Mengenal Apa Itu Google Docs (Documents): Pengertian dan Cara Menggunakannya

0
Gambar Google Documents Apa Itu Google Docs Documents Pengertian Google Docs Sejarah Tujuan Dan Cara Menggunakan Google Docs Documents
Gambar Google Documents Apa Itu Google Docs Documents Pengertian Google Docs Sejarah Tujuan Dan Cara Menggunakan Google Docs Documents

Apa itu Google Docs (Documents)? Secara umum, Google Docs (Documents) adalah aplikasi berbasis web gratis di mana dokumen dan spreadsheet dapat dibuat, diedit, dan disimpan secara online. File dapat diakses dari komputer mana saja dengan koneksi Internet dan browser Web berfitur lengkap. Google Documents adalah bagian dari paket komprehensif aplikasi online yang ditawarkan oleh dan dikaitkan dengan Google.

Pengguna Google Docs atau Google Dokumen ini dapat mengimpor, membuat, mengedit, dan memperbarui dokumen dan spreadsheet dalam berbagai font dan format file, menggabungkan teks dengan rumus, daftar, tabel, dan gambar. Google Documents kompatibel dengan sebagian besar perangkat lunak presentasi dan aplikasi pengolah kata. Sebuah karya dapat diterbitkan sebagai halaman Website atau sebagai naskah yang siap cetak. Pengguna dapat mengontrol siapa yang melihat pekerjaan mereka. Google Documents ideal untuk penerbitan dalam suatu perusahaan, mengelola blog, atau menyusun karya untuk dilihat oleh masyarakat umum.

Pengertian Google Docs (Documents)

Pengertian Google Docs (Documents) adalah aplikasi manajemen dokumen berbasis web untuk membuat dan mengedit dokumen pribadi dan publik, pengolah kata dan spreadsheet. Dokumen-dokumen ini dapat disimpan online di Google cloud atau di komputer pengguna. Akses ke file-file ini tersedia dari komputer mana saja dengan koneksi Internet dan Browser Web berfitur lengkap. Dokumen dapat dilihat oleh grup dan anggota Google lainnya dengan izin pemilik dokumen berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Technopedia.

Baca Juga :  Pengertian VPN: Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN Secara Lengkap

Google Docs atau Documents juga merupakan komponen pengolah kata dari suite office online Google. Ini adalah alternatif gratis untuk Microsoft Word. Ini juga memiliki lebih banyak fitur daripada yang Anda sadari. Google Docs (Documents) cocok untuk proyek kolaborasi di mana banyak penulis bekerja sama secara real time dari lokasi yang beragam secara geografis. Semua peserta dapat melihat siapa yang membuat perubahan dokumen spesifik dan kapan perubahan itu dilakukan. Karena dokumen disimpan secara online dan juga dapat disimpan di komputer pengguna, tidak ada risiko kehilangan data total sebagai akibat dari bencana lokal.

Namun, sifat Google Docs (Documents) yang berbasis Internet telah menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa penulis bahwa pekerjaan mereka mungkin tidak bersifat pribadi atau aman. Di bawah ini akan kita bahas secara lengkap tentang Apa Itu Google Docs dan pengertian Google Docs.

Sejarah Awal Google Docs

Membahas Apa Itu Google Docs dan pengertian Google Docs, adapun awal diperkenalkannya Google Docs ini yaitu pada 9 Maret Tahun 2006, setelah Google mengakuisisi Writely, Google Docs adalah aplikasi web pengolah kata gratis. Ini mencakup hampir semua kemampuan pengolah kata tradisional seperti Microsoft Word.

Google Documents menawarkan manfaat penyimpanan cloud, yang berarti bahwa dokumen pengguna disimpan secara otomatis, dan dapat diambil bahkan jika hard drive atau SSD mereka gagal.

Tujuan dan Fungsi Google Docs (Documents)

Mengacu pada penjelasan tentang apa itu Google Docs dan pengertiannya di atas, Google Docs (Documents) ini dirancang untuk proyek kolaborasi individu dan waktu nyata. Keamanan dokumen dikelola melalui penyimpanan online dan penyimpanan di komputer pengguna, meskipun beberapa penulis memiliki kekhawatiran keamanan bahwa dokumen yang disimpan secara online dapat dilihat, disalin, atau dicuri oleh orang lain.

Baca Juga :  Pengertian Tracking (Letter-Spacing): Cara Tracking dan Tipsnya

Selanjutnya, semua dokumen yang dibuat kompatibel dengan sebagian besar aplikasi presentasi dan pemrosesan kata dan dapat dicetak atau diterbitkan sebagai halaman Web. Spreadsheet dapat dibuat dan diedit dalam berbagai font dan format file. Google secara teratur merilis fitur baru untuk Google Documents, dan mengelola grup bantuan online untuk menjawab pertanyaan pengguna dan memperbaiki masalah.

Cara Menggunakan Google Docs (Documents)

Gambar Apa Itu Google Docs Documents Pengertian Google Docs Sejarah Tujuan Dan Cara Menggunakan Google Docs Documents
Gambar Apa Itu Google Docs Documents Pengertian Google Docs Sejarah Tujuan Dan Cara Menggunakan Google Docs Documents

Selain membahas apa itu Docs (Documents) dan pengertian Docs (Documents), kita juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan Docs (Documents) ini. Anda dapat menggunakan Google Documents seperti halnya Anda menggunakan dokumen Word. Buat dokumen baru, gunakan templat Google Documents, bagikan dokumen dengan tim Anda dan berkolaborasi secara waktu nyata. Kami akan menunjukkan kepada Anda dasar-dasar di sini.

1. Cara Membuat Google Docs (Documents)

Untuk membuat Google Doc baru, pertama menuju ke docs.google.com dan masuk dengan akun Google Anda. Setelah Anda berada di halaman awal Google Documents, Anda dapat membuat dokumen baru kosong atau memilih templat. Dari dalam Google Doc yang ada, Anda juga dapat pergi ke:

File> New> Document File

atau

New> From template

untuk melakukan hal yang sama dalam membuat File Google Docs (Documents).

2. Cara Menyimpan Google Docs (Documents)

Anda tidak akan pernah ingat untuk menyimpan dokumen Google karena Google secara otomatis menyimpan dokumen Anda ke Google Drive Anda, komponen penyimpanan online suite kantor online Google. Karenanya, Anda tidak akan menemukan tombol Simpan.

3. Cara Download File Google Docs (Documents)

Google menyimpan dokumen Anda di Google Drive. Untuk mengunduh Google Doc ke komputer Anda, Anda dapat melakukan langkah di bawah ini:

File> Download as lalu pilih format file yang Anda inginkan.

4. Cara Mengirim Email ke Google Docs (Documents)

Jika Anda ingin mengunduh dokumen karena ingin mengirimkannya melalui email, Anda dapat melakukannya langsung dari dokumen. Ikuti langkah di bawah ini:

Buka File> Email sebagai lampiran

Pilih format file yang ingin Anda lampirkan, dan isi rincian email standar.

Baca Juga :  Pengertian HTML5: API, Atribut dan Elemen serta dari Tujuan HTML5

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu Google Docs dan pengertiannya di atas, Google Docs merupakan pengolah kata yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian perangkat lunak perkantoran berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google dalam layanan Google Drive-nya. Layanan ini juga mencakup Google Sheets dan Google Slides, masing-masing program spreadsheet dan presentasi. Google Documents tersedia sebagai aplikasi web, aplikasi seluler yang ada pada Smartphone sekarang.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai Apa Itu Google Docs (Documents), Pengertian Google Docs (Documents), Sejarah, Tujuan dan Fungsi Google Docs (Documents) dan Cara Menggunakan Google Docs (Documents) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar