup semua jenis peralatan elektronik dan aplikasi yang menggunakan informasi dalam bentuk kode numerik. Informasi ini biasanya dalam kode biner (kode yang dapat diwakili oleh string yang hanya terdiri dari dua karakter numerik). Karakter-karakter ini biasanya 0 dan 1. Perangkat yang memproses dan menggunakan informasi digital termasuk komputer pribadi, kalkulator, mobil, pengontrol lampu lalu lintas, pemutar CD, telepon seluler, satelit komunikasi, dan pesawat televisi definisi tinggi.

Kata “digital” berasal dari bahasa Latin digitus, jari dan mengacu pada salah satu alat penghitungan tertua. Ketika informasi disimpan, ditransmisikan atau diteruskan dalam format digital, informasi itu dikonversi menjadi angka pada level mesin paling mendasar sebagai “nol dan satu”.

Dalam konteks ini, istilah tersebut mewakili Teknologi yang bergantung pada penggunaan mikroprosesor. Oleh karena itu, Komputer dan Aplikasi yang bergantung pada komputer seperti Internet, serta perangkat lain seperti kamera video, dan perangkat seluler seperti telepon dan personal-digital assistant (PDA).

Diperlukan penggunaan perangkat yang memungkinkan akses ke ruang maya, penggunaan audio digital/video dan ICT (Information Communications and Technology) lihat apa pengertian ICT.

Baca Juga :  Pengertian Peta Situs (Sitemap): Jenis, Manfaat dan Apa itu Sitemap.xml

Proses Digital Technology (Teknologi Digital)

Mengacu pada pengertian Digital Technology (Teknologi Digital) di atas, Teknologi digital adalah proses dua basis. Informasi yang didigitalkan dicatat dalam kode biner kombinasi angka 0 dan 1, juga disebut bit, yang mewakili kata-kata dan gambar. Teknologi digital memungkinkan sejumlah besar informasi dikompres pada perangkat penyimpanan kecil yang dapat dengan mudah disimpan dan diangkut. Digitalisasi juga mempercepat kecepatan transmisi data. Digital Technology (Teknologi Digital) telah mengubah cara orang berkomunikasi, belajar, dan bekerja.

Sejarah Digital Technology (Teknologi Digital)

Gambar Pengertian Digital Technology Atay Teknologi Digital Adalah Sejarah Manfaat Dan Contohnya
Gambar Pengertian Digital Technology Atay Teknologi Digital Adalah Sejarah Manfaat Dan Contohnya

Membahas mengenai pengertian Digital Technology (Teknologi Digital), sejarah teknologi digital modern dapat ditelusuri kembali ke karya semikonduktor, bahan pilihan untuk chip komputer oleh Michael Faraday pada akhir abad kesembilan belas.

Namun, baru pada tahun 1971, IBM menabur benih untuk revolusi dalam komputasi personal dengan komputer bisnis PC 5150. Pada tahun 2000, industri semikonduktor di seluruh dunia bernilai $200 miliar.

Manfaat Digital Technology (Teknologi Digital)

Berdasarkan Pengertian dan Proses Digital Technology (Teknologi Digital) di atas, adapun beberapa manfaat dari Digital Technology (Teknologi Digital) seperti yang dijelaskan oleh website Turbofuture adalah sebagai berikut:

  • Konektivitas Sosial
  • Kecepatan Komunikasi
  • Bekerja Serbaguna
  • Peluang Belajar
  • Otomatisasi
  • Penyimpanan Informasi
  • Editing
  • Duplikasi Akurat
  • GPS dan Pemetaan
  • Angkutan
  • Biaya rendah
  • Hiburan
  • Berita
  • Perang
  • Perbankan dan Keuangan
  • Perangkat Berukuran Lebih Kecil

Contoh Digital Technology (Teknologi Digital)

Adapun contoh dari Digital Technology (Teknologi Digital) adalah seperti perangkat lunak, gambar digital, video digital, video game, halaman web dan situs web dan juga termasuk media sosial, data dan basis data, audio digital, seperti MP3 dan buku elektronik. Media digital sering kontras dengan media cetak, seperti buku cetak, surat kabar dan majalah, dan media tradisional atau analog lainnya, seperti gambar, film atau kaset audio.

Baca Juga :  Pengertian WINS (Windows Internet Naming Service) dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan Kami di atas mengenai pengertian Digital Technology, dapat kita simpulkan bahwa Digital Technology (Teknologi Digital) merupakan perangkat yang dapat menjadi sesuatu menjadi lebih kompak, lebih cepat, lebih ringan, dan lebih fleksibel. Sejumlah besar informasi dapat disimpan secara lokal atau jarak jauh dan dipindahkan hampir secara instan. Bahkan istilah “informasi” telah meluas hingga mencakup media seperti foto, audio, dan video, dan tidak lagi hanya merujuk pada kata dan angka.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Digital Technology (Teknologi Digital), Sejarah, Manfaat Digital Technology (Teknologi Digital) dan Contoh Digital Technology (Teknologi Digital) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

sumber:

  1. igi-global.com/digital-technology
  2. encyclopedia.com/history
  3. Turbofuture.com
Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar