Apa Itu Pengertian CNR (Communication and Networking Riser): Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

0
Gambar Apa Itu Pengertian CNR Communication And Network Networking Riser Sejarah Tujuan Dan Fungsi CNR Pada Motherboard
Gambar Apa Itu Pengertian CNR Communication And Network Networking Riser Sejarah Tujuan Dan Fungsi CNR Pada Motherboard

Sebenarnya, apa itu pengertian CNR (Communication and Networking Riser)? CNR (Communication and Networking Riser) adalah singkatan dari Communication and Network Riser, CNR adalah spesifikasi yang mendukung antarmuka Audio, Modem, USB, dan LAN dari chipset logika inti.

Mari kita simak ulasan di bawah ini agar dapat lebih memahami tentang apa itu pengertian CNR (Communication and Networking Riser).

Pengertian CNR (Communication and Networking Riser)

CNR (Communication and Networking Riser) adalah kartu riser yang dikembangkan oleh Intel untuk keluarga motherboard Teknologi canggih yaitu ATX. Ini digunakan untuk peralatan jaringan, audio dan telepon khusus. Ketika diperkenalkan, CNR menawarkan penghematan kepada produsen motherboard dengan menghapus komponen I/O analog dari motherboard.

Sementara slot CNR umum pada motherboard Pentium 4, mereka sebagian besar telah dihapus demi komponen on-board atau tertanam.

Communication and Networking Riser (CNR), yang dikembangkan oleh Intel, adalah standar industri terbuka untuk kartu riser yang dapat diskalakan, yang merupakan perangkat perangkat keras yang dihubungkan ke motherboard dan memegang chip untuk fungsi seperti modem dan perangkat audio. Arsitektur CNR, dan persyaratan listrik, mekanik, dan termal dari antarmuka riser ditentukan dalam spesifikasi.

Sejarah CNR (Communication and Networking Riser)

Gambar CNR Pada Motherboard Apa Itu Pengertian CNR Communication And Network Networking Riser Sejarah Tujuan Dan Fungsi CNR Pada Motherboard
Gambar CNR Pada Motherboard Apa Itu Pengertian CNR Communication And Network Networking Riser Sejarah Tujuan Dan Fungsi CNR Pada Motherboard

Teknologi slot CNR diperkenalkan oleh Intel pada 7 Februari 2000. Teknologi ini terutama dikembangkan oleh pengembang perangkat keras dan perangkat lunak terkemuka yang membantu melepaskan slot AMR (Audio Modem Riser). Gambar di atas adalah contoh slot CNR, yang diberi label “CNR_SLOT” pada motherboard ini.

Baca Juga :  Memahami Apa Itu Pengertian Platform: Fungsi dan Contoh Platform

Tujuan CNR (Communication and Networking Riser)

Mengacu pada pengertian CNR (Communication and Networking Riser) di atas, spesifikasi tersebut dikembangkan untuk produk yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan area lokal (LAN) berbiaya rendah, modem, dan subsistem audio dan mendukung broadband, audio multichannel, modem analog V.90, Home PNA, dan jaringan berbasis Ethernet serta dapat diperluas untuk memenuhi persyaratan pengembangan teknologi, seperti DSL.

Selain manfaat biaya, CNR memiliki kapasitas untuk meminimalkan gangguan kebisingan listrik, melalui pemisahan fisik elemen sensitif kebisingan dari sistem komunikasi motherboard itu sendiri.

Fungsi CNR (Communication and Networking Riser)

Sebagaimana pengertian CNR (Communication and Networking Riser) dan tujuannya pada motherboard di atas dijelaskan, spesifikasi CNR terbuka untuk industri. Itu digunakan untuk mengintegrasikan jaringan area lokal, modem dan subsistem audio murah dengan komputer pribadi. Ini mendukung broadband, audio multichannel, modem analog dan jaringan berbasis Ethernet. CNR juga dapat diperluas untuk memenuhi persyaratan teknologi baru seperti DSL.

CNR (Communication and Networking Riser) adalah kartu riser motherboard yang dapat diskalakan dan antarmuka yang mendukung audio, modem, dan antarmuka jaringan dari chipset logika inti. CNR memiliki kemampuan untuk meminimalkan gangguan kebisingan listrik dengan memisahkan secara fisik unsur-unsur yang peka terhadap kebisingan dari sistem komunikasi motherboard.

Kesimpulan

CNR (Communication and Networking Riser) dikembangkan oleh Intel. CNR adalah kartu riser untuk motherboard keluarga ATX yang dikembangkan untuk mengurangi biaya bagi OEM yang mengimplementasikan LAN, jaringan rumah, audio dan subsistem modem yang banyak digunakan pada PC yang terhubung modern. Spesifikasi CNR adalah spesifikasi industri terbuka yang mendefinisikan kartu riser motherboard yang dapat diskalakan dan antarmuka yang mendukung audio, modem, dan antarmuka jaringan chipset logika inti.

Baca Juga :  Pengertian E-Book: Fungsi, Tujuan serta Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

Saat ini, slot ini tidak lagi ditemukan di motherboard dan digantikan dengan motherboard hanya PCI dan motherboard dengan PCIe.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian CNR (Communication and Networking Riser), Sejarah CNR (Communication and Networking Riser), Tujuan CNR (Communication and Networking Riser) dan Fungsi CNR (Communication and Networking Riser) pada Motherboard. Semoda dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar