HTML Attribute Adalah: Pengertian Karakteristik, Variasi, Atribut Intinya

0
Gambar Apa Itu Atribut HTML? HMTL Attribute Adalah (Attribut)
Gambar Apa Itu Atribut HTML? HMTL Attribute Adalah (Attribut)

Pengertian HTML Attribute Adalah

Apa itu HTML Attribute (Atribut) pada HTML? Secara umum, HTML Attribute Adalah karakteristik. Dalam HTML, atribut adalah karakteristik elemen halaman, seperti ukuran font atau warna. Atribut digunakan untuk memperkuat tag. Ketika browser Web menginterpretasikan tag HTML, itu juga akan mencari atributnya sehingga dapat menampilkan elemen halaman Web dengan benar.

Atribut memberikan informasi tambahan tentang elemen HTML. Misalnya, tautan HTML ditentukan oleh tag. Alamat tautan ditentukan dalam atribut “href”. Perhatikan bahwa atribut HTML selalu dilampirkan dalam tanda kutip.

Karakteristik Attribute (Atribut) HTML

Berdasarkan pengertian HTML Attribute di atas, Atribut HTML memiliki beberapa karakteristik utama, adapun Karakteristik dari HTML Attribute adalah (Atribut) sebagai berikut:

  • Atribut memberikan informasi lebih lanjut tentang elemen HTML
  • Atribut selalu ditentukan dalam tag awal
  • Atribut disajikan dalam pasangan nama/nilai seperti nama = nilai atau value

Catatan: Definisi ini ditulis dalam konteks HTML

Variasi Attribute (Atribut) HTML

Gambar Apa Itu Atribut HTML? HMTL Attribute Adalah (Attribut)
Ilustrasi Gambar Variasi HTML Attribute Adalah

Atribut HTML umumnya digolongkan sebagai atribut required, atribut optional, atribut standard, dan atribut event. Biasanya atribut yang required dan optional ini, mereka memodifikasi elemen HTML tertentu, sedangkan atribut standar dapat diterapkan ke sebagian besar elemen HTML. Atribut event, ditambahkan dalam versi HTML4, memungkinkan elemen untuk menentukan skrip dijalankan dalam keadaan tertentu.

Sebagian besar Elemen dapat mengambil salah satu dari beberapa atribut umum:

  • Atribut id; menyediakan pengidentifikasi unik seluruh dokumen untuk elemen. Ini dapat digunakan sebagai pemilih CSS untuk menyediakan properti presentasi, oleh browser untuk memusatkan perhatian pada elemen tertentu, atau dengan skrip untuk mengubah konten atau presentasi elemen. Tambahkan ke URL halaman, URL langsung menargetkan elemen spesifik dalam dokumen, biasanya sub-bagian halaman. Misalnya, ID “Atribut” di https://sitenesia.com/blog/HTML#Attribututes
  • Atribut class; menyediakan cara untuk mengklasifikasikan elemen yang sama. Ini dapat digunakan untuk tujuan semantik, atau untuk tujuan presentasi. Semantik, misalnya, kelas digunakan dalam mikroformats. Sebagai contoh, sebuah dokumen HTML mungkin menggunakan penunjukan class = “notation” untuk menunjukkan bahwa semua elemen dengan nilai kelas ini lebih rendah dari teks utama dokumen. Elemen-elemen tersebut dapat dikumpulkan bersama dan disajikan sebagai catatan kaki pada halaman alih-alih muncul di tempat di mana mereka muncul di sumber HTML. Penggunaan presentasi lain akan sebagai pemilih CSS.
  • Style; Seorang penulis dapat menggunakan gaya kode non-atribut properti presentasi untuk elemen tertentu. Ini dianggap praktik yang lebih baik dalam menggunakan id elemen atau atribut kelas untuk memilih elemen dengan stylesheet, meskipun kadang-kadang ini bisa terlalu rumit untuk aplikasi properti bergaya yang sederhana dan spesifik atau sementara.
  • Atribut judul (Title); digunakan untuk melampirkan penjelasan subteksual ke suatu elemen. Di sebagian besar browser, atribut ini ditampilkan sebagai apa yang sering disebut sebagai tooltip.
Baca Juga :  Pengertian Data Mining: Proses, Tahapan dan Fungsi Data Mining!

Attribute (Atribut) Inti HTML

Mengacu pada pengertian Attribute (Atribut) HTML di atas, adapun empat atribut inti yang dapat digunakan pada sebagian besar elemen (meskipun tidak semua) adalah sebagai berikut:

  • Id
  • Title
  • Class
  • Style

Selebihnya Anda bisa mengunjungi website W3Schools untuk referensi HTML Attribute (Attribut) lengkap.

Penutup

Jadi, pengertian HTML Attribute adalah (Attribut) Karakteristik elemen dalam HTML. Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Attribute (attribut) dalam HTML. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar