8+ Istilah dalam User Experience yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam User Experience Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam User Experience Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu User Experience?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam User Experience (Pengalaman Pengguna), kita harus mengetahui apa itu User Experience (Pengalaman Pengguna) terlebih dahulu. User Experience (Pengalaman Pengguna) adalah segala hal mengacu pada interaksi apa pun yang dilakukan pengguna dengan produk atau layanan. Desain UX mempertimbangkan setiap elemen yang membentuk pengalaman ini, bagaimana hal itu membuat pengguna merasa, dan betapa mudahnya bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas yang diinginkan. Ini bisa berupa apa saja mulai dari bagaimana produk fisik terasa di tangan Anda, hingga seberapa mudah proses checkout ketika membeli sesuatu secara online. Tujuan dari desain UX adalah untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan, mudah, relevan, dan serba menyenangkan bagi pengguna.

Desainer User Experience (Pengalaman Pengguna) menggabungkan riset pasar, pengembangan produk, strategi, dan desain untuk menciptakan pengalaman pengguna yang sempurna untuk produk, layanan, dan proses. Mereka membangun jembatan kepada pelanggan, membantu perusahaan untuk lebih memahami, serta memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

Untuk lebih jelas dalam memahami User Experience (Pengalaman Pengguna), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam User Experience (Pengalaman Pengguna).

8 Istilah dalam User Experience (Pengalaman Pengguna) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam User Experience Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam User Experience Yang Harus Anda Ketahui

1. Mood Board (Papan suasana hati)

Mood board adalah kumpulan konten (gambar, bahan, potongan teks) yang digunakan untuk mewakili gaya visual situs web atau proyek kreatif apa pun (palet warna, gambar, ikon, dan font) di pra-produksi. Gaya yang diwakili di papan mood kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk digital oleh desainer visual .

Baca Juga :  Pengertian BPO (Business Process Outsourcing): Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Sitemap (Peta Situs)

Sitemaps (Peta Situs) yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah garis besar atau peta halaman yang membentuk situs web. Mereka menunjukkan hubungan antara halaman dan tautan, aplikasi, video, atau komponen lainnya, dan dapat berbentuk dokumen atau halaman sendiri di situs web.

3. User Interface (UI) atau Antarmuka Pengguna

Antarmuka pengguna mencakup semua bagian situs web, aplikasi, komputer, ponsel cerdas, dan lain sebagainya. Yang dapat dimanipulasi dan berinteraksi dengan pengguna. Tampilkan dan sentuh layar, menu situs web, keyboard, kursor Anda, semua ini semua adalah bagian dari antarmuka pengguna.

4. User Experience (UX) atau Pengalaman Pengguna

UX menggambarkan emosi, sikap, dan kemudahan penggunaan yang dimiliki seseorang saat menggunakan produk atau layanan. UX Design adalah praktik menggunakan desain untuk meningkatkan komunikasi antara suatu produk dan penggunanya untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

5. User Flow (Alur pengguna)

Alur pengguna adalah jalur yang biasanya diambil pengguna saat memulai di situs web dan bergerak ke arah tindakan di situs. Membuat jalur mulus yang intuitif bagi pengguna untuk diikuti adalah bagian dari desain pengalaman pengguna (UX).

6. User Persona (Persona Pengguna)

Persona adalah profil pengguna teoretis yang dibuat oleh UX dan perancang web untuk menentukan jenis pengguna apa yang sedang dibuat untuk situs web dan untuk apa kebutuhan mereka. Personas pengguna dibuat menggunakan informasi demografis, riset pengguna, dan analisis metrik pengalaman pelanggan.

7. User Research (Penelitian pengguna)

Penelitian pengguna adalah proses menyelidiki bagaimana pengguna berperilaku di situs web dan memeriksa bagaimana perilaku itu dapat mengarah pada pengalaman dan desain situs web yang lebih baik.

Baca Juga :  Pengertian Content Marketing: Manfaat, Contoh dan Cara Memulainya

​​8. Wireframe dan Wireframing

Wireframe adalah sketsa dari informasi kunci yang terdapat di setiap halaman situs web, yang pada dasarnya menunjukkan situs atau “kerangka” halaman. Desainer kemudian dapat menggunakan sketsa ini sebagai titik awal untuk meletakkan situs web. Ini bisa dibuat dalam program atau ditulis di atas serbet kita sudah melihat semuanya.

Kesimpulan

User Experience (Pengalaman Pengguna) ini mengacu pada emosi dan sikap seseorang tentang penggunaan produk, sistem, atau layanan tertentu. Ini mencakup aspek-aspek praktis, pengalaman, afektif, bermakna dan berharga dari interaksi manusia-komputer dan kepemilikan produk. Selain itu, ini mencakup persepsi seseorang tentang aspek sistem seperti utilitas, kemudahan penggunaan, dan efisiensi.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam User Experience (Pengalaman Pengguna) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar