Mengenal Apa Itu Pengertian AGP (Accelerated Graphics Port): Sejarah dan Cara Kerjanya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian AGP Accelerated Graphics Port Pada Motherboard Apa Itu AGP Sejarah AGP Dan Cara Kerja AGP
Ilustrasi Gambar Pengertian AGP Accelerated Graphics Port Pada Motherboard Apa Itu AGP Sejarah AGP Dan Cara Kerja AGP

Sebenarnya, apa itu Pengertian AGP (Accelerated Graphics Port) pada Motherboard? AGP adalah singkatan untuk Accelerated Graphics Port atau Port Grafis yang Dipercepat, AGP adalah port canggih yang dirancang untuk kartu video dan akselerator 3D. Dikembangkan oleh Intel dan diperkenalkan pada Agustus 1997, AGP memperkenalkan saluran point-to-point khusus yang memungkinkan pengontrol grafis akses langsung ke memori sistem. Di bawah ini adalah ilustrasi bagaimana slot AGP terlihat pada motherboard Anda.

Pengertian AGP (Accelerated Graphics Port)

AGP (Accelerated Graphics Port) adalah saluran point to point yang digunakan untuk output video kecepatan tinggi. Port ini digunakan untuk menghubungkan kartu grafis ke motherboard komputer. Tujuan utama AGP adalah untuk mempercepat output grafik 3D untuk video definisi tinggi.

AGP (Accelerated Graphics Port) menyediakan konektivitas dan throughput yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan PCI. AGP terutama dirancang untuk digunakan untuk grafik 3D, game definisi tinggi dan gambar teknik / arsitektur.

Apa itu AGP Pro?

AGP Pro adalah slot ekspansi yang lebih panjang dari AGP dan memiliki lebih banyak pin, memberikan lebih banyak daya ke kartu video AGP. AGP Pro mungkin berguna untuk tugas-tugas yang sangat intensif, seperti program grafik yang sangat canggih.

Sejarah AGP (Accelerated Graphics Port)

Sebelumnya, mesin komputer P-II (didukung x86) dirancang dengan AGP. AGP adalah produk Intel dan tersedia dalam berbagai versi. AGP diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1997 sebagai pengganti antarmuka Peripheral Component Interconnect (PCI) yang lebih lambat. AGP menyediakan jalur komunikasi langsung ke CPU dan RAM, yang pada gilirannya memungkinkan rendering grafis yang lebih cepat.

Baca Juga :  Pengertian Hardware: Fungsi, Jenis dan Contohnya Secara Lengkap

Slot AGP pertama kali muncul pada board sistem yang kompatibel dengan x86 berdasarkan pada prosesor Socket 7 Intel P5 Pentium dan Slot 1 P6 Pentium II. Intel memperkenalkan dukungan AGP dengan chipset Slot 1 i440LX pada tanggal 26 Agustus 1997 dan banyak produk mengikuti dari semua vendor board sistem utama.

Chipset Socket 7 pertama yang mendukung AGP adalah VIA Apollo VP3, SiS 5591/5592, dan ALI Aladdin V. Intel tidak pernah merilis chipset Socket 7 yang dilengkapi AGP. FIC menunjukkan board sistem Socket 7 AGP pertama pada November 1997 sebagai FIC PA-2012 berdasarkan chipset VIA Apollo VP3, diikuti dengan sangat cepat oleh EPoX P55-VP3 yang juga berdasarkan chipset VIA VP3 yang pertama kali dipasarkan.

Cara Kerja AGP (Accelerated Graphics Port)

Gambar Pengertian AGP Accelerated Graphics Port Pada Motherboard Apa Itu AGP Sejarah AGP Dan Cara Kerja AGP
Gambar Pengertian AGP Accelerated Graphics Port Pada Motherboard Apa Itu AGP Sejarah AGP Dan Cara Kerja AGP

Saluran AGP (Accelerated Graphics Port) adalah 32-bit lebar dan berjalan pada 66MHz, yang merupakan bandwidth total 266MBps dan jauh lebih besar dari bandwidth PCI hingga 133 MBps. AGP juga mendukung dua mode lebih cepat opsional, dengan throughput 533MBps dan 1,07GBps. Ini juga memungkinkan tekstur 3-D disimpan di memori utama daripada memori video.

AGP tersedia dalam tiga versi yang berbeda, versi AGP asli yang disebutkan di atas, AGP 2.0 yang diperkenalkan pada Mei 1998 dan AGP 3.0 (AGP 8x) yang diperkenalkan pada November 2000. AGP 2.0 menambahkan sinyal 4x dan mampu beroperasi pada 1,5V, dan AGP 3.0 mampu menggandakan kecepatan transfer.

Letak AGP pada Motherboard

Memmbahas mengenai pengertian AGP (Accelerated Graphics Port), AGP ini sekarang telah digantikan oleh PCI Express. Komputer dengan dukungan AGP memiliki satu slot AGP di sebelah semua slot ekspansi lainnya atau video AGP onboard. Jika Anda membutuhkan lebih dari satu kartu video di komputer, Anda dapat memiliki satu kartu video AGP dan satu kartu video PCI atau menggunakan motherboard yang mendukung SLI.

Tidak semua sistem operasi mendukung AGP karena dukungan driver yang terbatas atau tidak ada. Misalnya, Windows 95 tidak mendukung AGP.

Baca Juga :  Pengertian DevOps: Definisi, Sejarah, Tujuan dan Metode DevOps

Macam-Macam Versi AGP

Berdasarkan pengertian AGP (Accelerated Graphics Port) dan penjelasannya di atas, Ada tiga antarmuka AGP yang umum:

InterfaceClock SpeedVoltasiKecepatanTransfer Rate
AGP 1.066 MHz3.3 V1X and 2X266 MB/s and 533 MB/s
AGP 2.066 MHz1.5 V4X1,066 MB/s
AGP 3.066 MHz0.8 V8X2,133 MB/s

Kecepatan transfer pada dasarnya adalah bandwidth, dan diukur dalam megabita. Angka 1X, 2X, 4X, dan 8X menunjukkan kecepatan bandwidth terkait dengan kecepatan AGP 1.0 (266 MB/s). Sebagai contoh, AGP 3.0 berjalan pada delapan kali kecepatan AGP 1.0, jadi bandwidth maksimumnya delapan kali (8X) dari AGP 1.0. Microsoft telah menamai AGP 3.5 Universal Accelerated Graphics Port (UAGP), tetapi kecepatan transfer, persyaratan voltase, dan detail lainnya identik dengan AGP 3.0.

Fitur AGP (Accelerated Graphics Port)

Berdasarkan pengertian AGP (Accelerated Graphics Port) di atas, AGP menawarkan beberapa fitur utama. Adapun beberapa fitur utama AGP (Accelerated Graphics Port) adalah sebagai berikut:

1. Throughput Grafis Definisi Tinggi

Output dari video dengan kecepatan tinggi meningkatkan kualitas grafik yang ditampilkan oleh komputer.

2. Komunikasi Khusus

AGP (Accelerated Graphics Port) dapat menyediakan komunikasi khusus antara prosesor dan slot. Ini meningkatkan kecepatan jam dan juga menggunakan RAM untuk menyalin informasi grafis sebelum memuat. Selain itu, AGP terus menyegarkan tampilan layar monitor untuk terus meningkatkan kekuatan piksel.

3. Kompatibilitas dan Fleksibilitas

AGP memungkinkan semua jenis kartu AGP terhubung dengan kompatibilitas maju dan mundur. Kartu AGP dapat dengan mudah bekerja dengan slot AGP-Pro. Namun, kartu AGP-Pro tidak berfungsi dengan kartu AGP. Semua kartu AGP kompatibilitas tegangan berbagi.

Perbedaan Antara AGP dengan PCI

Mengacu pada pengertian AGP (Accelerated Graphics Port) di atas, ada satu peningkatan besar yang dimiliki AGP dibandingkan antarmuka PCI adalah cara kerjanya dengan RAM. Disebut memori AGP, atau memori non-lokal, AGP dapat mengakses memori sistem secara langsung alih-alih hanya mengandalkan memori kartu video.

Baca Juga :  Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital): Contoh dan Cara Kerja

Memori AGP memungkinkan kartu AGP untuk tidak harus menyimpan peta tekstur (yang mungkin menggunakan banyak memori) pada kartu itu sendiri karena menyimpannya dalam memori sistem sebagai gantinya. Ini berarti tidak hanya bahwa kecepatan keseluruhan AGP ditingkatkan dibandingkan PCI, tetapi juga bahwa batas ukuran unit tekstur tidak lagi ditentukan oleh jumlah memori dalam kartu grafis.

Kartu grafis PCI menerima informasi dalam “grup” sebelum dapat menggunakannya, bukan sekaligus. Misalnya, sementara kartu grafis PCI akan mengumpulkan tinggi, panjang, dan lebar gambar pada tiga waktu yang berbeda, dan kemudian menggabungkannya bersama-sama untuk membentuk gambar, AGP bisa mendapatkan semua informasi itu secara bersamaan. Ini menghasilkan grafik yang lebih cepat dan lebih halus daripada yang Anda lihat dengan kartu PCI.

Bus PCI biasanya berjalan pada kecepatan 33 MHz, memungkinkannya untuk mentransfer data pada 132 MB/s. Menggunakan tabel versi AGP (Accelerated Graphics Port) di atas, Anda dapat melihat bahwa AGP 3.0 dapat berjalan lebih dari 16 kali kecepatan untuk mentransfer data lebih cepat, dan bahkan AGP 1.0 melebihi kecepatan PCI dengan faktor dua.

Kesimpulan

Dari pembahasan dan penjelasan mengenai pengertian AGP (Accelerated Graphics Port) di atas, dapat kita simpulkan bahwa Accelerated Graphics Port yang sering disingkat AGP (Accelerated Graphics Port) adalah jenis koneksi standar untuk kartu video internal. Secara umum, Port Akselerasi Grafik mengacu pada slot ekspansi aktual pada motherboard yang menerima kartu video AGP serta jenis kartu video itu sendiri.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian AGP (Accelerated Graphics Port), Cara Kerja AGP (Accelerated Graphics Port), Macam-Macam AGP (Accelerated Graphics Port), Sejarah dan Fitur AGP (Accelerated Graphics Port) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar