10+ Istilah dalam Front End (Development) yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam Front End Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam Front End Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Front End (Development)?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam Front End (Development), kita harus mengetahui apa itu Front End (Development) terlebih dahulu. Front End (Development) adalah mengubah data ke antarmuka grafis pengguna. Pengembang front end akan terlibat dalam menganalisis kode, desain, dan aplikasi debugging bersama dengan memastikan pengalaman pengguna yang mulus. Anda mengelola apa yang pertama kali dilihat orang di browser mereka. Sebagai pengembang ujung depan, Anda bertanggung jawab atas tampilan, rasa, dan akhirnya desain situs.

Bahasa Front End (Development) termasuk HTML, CSS, dan Javascript. Walaupun JQuery sudah ketinggalan zaman (browser modern sekarang dapat melakukan pekerjaan yang sama, tetapi jauh lebih cepat daripada jQuery), banyak proyek lawas masih menggunakan Library JavaScript, jadi jangan kaget melihatnya di kurikulum bootcamp. Anda juga akan belajar banyak tentang desain responsif bersama dengan tipografi, tata letak, sistem kisi, dan teori warna. Saat mengantisipasi jenis proyek yang akan Anda garap sebagai pengembang ujung depan, pikirkan untuk membuat dan mendesain ulang situs web.

Untuk menjadi pengembang front-end (kadang-kadang bahkan disebut pengembang Javascript) Anda tidak perlu keterampilan pengembangan back-end. Situs yang dibuat oleh pengembang front-end tidak akan berinteraksi dengan informasi yang tersimpan di database agar berfungsi. Konten akan “diperbaiki”, yang berarti bahwa potongan besar data baru tidak akan selalu diunggah. Pemilik usaha kecil dan restoran biasanya memiliki contoh situs statis yang bagus.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Animasi: Menurut Ahli, Jenis, Manfaat, Prinsip dan Contohnya!

Untuk lebih jelas dalam memahami Front End (Development), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam Front End (Development).

10 Istilah dalam Front End (Development) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Front End Development Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Front End Development Yang Harus Anda Ketahui

1. Front End (depan)

Front End yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi menjelaskan semua bagian situs web yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna. Pengembangan web Front End biasanya melibatkan pengkodean dengan HTML, CSS, dan JavaScript.

2. HTML (HyperText Markup Language)

HTML adalah bahasa standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Ini adalah blok bangunan paling dasar yang Anda perlukan untuk mengembangkan situs web. Anda mungkin ingat tag HTML dasar dari situs web pribadi awal seperti Myspace, tempat Anda dapat menyesuaikan halaman Anda dengan perintah di dalam <>.

3. HTML5

HTML5 adalah (saat tulisan ini dibuat) versi terbaru dari HTML. HTML5 berfokus pada fitur yang dapat digunakan pada perangkat berdaya rendah (membuatnya ideal untuk membuat aplikasi seluler), kemampuan asli untuk bekerja dengan konten multimedia dan grafik, dan elemen tag web semantik baru (fitur yang Anda gunakan untuk menyusun halaman dan dokumen Anda ).

4. Element (Elemen)

Elemen adalah komponen HTML individual dari suatu dokumen atau halaman web. Misalnya, paragraf dalam dokumen HTML adalah elemen. Elemen terdiri dari tag pembuka (<*>) , tag penutup (</*>) dan informasi di antaranya:

<p> Saya Rifqi Mulyawan! </p>

5. Meta Elements (HTML)

Elemen meta adalah elemen HTML yang tidak tampak bagi pengguna di halaman web, tetapi berikan browser web informasi tambahan tentang halaman kata kunci, penulis dokumen, modifikasi terakhir, dan lain sebagainya.

6. Semantic Element (Elemen semantik)

Elemen semantik adalah elemen HTML yang menyediakan informasi ke browser web yang memproses halaman serta pengembang membangunnya. Sementara elemen non-semantik seperti <div> dan <span> tidak menggambarkan konten mereka, elemen semantik seperti <header> dan <article> mendefinisikan konten mereka dalam namanya.

Baca Juga :  Pengertian Troubleshooting: Tujuan, Cara Kerja, Langkah dan Contohnya

7. Structural Elements (Elemen Struktural)

Elemen struktural adalah elemen HTML yang digunakan untuk mengatur konten halaman web. Elemen struktural seperti <div> dan <span> digunakan untuk mengelompokkan konten tingkat blok dan inline secara bersamaan, sementara <header> berisi konten header halaman, <footer> berisi konten footer, dan lain sebagainya.

8. Attribute (Atribut)

Atribut digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang elemen HTML. Misalnya elemen HTML seperti paragraf dapat memiliki atribut selaras (kiri, tengah, atau kanan). Atribut dimasukkan dalam tag pembuka dan terdiri dari nama atribut, tanda sama dengan, dan nilai dalam tanda kutip ganda.

Contoh: <p align="right">Ini adalah paragraf saya!</p>

9. HTML Tag

Dalam HTML Tag, Tag pembuka dan penutup adalah set kurung sudut dengan karakter elemen HTML yang berisi konten atau bagian dari struktur untuk halaman web. 

Contoh tag pembuka: <p>
Contoh tag penutup: </p>

10. HTML Self-Closing Tag (Tag penutup diri)

Tag penutup diri adalah tag pembuka yang tidak memiliki tag penutup yang sesuai tetapi sebaliknya menutup diri dengan garis miring di depan braket sudut kanan. Jika Anda melihat tag ini untuk menyisipkan gambar, Anda akan melihat bahwa tag tersebut memiliki / yang biasanya menunjukkan tag penutup di dalam tag pembuka.

Kesimpulan

Front End (Development) adalah praktik mengubah data ke antarmuka grafis agar pengguna dapat melihat dan berinteraksi dengan data melalui interaksi digital menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam Front End (Development) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar