Anak Muda Muslim dan Teknologi: Tips Islami Menggunakan Teknologi

0
Ilustrasi Gambar Anak Muda Muslim Dan Penggunaan Teknologi Dalam Islam
Ilustrasi Gambar Anak Muda Muslim Dan Penggunaan Teknologi Dalam Islam

Tips untuk Anak Muda Muslim dan Penggunaan Teknologi. Alhamdulillah! Anda membaca posting ini karena banyak berkah dalam hidup Anda sebagai seorang Muslim saat ini. Jika Anda belum memikirkannya sebelumnya, BERHENTI dan ucapkan Alhamdulillah dengan sepenuh hati.

“Jadi, nikmat Tuhanmu manakah yang engkau dustakan?”

(Ar-Rahman, 55:48)

Berkah dalam Hidup

Di antara nikmat yang dianugerahkan kepada Anda adalah berkah waktu, indera dan kecerdasan, untuk barang-barang materi Anda seperti pakaian, Laptop, Smartphone dan sumber daya lainnya seperti Internet. Ini adalah sedikit berkah dari banyak yang lainnya. Dan semuanya milik Anda untuk mendapat manfaatnya secara gratis, sebagaimana dirujuk dalam hadits populer berikut:

“Manfaatkan lima sebelum lima: masa muda Anda sebelum usia tua Anda, kesehatan Anda sebelum sakit, kekayaan Anda sebelum kemiskinan Anda, waktu senggang Anda sebelum Anda sibuk, dan hidup Anda sebelum kematian Anda”.

Anda juga akan ditanyai dan dimintai pertanggungjawaban terkait berkah dan bantuan ini. Ini ditangkap dalam ayat Al-Qur’an berikut:

“Maka pada hari itu kamu pasti akan ditanya tentang kesenangan”.

(At-Takathur 102: 8)

Anak Muda Muslim dan Teknologi

Banyak anak muda Muslim yang menyukai teknologi seperti ikan menyukai air. Mereka tidak dapat dipisahkan dari perangkat mereka selama lebih dari beberapa menit, itu terjadi pada mereka dari tempat tidur untuk sarapan, sekolah ke shalat, jalan-jalan dengan teman-teman untuk waktu keluarga pribadi.

Baca Juga :  Doa Selamat: Panjang, Lengkap dengan Teks Latin dan Arabnya beserta Artinya

Dari senyum hingga Salaam, sebagian besar tindakan mereka menjadi robot. Pikiran, tubuh dan jiwa teralihkan dan kehilangan makanan yang layak. Alih-alih, semua perhatian dan kesenangan difokuskan pada “perangkat khusus” itu.

Dari kebijaksanaan Allah, Dia menciptakan manusia dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Dia juga memfasilitasi itu bagi manusia untuk dapat menggunakan kecerdasan itu untuk menciptakan teknologi untuk memenuhi tugasnya, menyelesaikan masalah sehari-hari dan membuat kehidupan di dunia yang temporal ini menjadi lebih mudah. Ini semua dalam persiapan untuk rumahnya yang abadi di akhirat.

Untuk yang bijak teknologi harus meningkatkan Anda dalam taqwa dan rasa terima kasih. Setuju? Ya, kita tahu bahwa pada kenyataannya, itu tidak benar.

Hikmah Teknologi dalam Islam

Tidak ada keraguan, teknologi membawa banyak manfaat bagi umat Islam secara individu dan bagi umat pada umumnya. Beberapa manfaatnya dan hikmahnya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat penelitian; membuat pencarian dan pengumpulan informasi lebih mudah;
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran; Membantu menyebarkan kesadaran tentang isu-isu terkini dan penting misalnya melalui Media Sosial, Blog, eBook;
  • Sebagai sumber undangan untuk kebenaran; Melalui pembuatan situs web, aplikasi seluler, dan aplikasi web yang membantu orang lebih dekat dengan Islam;
  • Mengajar tentang Islam; Membantu menyebarkan kebenaran, mengekang kepalsuan dan membantu menjernihkan kesalahpahaman tentang Islam;
  • Memposisikan penelepon Muslim (duaat) dan pusat-pusat Islam online di dunia yang sangat terhubung saat ini.
  • Peluang dukungan dan jaringan; Menyediakan layanan bantuan bagi orang-orang di seluruh dunia mulai dari pendampingan, konseling, pelatihan dan layanan serupa lainnya.
  • Dan banyak lagi lainnya.

Dampak Buruk Teknologi

Di sisi lain, teknologi telah mengekspos umat Islam, terutama kaum muda, ke berbagai bentuk kejahatan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pencampuran gratis
  • Paparan awrah
  • Akses mudah ke dan berbagi informasi yang salah dan menyimpang
  • Pemborosan waktu dan gangguan dari kegiatan yang bertujuan
  • Melihat, membuat, dan membagikan konten tidak bermoral seperti pornografi (dan konten terkait s*ks dan lain sebagainya) pada akhirnya mengarah pada desensitisasi, depresi, dan kecanduan
  • Dan banyak lagi
Baca Juga :  Doa Masuk WC dan Keluar WC: Lengkap dengan Teks Latin dan Arabnya!

5 Tips untuk Anak Muda Muslim dan Penggunaan Teknologi dalam Islam

Gambar Anak Muda Muslim Dan Teknologi Dalam Islam Dan Tipsnya
Gambar Anak Muda Muslim Dan Teknologi Dalam Islam Dan Tipsnya

Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mulai bertindak secara sengaja dengan teknologi mulai hari ini:

1. Kontrol Diri

Lawan nafs Anda sehingga Anda dapat memiliki kontrol positif atas keinginan Anda. Belajarlah juga untuk membimbing dan menjaga pikiran / tindakan Anda saat Anda terlibat dengan teknologi dari hari ke hari.

“Tetapi bagi orang yang takut akan kedudukan Tuannya dan mencegah jiwa dari kecenderungan [yang melanggar hukum], Maka sesungguhnya, Firdaus akan menjadi tempat perlindungan [nya]”

(An-Nazi’at, 79: 40-41)

2. Turunkan Pandangan Anda

Jadi turunkan pandangan Anda bahkan saat menggunakan perangkat Anda. Jika pandangan Anda jatuh pada sesuatu yang tidak bermoral, ambil tindakan positif. Ingatlah untuk menjaga agar penglihatan Anda tetap murni untuk mendapatkan keridhaan Allah di dunia ini dan juga untuk mengantisipasi melihat-Nya di jannah.

3. Belajarlah untuk mengatakan TIDAK terhadap Tekanan

Baik itu berasal dari teman, keluarga, budaya atau komunitas, katakan tidak pada apa pun yang Anda tahu salah dan tidak menyenangkan Allah SWT atau apa yang Anda tahu bertentangan dengan identitas Islam Anda. Katakan ya untuk apa yang akan membuat Anda dicintai oleh Pencipta Anda.

4. Hitung jejak Digital Anda

Memperhitungkan diri Anda sebelum Anda ditanyai. Pikirkan dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan seperti, teknologi apa yang saya habiskan dengan uang, waktu, dan kecerdasan saya? Apakah mereka layak? Akankah jejak digital saya menghitung untuk atau melawan saya pada Hari Pengadilan? Kemudian, tinjau dan perbaiki kebiasaan Anda.

5. Gunakan untuk Belajar

Pelajari Keterampilan IT, program desain, dan program komputer lainnya. Kemudian, ubah pengetahuan dan pemahaman Anda tentang bagaimana teknologi bekerja menjadi hadiah yang bermanfaat bagi orang lain. Sama seperti orang percaya telah disamakan dengan pohon kurma, bertujuan untuk menambah nilai bagi semua orang yang berhubungan dengan Anda. Ajari orang lain, dorong dan dukung mereka untuk memiliki pengalaman teknologi yang positif.

Baca Juga :  Ayo Pahami Pengertian Teknologi: Menurut Para Ahli, Jenis dan Contohnya Lengkap!

Kesimpulan

Sebagai seorang Anak Muda Muslim dalam memperlakukan Teknologi, Anda adalah seorang duta besar (Penerus) dan harus selalu mengingat dan bertindak seperti itu. Anda harus selalu memanfaatkan teknologi dengan cara yang menguntungkan Islam, Muslim, dan dunia pada umumnya. Renungkan berkah Anda, bersyukurlah dan bersabarlah dengan mereka dan mulailah bertindak benar-benar pada peran Anda.

Anak Muda Muslim dan penggunaan Teknologi dalam Islam, Kita harus rendah hati dan tidak lalai, bukan bodoh. Baik itu ketukan, gesek, kirim, bagikan, suka atau tontonan sederhana, ingat Anda adalah duta besar dalam penerus Islam, investasikan waktu Anda dengan cerdas, jaga tindakan Anda dengan bijak dan ucapkan terima kasih atas berkah yang sebesar-besarnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar