Apa Itu PO: Pengertian dan Macam-Macam PO dalam Online Shopping!

0
Gambar Pengertian Apa Itu PO
Gambar Pengertian Apa Itu PO dan Pengertiannya?

Apa itu PO? dan apa pengertian PO? sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian Online Shopping. Online Shopping (Belanja Online) adalah proses pembelian barang dan jasa dari pedagang melalui Internet. Sejak munculnya World Wide Web, pedagang telah berusaha untuk menjual produk mereka kepada orang-orang yang menghabiskan waktu online. Pembeli dapat mengunjungi toko web dari kenyamanan rumah mereka dan berbelanja ketika mereka duduk di depan komputer.

Konsumen dapat membeli berbagai macam barang dari toko online, dan apa saja dapat dibeli dari perusahaan yang menyediakan produk mereka secara online. Buku, pakaian, peralatan rumah tangga, mainan, perangkat keras, perangkat lunak, dan asuransi kesehatan hanyalah beberapa dari ratusan produk yang dapat dibeli konsumen dari toko online.

Apa itu PO? dan Apa Artinya?

Dalam Online Shopping (Belanja Online), PO dapat berarti Pay Out, Pre Order atau Purchase Order sesuai dengan konteks apa yang disampaikan dalam penyampaian (penyebutan) PO tersebut.

Berikut ini akan kita jelaskan secara rinci dan detail mengenai apa itu PO dan pengertian PO (Pay Out, Pre Order atau Purchase Order) adalah sebagai berikut:

Macam-Macam PO, Pengertian dan Contohnya dalam Online Shopping (Belanja Online)

Ilustrasi Gambar Apa Itu PO Pengertian PO
Ilustrasi Gambar Apa Itu PO dan Pengertiannya?

1. Pay Out

Apa itu PO (Pay Out)? Istilah PO ke-1 akan kami bahas adalah Pay Out. Pay Out adalah istilah yang digunakan dalam Online Shopping (Belanja Online) yang berfokus pada program periklanan, bisnis afiliasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Social Graph (Grafik Sosial): Cara Kerja dan Penggunaannya dalam Media Sosial!

Secara sederhana pengertian PO (Pay Out) adalah pembayaran dana komisi yang didapatkan oleh member atau anggota dari hasil pemasaran.

Contoh Pay Out

Seseorang mengikuti sebuah program afiliasi di perusahaan Amazon kemudian dia melakukan pemasaran link afiliasi dari Google tersebut di websitenya. Beberapa hari kemudian ada proses pembelian melalui link afiliasi pada Websitenya dan komisi yang dia peroleh juga telah mencapai jumlah minimal Pay Out. Oleh sebab itu perusahaan akan memberikan Pay out kepada seseorang tersebut. Jadi Pay Out dapat diartikan sebagai pembayaran komisi.

2. Pre Order

Apa itu PO (Pre Order)? Istilah PO yang ke-2 dalam Online Shopping (Belanja Online) adalah Pre Order. Arti Pre Order dalam Online Shopping (Belanja Online) adalah transaksi jual beli online yang dilakukan dengan cara pemesanan barang dari pembeli terlebih dahulu dan kemudian melakukan pembayaran.

Pembeli biasanya tidak harus membayar keseluruhan harga produk namun dia hanya perlu membayar sebagian dari harga tersebut atau yang biasa disebut DP. Proses pelunasan pembayaran tersebut biasanya dilakukan setelah barang sudah ready (tersedia) dan akan di kirimkan ke alamat pembeli. Lalu penjual akan mengirimkan produk yang sudah di order (pesan) tersebut pada tanggal yang sudah disepakati oleh pembeli.

Contoh Pre Order

Biasanya Pre Order ini dilakukan karena stok dari barang tersebut tidak langsung ready (tersedia). Produk yang biasanya menggunakan sistem Pre order ini adalah produk custom (berdasarkan permintaan pembeli) atau produk yang di beli dari luar Negeri.

3. Purchase Order

Apa itu PO (Purchase Order)? Isilah PO ke-3 ini merupakan istilah yang sering di gunakan dalam Online Shopping (Belanja Online) yaitu adalah Purchase Order. Pengertian Purchase Order (PO) adalah dokumen yang dibuat pembeli untuk penunjukkan produk atau barang yang akan mereka beli dari penjual. Dengan kata lain maksud dan arti Purchase Order adalah kontrak kesepakatan yang ada antara penjual dengan pembeli tentang produk mana yang akan di beli oleh pembeli.

Baca Juga :  Pengertian DevOps: Definisi, Sejarah, Tujuan dan Metode DevOps

Purchase Order (PO) ini juga dapat di definiskan sebagai surat permintaan dari pembelian barang pembeli untuk kemudian penjual dengan mencantumkan jumlah dan harga barang tersebut.

Contoh Purchase Order

Biasanya didalam Purchase Order terdapat detail perusahaan mana yang terlibat, tanggal dari pesanan dan berisi rincian tentang barang misalnya nama produk, harga dan tambahan informasi lainnya. Ketika Purchase Order telah di kirim oleh pembeli ke penjual, lalu kemudian penjual akan memutuskan apakah akan menerimanya atau tidak. Jika diterima maka Penjual akan mengeluarkan Invoice untuk pembeli berdasarkan dari pesanan pembeli.

Penggunaan Purchase Order ini memang terlihat cukup rumit pada transaksi jual dan beli barang dalam Online Shopping (Belanja Online). Tapi proses pembelian dengan Purchase Order akan memberikan keamanan dan kemungkinan besar pasti akan terhindar dari tindakan penipuan.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang apa itu PO dalam Online Shopping (Belanja Online) dan penjelasannya secara lengkap. Dengan memahami apa itu PO maka Anda tidak melakukan kesalah fahaman lagi dalam mencantumkan kata PO dalam Online Shopping (Belanja Online). Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar