Pengertian APK (Android Package Kit): Manfaat, Cara Membuka dan Convert

0
Gambar Pengertian APK Apa Itu APK dan Manfaatnya
Gambar Pengertian APK Apa Itu APK?

Pengertian APK (Android Package Kit)

Apa itu APK? APK (Android Package Kit) adalah format file untuk aplikasi yang digunakan pada sistem operasi Android. File APK dikompilasi dengan Android Studio yang merupakan IDE (Integrated Development Environment) resmi untuk membangun perangkat lunak Android.

File APK mencakup semua kode dan aset program perangkat lunak. Pengembang yang membuat Aplikasi untuk digunakan pada perangkat Android harus mengkompilasi aplikasi mereka ke dalam format APK sebelum mengunggah ke Google Play, pasar resmi untuk aplikasi Android. Google Play membutuhkan file APK berukuran kurang dari 100 MB. Untuk membantu pengembang dengan batasan ini, Google Play akan meng-host hingga dua file ekspansi APK untuk setiap konten tambahan yang diperlukan untuk aplikasi mereka. File ekspansi APK digunakan untuk menyimpan file media, grafik yang tinggi, atau aset besar lainnya yang akan menyebabkan APK melebihi batasan ukuran.

File APK juga dapat didistribusikan secara langsung ke pengguna Android lain untuk instalasi di perangkat mereka. Pengguna Android dapat memberikan izin kepada perangkat mereka untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal jika mereka ingin mengakses file APK dari sumber lain dan menginstalnya secara langsung. Pengguna Android mungkin ingin menginstal APK secara langsung jika mereka sedang menguji versi aplikasi yang belum dirilis, atau karena pembatasan perangkat, tidak dapat mengunduh aplikasi dari Google Play.

Manfaat Menggunakan APK

Anda akan menemukan beberapa manfaat untuk menginstal APK secara manual. Salah satu yang terbesar adalah mendapatkan akses ke aplikasi sebelumnya. Saat aplikasi Google utama (seperti Kalender) merilis pembaruan besar, dibutuhkan waktu seminggu atau lebih bagi perangkat Anda untuk mendapatkannya. Dengan menginstal APK, Anda dapat langsung menunggu dan memperbaruinya.

Baca Juga :  Ini Pengertian Topologi Mesh: Cara Kerja, Jenis, Ciri, Karakteristik serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Pengalihan APK juga memungkinkan Anda memasang aplikasi di perangkat Anda yang tidak tersedia di Google Play. Tapi, sama seperti perangkat lunak desktop, mengunduh file APK dari situs web acak bukanlah ide yang baik. Ini terutama benar jika situs menjanjikan Anda aplikasi berbayar tanpa biaya.

Jadi APK adalah format inti yang digunakan Android untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi. Mereka cukup berguna untuk pengguna Android, tetapi Anda harus berhati-hati dari mana Anda mengunduhnya.

Cara Membuka File APK

Ilustrasi Gambar Pengertian APK Apa Itu APK dan Cara Installnya
Ilustrasi Gambar Pengertian APK Apa Itu APK dan Cara Installnya

Berdasarkan pengertian APK di atas, File APK dapat dibuka pada sejumlah sistem operasi tetapi mereka akan maksimal jika digunakan terutama pada perangkat Smartphone Android.

a. Cara Membuka File APK di Android

Untuk membuka file APK pada perangkat Android Anda, Anda hanya perlu mengunduhnya seperti halnya file apa pun, lalu membukanya saat diminta. Namun, file APK yang dipasang di luar Google Play store mungkin tidak langsung diinstal karena blok keamanan diberlakukan.

Untuk melewati pembatasan unduhan ini dan menginstal file APK dari sumber yang tidak dikenal, navigasikan ke:

Pengaturan> Keamanan (atau Pengaturan> Aplikasi pada perangkat yang lebih tua)

Kemudian beri tanda centang pada kotak di sebelah Sumber tidak dikenal. Anda mungkin harus mengonfirmasi tindakan ini dengan OK.

Jika file APK tidak terbuka di Android Anda, coba jelajahi dengan file manager seperti Astro File Manager atau ES File Explorer File Manager.

b. Cara Membuka File APK pada Windows

Anda dapat membuka file APK di PC menggunakan Android Studio atau BlueStacks. Misalnya, jika menggunakan BlueStacks, masuk ke tab Aplikasi Saya dan kemudian pilih Instal apk dari sudut kanan bawah jendelanya.

c. Cara Membuka File APK pada Mac

ARC Welder adalah ekstensi Google Chrome yang dimaksudkan untuk menguji aplikasi Android untuk OS Chrome, tetapi berfungsi pada OS apa pun. Ini berarti Anda dapat membuka APK di Mac atau komputer Windows selama Anda memasang aplikasi ini di browser Chrome.

Baca Juga :  Pengertian AM dan PM: Apa Itu Kepanjangan dan Contoh AM dan PM

d. Cara Membuka File APK di iOS

Anda tidak dapat membuka atau menginstal file APK pada perangkat iOS (iPhone, iPad, dan lain sebagainya) karena file tersebut dibangun dengan cara yang berbeda dari aplikasi yang digunakan pada perangkat tersebut dan kedua platform tidak kompatibel satu sama lain.

Cara Convert (Mengonversi) File APK

Meskipun program atau layanan konversi file biasanya diperlukan untuk mengonversi satu jenis file ke yang lain, mereka tidak terlalu berguna ketika berhadapan dengan file APK. Ini karena file APK adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat tertentu saja, tidak seperti jenis file lain seperti MP4 atau PDF yang bekerja pada berbagai platform.

Sebaliknya, jika Anda ingin mengonversi file APK Anda ke ZIP, Anda akan menggunakan instruksi yang dijelaskan di atas. Buka file APK di alat ekstraksi file dan kemas ulang atau Compress sebagai ZIP bisa dengan menggunakan WinRAR atau cukup ganti nama file .APK menjadi .ZIP.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda tidak dapat mengonversi file APK ke IPA untuk digunakan di iOS, Anda juga tidak dapat mengonversi APK ke EXE untuk menggunakan aplikasi Android di Windows.

Namun, Anda biasanya dapat menemukan alternatif iOS yang berfungsi sebagai pengganti aplikasi Android yang ingin Anda instal di iPhone atau iPad Anda. Sebagian besar pengembang memiliki aplikasi yang sama tersedia di kedua platform (baik APK untuk Android dan IPA untuk iOS).

Sedangkan untuk konverter APK ke EXE, cukup instal Windows APK Opener atau Bluestack di atas dan kemudian gunakan untuk membuka aplikasi Android di komputer Anda (tidak perlu ada dalam format file EXE agar dapat berfungsi).

Baca Juga :  Memahami Pengertian E-Mail (Alamat Email): Cara Kerja, Proses, Jenis dan Manfaat E-Mail

Cara Install APK di Perangkat Android Anda

Anda juga dapat menginstal file APK dari browser Anda di smartphone atau tablet Android Anda.

  • Cukup buka Google Play Store, cari file APK yang ingin Anda unduh, dan Pilih.
  • Anda kemudian dapat melihatnya mengunduh di bar bagian atas perangkat Anda.
  • Setelah diunduh, buka Unduhan, ketuk file APK, dan ketuk Ya saat diminta.
  • Aplikasi akan mulai menginstal di perangkat Anda. Sangat sederhana bukan?

Apakah File APK Aman?

Mengacu pada pengertian APK di atas, kadang-kadang, tetapi biasanya lebih baik untuk tidak berasumsi. Google Play Store tidak diatur dengan ketat seperti App Store Apple, tetapi aplikasi berbahaya (yang mengandung Malware) apa pun biasanya diidentifikasi dan dihapus dengan cepat.

Tidak ada perlindungan seperti itu jika Anda mengunduh APK dari situs pihak ketiga, dan pengembang jahat dapat menipu pengguna Android yang tidak menaruh curiga untuk memasang ransomware atau malware perangkat lunak berbahaya lainnya dengan mengenakannya agar terlihat seperti aplikasi yang sah.

Pengunduh video YouTube adalah target khusus. Mengunduh video dari YouTube tanpa izin melanggar ketentuan penggunaannya, jadi Google menolak untuk mendaftar aplikasi semacam itu di Play Store. Pengguna Android yang ingin menyimpan klip karena itu sering mencari di tempat lain dan dapat dengan mudah mengunduh sesuatu yang buruk.

Ada beberapa pengecualian. Amazon Appstore, misalnya, hanya tersedia untuk diunduh sebagai APK, tetapi Anda melakukannya dengan resiko Anda sendiri.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian APK, Cara Membuka File APK, Cara Mengkonversi File APK serta penjelasan apakah file APK aman? semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Share tulisan ini jika Anda rasa artikel ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar