Kenapa Bulan Februari Hanya Ada 28 Hari? Ini Pengertian dan Sejarahnya!

0
Gambar Apa itu Kalender Masehi Atau Gregorian Pengertian Februari Sejarah Macam Macam Penamaan dan Nama Februari Kenapa Bulan Februari Hanya Ada Terdapat 28 Hari
Gambar Apa itu Kalender Masehi Atau Gregorian Pengertian Februari Sejarah Macam Macam Penamaan dan Nama Februari Kenapa Bulan Februari Hanya Ada Terdapat 28 Hari

Kenapa Bulan Februari hanya (terdapat) 28 hari? Betul, padahal bulan-bulan yang ada pada kalender masehi pada umumnya berjumlah 30 atau 31 hari. Akan tetapi Kenapa Bulan Februari hanya ada dan terdapat sebanyak 28 hari? Seperti yang telah kita ketahui, ada beberapa kalender yang digunakan oleh para penduduk di berbagai negara bumi. Kalender yang paling umum dan kita gunakan adalah kalender Masehi.

Kenapa kalender masehi? padahal ada banyak kalender loh pada zaman dahulu dan masih bertahan sampai saat ini seperti kalender Cina, kalender Hijriah, bahkan kalender Jawa. semuanya mempunyai perbedaan dalam penamaan bulan, penamaan hari, awal permulaan tahun pada kalendernya masing-masing, karena adanya perbedaan budaya dan sejarah. Terkait pembahasan kita kali ini mengenai Kenapa Bulan Februari hanya ada dan terdapat 28 hari, maka dari itu dalam pembahasan ini kita hanya berfokus ke kalender Masehi saja. Langsung saja berikut ini ulasannya.

Apa itu Kalender Masehi (Gregorian)?

Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu pengertian Kalender Masehi (Gregorian). Kalender Masehi (Gregorian) adalah kalender sipil yang diterima secara internasional saat ini dan juga dikenal sebagai kalender Barat atau Kristen. Dilembagakan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1582, kalender tersebut memiliki 365 hari dengan satu hari ekstra setiap empat tahun (tahun kabisat) kecuali pada tahun-tahun yang disembunyikan oleh 100 tetapi tidak terlihat oleh 400.

Dengan demikian, tahun kalender memiliki panjang rata-rata 365.2422 hari. Kalender Masehi (Gregorian) menggantikan kalender Julian, yang memiliki 10 hari tidak selaras dengan siklus matahari.

Apa itu Pengertian Februari atau Bulan Februari?

Februari adalah bulan kedua tahun ini, memiliki 28 hari pada tahun yang sama, dan dinamai dengan kata Latin februum. Februari adalah bulan kedua tahun ini dalam kalender Gregorian modern kita.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SMB (Server Message Block) Protocol: Tujuan, Fungsi dan Cara Kerjanya!

Februari adalah merupakan bulan terpendek tahun ini dengan hanya 28 hari di tahun-tahun umum dan 29 hari di tahun kabisat berdasarkan simpulan dari Situs Timeanddate.

Februari berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Feb.ru.a.ri /fèbruari/ n bulan ke-2 tahun Masehi (28 hari, kecuali pada tahun kabisat 29 hari) Bentuk tidak baku Februar adalah Pebruari.

Februari atau Pebruari yang Benar? Sesuai EYB yang Baku?

Berdasarkan apa itu pengertian Februari dan berdasarkan penjelasan Februari berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di atas, maka yang benar terkait pertanyaan Februari atau Pebruari? Februari atau Pebruari yang baku (sesuai dan menurut EYD) adalah Februari.

Sejarah Bulan Februari

Mengacu pada pembahasan apa itu pengertian februari di atas, Kalender Romawi kuno menganggap musim dingin sebagai periode tanpa bulan, dan tahun itu hanya terdiri dari 10 bulan. Bulan Februari ditambahkan, bersama dengan Januari, sekitar 700 SM, sehingga kalender akan mencerminkan tahun lunar standar 355 hari. Februari menjadi bulan kedua tahun ini sekitar 450 SM, meskipun pada awalnya bulan terakhir tahun itu.

Februari diperpendek menjadi 23 atau 24 hari pada interval tertentu dalam kalender Romawi, dan bulan selingan 27 hari dimasukkan setelah Februari untuk menyelaraskan kembali tahun dengan musim. Sebagai bagian dari reformasi kalender Julian, bulan kabisat dihapuskan dan setiap tahun keempat dinyatakan sebagai tahun kabisat di mana hari ke-29 ditambahkan ke Februari.

Macam-Macam Nama dan Penamaan Februari

Berdasarkan pengertian apa itu Februari di atas, Februari adalah bulan yang kedua tahun ini dalam kalender Gregorian dan pendahulunya yaitu Kalender Julian, dan merupakan satu-satunya bulan yang memiliki kurang dari 30 hari. Februari dinamai setelah kata Latin februum, yang berarti pemurnian karena bulan adalah waktu untuk pemurnian. Adapun macam-macam penamaan nama Februari adalah sebagai berikut:

  • Nama dan penamaan pada Bahasa Inggris Tengah adalah Februarius
  • Nama latin Februari adalah Februarius Mensis yang artinya Bulan Februari
  • Nama dan penamaan Februari dalam bahasa Latin, Dies Februatus berari Hari Pemurnian
  • Nama Februari di Inggris Kuno adalah Solmonath
Baca Juga :  Memahami Apa Itu Pengertian Platform: Fungsi dan Contoh Platform

Kenapa Bulan Februari Hanya Ada (Terdapat) 28 hari?

Ilustrasi Gambar Apa itu Kalender Masehi Atau Gregorian Pengertian Februari Sejarah Macam Macam Penamaan dan Nama Februari Kenapa Bulan Februari Hanya Ada Terdapat 28 Hari
Ilustrasi Gambar Apa itu Kalender Masehi Atau Gregorian Pengertian Februari Sejarah Macam Macam Penamaan dan Nama Februari Kenapa Bulan Februari Hanya Ada Terdapat 28 Hari

Baiklah, lalu kenapa Bulan Februari hanya ada (terdapat) 28 hari? Penyebab dari Bulan Februari yang hanya (terdapat) 28 hari ini adalah kesalahan dari orang Romawi. Kalender modern kita secara longgar didasarkan pada kalender mereka yang lama dan membingungkan.

Raja kedua Roma, Numa Pompilius. Sebelum dia menjadi raja, kalender bulan Roma hanya 10 bulan. Itu dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Desember. Pada saat itu, Romulus, raja pertama Roma, dan rakyatnya menemukan waktu antara Desember dan Maret tidak penting karena tidak ada hubungannya dengan Panen. Ketika Numa Pompilius berkuasa, ia memutuskan untuk membuat kalender lebih akurat dengan menyelaraskannya dengan 12 siklus bulan tahun itu. Tahun 355 hari yang baru membutuhkan dua bulan tambahan untuk mengganti waktu yang hilang. Jadi dia menambahkan Januari dan Februari di akhir kalender.

Karena orang Romawi percaya bahwa angka genap adalah angka yang sial (tidak beruntung), setiap bulan memiliki jumlah hari ganjil, yang berganti-ganti antara 29 dan 31. Tetapi, untuk mencapai 355 hari, satu bulan harus angka genap. Februari dibuat dan dipilih sebagai bulan sial dengan 28 hari.

Menurut Slate, pilihan ini mungkin karena fakta bahwa orang Roma menghormati orang mati dan melakukan ritual penyucian pada bulan Februari. Bahkan, kata februare berarti “memurnikan” dalam dialek suku Sabine kuno seperti yang sudah Kami jelaskan dalam macam-macam penamaan nama Februari.

Setelah beberapa tahun menggunakan kalender baru 355 hari Numa Pompilius, musim dan bulan mulai tidak menjadi sinkron. Dalam upaya menyelaraskan keduanya, orang Romawi menambahkan bulan kabisat 27 hari sesuai kebutuhan. Jika Mercedonius digunakan, itu dimulai pada 24 Februari.

Baca Juga :  Ini Pengertian Informasi: Definisi, Apa itu? Menurut Ahli, Cara mendapatkan dan Contohnya!

Karena bulan kabisat tidak konsisten, ini juga memiliki kekurangan yang jelas. Pada 45 SM, Julius Caesar menugaskan seorang ahli untuk membuat kalender berbasis matahari seperti yang digunakan orang Mesir. Kalender Julian menambahkan sedikit lebih dari 10 hari untuk setiap tahun, membuat setiap bulannya menjadi 30 atau 31 hari, kecuali untuk Februari. Untuk menghitung seluruh tahun 365,25 hari-panjang, satu hari ditambahkan ke Februari setiap empat tahun, sekarang dikenal sebagai “tahun kabisat.” Selama sebagian besar tahun, ini membuat dan meninggalkan Februari hanya dengan 28 hari.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dari apa itu Kalender Masehi, apaitu Bulan Februari Sebenarnya, Sejarah Bulan Februai dan Macam-macam penamaan Februari serta Kenapa Bulan Februari hanya ada (terdapat) 28 hari diatas, dapat Kita simpulkan bahwa pada awalnya Julius Caesar, dia sudah menetapkan dalam februari terdapat 29 hari, dan pada tahun kabisat menjadi menjadi 30 hari. Setelah masa kepemimpinan Julius Caesar ini berakhir, digantikan oleh Kaisar Agustus. Kaisar Agustus, dia mengubah bulan Sextilis menjadi Augustus (Agustus) untuk mengabadikan namanya. Dan pada kalender sebelumnya, bulan agustus ini hanya berisi 30 hari dan ditambah 1 hari oleh Kaisar Agustus, dan kemudian menjadi 31 hari.

Penambahan hari tersebut tidak diiringi dengan penambahan jumlah hari dalam satu tahun, melainkan Kaisar Agustus mengambil 1 hari dari bulan Februari ke bulan Agustus. Itulah kenapa pada bulan Februari ini sampai saat ini hanya terdapat 28 hari atau 29 hari pada tahun kabisat.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali yang membahas tentang apa itu Kalender Masehi (Gregorian), Apa itu pengertian Februari, Sejarah Bulan Februari, Macam-Macam Penamaan dan Nama Februari dan Kenapa Bulan Februari hanya ada 28 hari. Bagaimana? Sudah mengerti kan sekarang, kenapa bulan Februari hanya 28 Hari? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Kita. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar